Bantuan

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Sunscreen? Berikut Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

sunscreen

Menggunakan sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan, terutama jika Anda sering melakukan kegiatan di bawah sinar matahari atau di luar ruangan. Mengapa demikian? Hal ini karena, sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang memiliki dampak buruk terhadap kulit. 

Pentingnya Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen tidak hanya berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Masih ada berbagai alasan lainnya, mengapa Anda perlu menggunakan sunscreen. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan sunscreen

  1. Mencegah terbakarnya kulit

Alasan pertama mengapa sunscreen penting digunakan yaitu untuk mencegah terbakarnya kulit. Pasalnya, ketika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama, maka dapat menyebabkan kulit menjadi memerah. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan kulit terbakar karena panasnya sinar matahari sehingga membuat kulit Anda akan menjadi belang. 

  1. Mencegah kanker kulit

Menggunakan sunscreen juga berguna untuk melindungi kulit dari kanker kulit. Pasalnya, sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari akan memiliki dampak buruk dalam jangka panjang. Mungkin saat ini Anda tidak merasakan dampak buruknya secara langsung. Dampak buruk dari paparan sinar ultraviolet ini dapat terlihat jika telah bertahun-tahun salah satunya yaitu kanker kulit. 

  1. Mencegah penuaan dini 

Apabila Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, maka sebaiknya gunakan sunscreen mulai dari sekarang. Hal ini karena, sunscreen mampu menjaga kulit tetap awet muda dan kencang. Oleh karena itu, Anda akan terhindar dari kulit keriput dan juga bintik-bintik hitam pada kulit. 

  1. Melembabkan wajah

Alasan pentingnya menggunakan sunscreen yang selanjutnya yaitu untuk melembabkan wajah. Hal ini karena bahan-bahan yang ada di dalam sunscreen dapat menarik cairan dengan  kuat dibandingkan berat molekulnya sehingga dapat menjaga kelembapan kulit. 

  1. Menjaga warna kulit tetap rata

Mampu menjaga warna kulit tetap rata merupakan salah satu alasan mengapa penggunaan sunscreen menjadi penting. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menjadi belang. Dalam hal ini, sunscreen akan melindungi kulit dari penyebab kulit belang tersebut. 

Aturan pakai sunscreen

Ketika menggunakan sunscreen, ternyata ada aturan yang perlu Anda perhatikan agar sunscreen dapat memberikan perlindungan yang sempurna. Berikut ini beberapa aturan penggunaan sunscreen yang perlu Anda perhatikan.

  • Gunakan 30 menit sebelumnya

Anda perlu menggunakan sunscreen 30 menit sebelum Anda keluar rumah. Hal ini karena kulit membutuhkan waktu untuk dapat menyerap sunscreen. Hindari menggunakan sunscreen kurang dari 30 menit sebelumnya, karena sunscreen tidak dapat melindungi kulit secara maksimal atau bahkan tidak dapat melindungi kulit Anda sama sekali. 

  • Kocok terlebih dahulu

Apakah Anda sering menggunakan sunscreen tanpa dikocok terlebih dahulu? Sebelum Anda menggunakan sunscreen, sebaiknya dikocok terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semua partikel yang ada di dalam wadah tercampur dengan merata. 

  • Gunakan sesuai kebutuhan

Perlu diperhatikan juga, janganlah menggunakan sunscreen terlalu sedikit karena tidak dapat memberikan perlindungan maksimal. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 1 ons sunscreen untuk digunakan pada seluruh tubuh. 1 ons sunscreen sekitar 1 cangkir takar obat sirup. 

  • Oleskan secara merata

Sebaiknya Anda mengoleskan sunscreen secara merata pada semua permukaan kulit yang terkena sinar matahari. Ada beberapa bagian yang mungkin Anda lupakan yaitu, telinga, punggung, belakang lutut dan juga kaki. 

  • Gunakan beberapa kali

Perlu Anda ketahui, Anda tidak cukup hanya menggunakan sunscreen sekali ketika hendak keluar rumah. Setidaknya Anda perlu menggunakan sunscreen kembali setiap 2 jam sekali. Hal ini karena, sunscreen akan luntur dan hilang ketika Anda berkeringat atau terkena air. 

Nah itulah dia alasan mengapa Anda perlu menggunakan sunscreen. Ketika Anda hendak membeli produk sunscreen, sebaiknya pilih yang memiliki SPF 30. Hal ini karena, sunscreen dengan SPF 30 dapat menghalau 97% sinar UVB yang menjadi penyebab kulit terbakar dan gosong. Namun lebih baik lagi jika Anda memilih sunscreen yang juga dapat memberikan perlindungan UVA yang menjadi penyebab penuaan dini dan kanker kulit. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Ini Ragam Manfaat Penting Sunscreen untuk Kulit

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Brannon, Heather. 2020. The Proper Way to Apply Sunscreen. https://www.verywellhealth.com/apply-sunscreen-1069526

EHE Health. 2020. Top 5 Important Reasons You Should Always Wear Sunscreen. https://ehe.health/blog/always-wear-sunscreen/

Parrish Healthcare. 2020. 5 Reasons To Use Sunscreen Every Day. https://docs.google.com/spreadsheets/d/1vFLLfr6nYqVQaXBM-yIgpkpS0sBWVUAj9cfvJ3rBOAM/edit#gid=1303244708

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang