Bantuan
Free Tele x

Ragam Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Dec 2021

Bagikan

Obat Asam Urat, Ini 7 Manfaat Daun Kumis Kucing Lainnya

Apakah Anda tahu apa saja manfaat daun kumis kucing? Daun kumis kucing itu sendiri sudah tidak asing lagi di Indonesia, mungkin banyak dari Anda yang sudah mengenalnya, bahkan daun kumis kucing di Indonesia banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Namun ternyata, daun kumis kucing tidak hanya berguna sebagai tanaman hias, tetapi juga berguna untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena kumis kucing memiliki kandungan  antioksidan dan anti darah yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, daun kumis kucing juga memiliki beberapa senyawa alami seperti triterpenoid, flavonoid, eupatorium, tanini, saponin, felonik, dan steroid. Berbagai kandungan tersebutlah yang membuat daun kumis kucing memiliki banyak manfaat bagi tubu. 

Manfaat Daun Kumis Kucing

Lantas, apa saja manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan? Berikut ini akan dijelaskan mengenai ragam manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan yang pertama, yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan sinensetin dalam kumis kucing yang berperan sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Hal ini akhirnya membantu tubuh dalam mengurangi kadar natrium yang berlebihan. Ketika pengeluaran cairan dan natrium dalam tubuh meningkatkan maka tekanan dalam pembuluh darah juga akan berkurang. 

  1. Mengobati asam urat

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya, yaitu dapat mengobati asam urat. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan  asam kafeat, flavonoid, dan fenolik yang tinggi di dalam daun kumis kucing. Berbagi senyawa aktif tersebut memiliki sifat anti radang yang dapat memperlambat terbentuknya asam urat. Tidak hanya itu saja, daun kumis kucing jugada dipercaya dapat memperbaiki kerusakan ginjal dan juha meningkatkan fungsi ginjal. 

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya

  1. Meredakan batuk

Ternyata daun kumis kucing juga dapat bermanfaat dalam meredakan batuk. Cara mendapatkan manfaat yang satu ini,  yaitu dengan meminum air rebusan daun kumis kucing. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan daun kumis kucing sebanyak 15 hingga 20 gram. Setelah itu, tambahkan air sebanyak 1 gelas dan rebus hingga mendidih. Tunggulah hingga dingin lalu minum sebanyak 3 kali dalam seharin. 

Baca Juga: Batuk Tidak Bisa Sembuh? Cobalah Obat Batuk Natural Ini!

  1. Meredakan gatal karena alergi

Ketika Anda mengalami alergi, salah satu gejalanya yaitu gatal-gatal. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing. Cara membuatnya Anda perlu menyiapkan segenggam daun kumis kucing, daun sambiloto, 2 ruas jari temulawak, dan 4 gelas air. Setelah semua bahan tersedia maka rebuslah menjadi satu hingga mendidih. Sebelum disajikan, sebaiknya lebih dulu di saring. 

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya, yaitu dapat menyehatkan jantung. Pasalnya daun kumis kucing dapat menurunkan lemak darah atau trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Berkat gabungan meningkatkan kadar kolesterol baik, penurunan kadar lemak darah, dan efek antidiabetik ini maka Anda akan terhindari dari penyakit jantung seperti serangan jantung atau jantung koroner. 

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

  1. Mengatasi masalah menstruasi

Selain dapat menyehatkan jantung, ternyata daun kumis kucing juga dapat mengatasi masalah menstruasi. Pasalnya, mengonsumsi ekstrak daun kumis kucing dapat membuat kadar prostaglandin turun sehingga nyeri yang disebabkan menstruasi berkurang. Tidak hanya itu, daun kumis kucing juga bermanfaat dalam mengurangi pendarahan yang berlebih ketika haid. 

  1. Mengatasi infeksi saluran kencing

Manfaat daun  kumis kucing bagi kesehatan yang terakhir, yaitu dapat mengatasi infeksi saluran kencing. Manfaat yang satu ini pernah diteliti pada tikus lab yang diberikan ekstrak kumis kucing. Hasil dari penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak kumis kucing dapat memicu meningkatkan produksi urin. Kondisi ini akan membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga secara tidak langsung bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih akan berkurang. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai ragaman manfaat daun kumis kucing. Namun berbagai manfaat yang telah disebutkan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya  berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Bahkan jika perlu, Anda terlelbih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Health Benefits Times. Cat’s Whiskers facts and health benefits. 

WebMD. Java Tea. 

 

RxList. 2021. Java Tea.

Bagikan artikel ini