Bantuan
Bantuan

Penting dan Baik untuk Kesehatan! Ini Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Penting Untuk Kesehatan! Ini Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Tahukah Anda apa fungsi karbohidrat untuk tubuh manusia? Kita semua tentu tahu bahwa karbohidrat merupakan salah satu makronutrien yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Makronutrien ini secara alami terdapat dalam berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Memiliki banyak manfaat, karbohidrat menjadi salah satu nutrisi penting dalam diet yang sehat.

Namun, sebenarnya apa fungsi karbohidrat bagi tubuh? Benarkah konsumsi karbohidrat dapat mendatangkan banyak manfaat? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda ini, simak terus pembahasannya pada penjelasan di bawah ini.

Overview Karbohidrat

Karbohidrat pada dasarnya merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Energi yang didapatkan dengan mengonsumsi karbohidrat ini sangat dibutuhkan, terutama untuk otak. Itulah sebabnya, seseorang yang kekurangan karbohidrat dapat mengalami berbagai masalah kesehatan.

Ada dua jenis karbohidrat yang perlu Anda ketahui, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana memiliki kandungan molekul gula dan serat yang lebih sedikit dibanding karbohidrat kompleks. Oleh karena itulah, proses pencernaan karbohidrat sederhana terbilang lebih cepat.

Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks yang lebih kaya akan serat mampu memberikan energi dengan konsisten secara tubuh. Itu berarti, mengonsumsi karbohidrat kompleks akan menjaga tubuh tetap berenergi tanpa harus mengonsumsi kalori dengan berlebihan dan tiba-tiba. Kelebihan lainnya yang dimiliki karbohidrat kompleks dibanding karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat ini jarang menumpuk menjadi lemak di tubuh.

Untuk mendapatkan asupan karbohidrat dengan optimal, Anda dapat mengonsumsi biji-bijian utuh, whole grain, nasi merah, gandum utuh, sayuran, dan kacang-kacangan. Adapun konsumsi karbohidrat harian yang direkomendasikan adalah sekitar 45-65 persen total kalori harian. Pada umumnya, untuk kebutuhan kalori harian sekitar 2.000 per hari, jumlah karbohidrat yang direkomendasikan berkisar antara 900 sampai dengan 1.300 kalori atau sekitar 225 sampai 325 gram  per hari.

Baca Juga: Ketahui Jenis Karbohidrat, Manfaat, serta Berbagai Sumber Makanannya

Fungsi Karbohidrat

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai karbohidrat, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari makronutrien yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi karbohidrat yang paling penting dan dibutuhkan tubuh.

  1. Sumber Energi Utama

Sebelumnya telah disinggung secara singkat bahwa karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh manusia. Artinya, karbohidrat bisa dikatakan merupakan salah satu bahan bakar utama yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Ini juga dapat berarti bahwa tubuh manusia akan menjadi lemah, lesu, dan sulit untuk fokus manakala kekurangan asupan karbohidrat.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Fungsi karbohidrat berikutnya adalah mampu membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Hal ini karena karbohidrat memiliki kandungan serat yang dapat mengurangi gangguan pencernaan, seperti sembelit, meringankan diare, bahkan mengurangi risiko terjadinya penyakit seperti divertikulitis yang menyerang usus besar.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Memiliki kandungan glukosa, fungsi karbohidrat berikutnya adalah dapat membatasi asupan kalori Anda sehingga mampu mengendalikan berat badan. Fungsi yang satu ini juga akan semakin maksimal manakala Anda mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks yang dapat memecah gula dengan perlahan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Untuk dapat berfungsi dengan baik, otak manusia membutuhkan asupan karbohidrat. Hal ini karena otak merupakan organ tubuh yang membutuhkan energi dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan organ tubuh lainnya, yakni sekitar 20% dari keseluruhan energi tubuh. Energi inilah yang digunakan untuk mengaktifkan sel-sel otak.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Konsumsi karbohidrat tidak hanya mampu memberikan tubuh energi yang dibutuhkannya, akan tetapi juga dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit tertentu. Adapun beberapa penyakit yang bisa Anda hindari dengan mencukupi asupan karbohidrat adalah diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, hingga penyakit pencernaan. 

Nah itulah dia penjelasan singkat mengenai karbohidrat dan beberapa fungsi pentingnya yang sebaiknya tidak diabaikan. Selain kelima poin di atas, fungsi karbohidrat lainnya adalah meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu menjaga massa otot, hingga menjaga kesehatan jantung. Mengingat fungsinya yang sangat beragam ini, tentu sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mencukupi kebutuhan asupan karbohidrat harian, bukan?

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Pasien Diabetes Harus Menghindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat?

 

Sumber:

1. Pearson, Keith. 2017. What Are the Key Functions of Carbohydrates?

2. EUFIC. 2020. The Functions of Carbohydrates in the Body.

3. Richards, Louisa. 2020. What do carbohydrates do?

Bagikan artikel ini