Bantuan

Cara Mengecilkan Pori-pori agar Tidak Mengganggu Penampilan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

mengecilkan pori pori

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori? Pori-pori yang terlalu besar tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya mencari cara mengecilkan pori-pori untuk mendapatkan wajah yang bersih mulus. 

Lalu bagaimanakah cara mengecilkan pori-pori tersebut? Bagi Anda yang belum tahu tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan agar tidak mengganggu penampilan. 

Cara Mengecilkan Pori-pori 

  1. Rutin Membersihkan Wajah

Dalam mengecilkan pori-pori di wajah, hal yang perlu pertama kali dilakukan yaitu rutin membersihkan wajah. Sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari yaitu ketika di pagi hari dan sebelum tidur. Namun hindari membersihkan wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan hilangnya minyak alami. Perlu diperhatikan juga, sebaiknya Anda memilih produk pembersih wajah yang bersifat non-comedogenic dan sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

  1. Melakukan Eksfoliasi

Cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi. Mungkin banyak dari Anda yang melupakan cara yang satu ini, namun sebenarnya cara ini cukup efektif dalam mengecilkan pori-pori di wajah. Namun perlu diperhatikan, ketika memilih produk exfoliator sebaiknya cari yang teksturnya seperti butiran pasir yang lembut karena dapat menjangkau pori-pori dan mengurangi minyak. Akan tetapi, eksfoliasi cukup dilakukan sebanyak 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu. 

  1. Menggunakan Pelembap

Memastikan wajah tetap lembap juga merupakan salah satu cara dalam mengatasi masalah pori-pori. Oleh karena itu, setelah selesai membersihkan wajah sebaiknya Anda menggunakan pelembap. Perlu diperhatikan juga, sebaiknya Anda memilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Sebagai contoh, untuk kulit yang berminyak sebaiknya memiliki produk pelembap yang ringan dengan berbahan dasar air. 

  1. Menggunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen merupakan salah satu cara dalam mengecilkan pori-pori. Pasalnya, paparan radiasi sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan menyebabkan pori-pori membesar. Tidak hanya itu, paparan sinar ultraviolet ini juga dapat menyebabkan kerusakan kulit yang bisa menimbulkan keriput dan kanker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin menggunakan sunscreen ketika hendak keluar rumah. Dalam memilih produk sunscreen sebaiknya pilih produk dengan SPF minimal 30. 

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata masalah pori-pori pada kulit juga dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, jika ingin mengecilkan pori-pori sebaiknya Anda membarenginya dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolagen yang dapat membuat kulit menjadi elastis dan pori-pori tampak mengecil. Namun sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak karena dapat menyumbat pori-pori. 

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara mengecilkan pori-pori yang selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Pasalnya, konsumsi air yang cukup tidak hanya dapat menghindari Anda dari dehidrasi tetapi juga dapat menghilangkan racun dan kotoran di dalam pori-pori serta membuat kulit menjadi lembap. Oleh karena itu, sering kali ada anjuran untuk mengonsumsi air minimal 2 liter perhari atau 8 gelas setiap harinya. Jadi, mulailah perbanyak konsumsi air jika ingin mengatasi permasalah pada pori-pori ini. 

  1. Konsultasi Dengan Dokter

Cara mengecilkan pori-pori agar tidak mengganggu penampilan yang terakhir yaitu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dapat Anda lakukan apabila berbagai cara sudah Anda lakukan tetapi tidak juga membuahkan hasil. Cobalah untuk mengunjungi dokter spesialis kulit, dengan begitu Anda akan menemukan prosedur yang tepat dalam mengatasi permasalah yang sedang dialami. Beberapa prosedur yang mungkin akan dilakukan  yaitu laser dan microneedling. Dokter juga dapat memberikan resep antibiotik atau obat retinoid untuk mengatasi pori-pori yang membesar. 

Nah, itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori agar tidak mengganggu penampilan yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, beberapa cara tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat. Setidaknya dibutuhkan waktu selama 3 bulan untuk melihat hasilnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan cara mengecilkan pori-pori di atas dengan konsisten.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Arti Letak Jerawat di Berbagai Bagian Wajah, Mampu Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cherney, Kristeen. 2020. Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-large-pores#cleanse

WebMD. How to Minimize Your Pores. https://www.webmd.com/beauty/features/minimize-pores#1

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang