Bantuan

Salah Satu Bahan Pembuatan Kosmetik, Ini Bahaya Hidroquinon

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Salah Satu Bahan Pembuatan Kosmetik, Ini Bahaya Hidroquinon

Apakah Anda tahu bahaya hidroquinon? Banyak produk-produk kosmetik yang beredar di pasaran mengandung bahan hydroquinone.  Hidroquinon ini sering dijadikan bahan produk kosmetik karena dapat memutihkan wajah. Namun terdapat banyak bahaya yang bisa ditimbulkan oleh bahan yang satu ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai hidroquinon dan juga bahaya yang dapat ditimbulkan.

Apa itu Hidroquinon

Hidroquinon merupakan bahan yang sering ditemukan di dalam produk kosmetik seperti krim pencerah kulit, pelembab, serum dan juga pembersih wajah. Bahan yang satu ini dipercaya dapat memutihkan kulit dan juga mengatasi berbagai masalah kulit. Hidroquinon ini bekerja dengan cara mengurangi melanosit yang ada di kulit.

Melanosit itu sendiri dapat menghasilkan melamin yang bisa memproduksi warna di kulit. Dalam kasus hiperpigmentasi, terdapat melamin yang lebih banyak akibat peningkatkan produksi melanosit. Dengan mengontrol melanosit tersebut, maka dapat membuat kulit menjadi cerah dan juga kencang. 

Kontroversi Hidroquinon

Pada tahun 1982, FDA mengatakan bahwa hidroquinon di bawah 2% aman digunakan. Akan tetapi, pada tahun 2006, FDA mencabut pernyataan mengenai keamanan penggunaan hidroquinon. Hal ini karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hidroquinon bekerja dengan cara menembus kulit dan menyebabkan penyakit ginjal dan hati pada tikus. Akan tetapi belum ada penelitian yang memastikan hal tersebut dapat terjadi pula pada manusia. 

Pada tahun 2006, American Academy of Dermatology mengatakan bahwa penggunaan hidroquinon sebanyak 4% dan dalam pengawasan dokter masih bersifat aman. Akan tetapi, dalam laporan yang dikeluarkan oleh Cosmetic Ingredient Review pada tahun 2014, menyatakan tingkat keamanan hidroquinon yang diizinkan adalah 1%.  Akan tetapi, tidak dapat digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Bahaya Kontaminasi Logam Berat dalam Kosmetik

Bahaya Hidroquinon

Apabila Anda menggunakan hidroquinon dalam jangka panjang, mungkin akan terjadi berbagai masalah pada kesehatan kulit Anda. lantas apa saja masalah yang mungkin terjadi tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

  1. Iritasi

Bahaya hidroquinon yang pertama yaitu dapat menyebabkan iritasi yang sering disertai dengan sensasi terbakar dan juga menyengat. Bahakan, iritasi yang disebabkan oleh hidroquinon dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi yang dapat memperparah pigmentasi kulit. 

  1. Kekeringan

Bahaya hidroquinon yang selanjutnya yaitu dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Bahaya yang timbul ini akan semakin buruh apabila Anda memiliki tipe kulit kering dan juga sensitif. Akan tetapi, orang dengan kulit tipe normal dan berminyak mungkin akan mengalami risiko ini yang lebih sedikit. 

  1. Reaksi Alergi

Penggunaan produk kosmetik yang memiliki kandungan hidroquinon juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Pada umumnya, reaksi alergi muncul dengan disertai tanda-tanda berupa kulit memerah, ruam pada kulit, gatal-gatal, bengkak hingga melepuh. Apabila Anda mengalami reaksi alergi setelah menggunakan produk kosmetik, maka sebaiknya segera hentikan penggunaannya. 

  1. Photosensitivity

Bahaya hidroquinon yang selanjutnya yaitu menyebabkan photosensitivity. Photosensitivity merupakan kepekaan terhadap sinar matahari. Hidroquinon akan membatasi kulit memproduksi melanin sehingga kulit akan kehilangan pertahanan alami terhadap efek sinar matahari. Padahal, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat berbagai masalah pada kulit seperti keriput dan juga noda hitam. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. 

  1. Okronosis Eksogen

Bahaya hidroquinon juga dapat menyebabkan terjadinya okronosis eksogen. Okronosis eksogen itu sendiri merupakan kelainan pada kulit yang ditandai dengan munculnya pigmentasi biru hitam yang disebabkan penggunaan hidroquinon dalam jangka panjang. 

  1. Risiko Kanker Kulit

Bahaya yang ditimbulkan dari  hidroquinon yang terakhir yaitu dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Hidroquinon dapat menghilangkan lapisan atas kulit, sehingga meningkatkan risiko kanker kulit. Selain itu, hidroquinon juga dapat menyebabkan kerusakan hati dan juga ginjal. 

Nah, itulah beberapa seluk beluk dan juga bahaya hidroquinon yang mungkin saja terjadi apabila digunakan dalam jangka panjang. Walaupun belum ada yang melarang penggunaan hidroquinon, tetapi berdasarkan kontroversi yang telah dibahas, sebaiknya Anda menggunakan bahan lain yang lebih aman. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda mengenai hidroquinon.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Banyak Terdapat Di Kosmetik, Ini Bahaya Mercury

 

Sumber:

1. FDA Proposes Hydroquinone Ban.

2. Cherney, Kristeen. Everything You Need to Know About Hydroquinone. (2020).

3. Barrel, Amanda. What to know about hydroquinone. (2020).

Tag :
Bagikan artikel ini