Bisakah Koloid di Wajah dihilangkan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Bisakah Koloid di Wajah dihilangkan?

Benarkah keloid di wajah dapat dihilangkan? Keloid itu sendiri merupakan bekas luka yang membesar dan menonjol, dengan warna merah muda. Namun, bisa juga berwarna kulit atau lebih gelap dari kulit sekitarnya, juga atau berwarna merah. Tahukah Anda bahwa keloid dapat berkembang setelah kerusakan kulit yang sangat kecil. Misalnya seperti bintik jerawat, yang mana menyebar ke area luar kerusakan kulit. Lalu, apa sebenarnya penyebab munculnya keloid? Keloid dapat terjadi karena gen keloid atau bawaan seseorang dalam tubuhnya. Sehingga dikatakan hanya orang orang tertentu saja yang dapat memiliki atau mengidap keloid. Selain karena faktor keturunan, penyebab lainnya seseorang dapat memiliki keloid, adalah luka yang terlalu dalam. Dimana semakin dalam luka, maka semakin tinggi pula risiko munculnya keloid. 

Luka kotor yang tidak dibersihkan dengan baik dan benar, juga dapat menjadi penyebab timbulnya keloid. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat bagian-bagian tubuh pada manusia, yang memang berisiko untuk memiliki keloid. Beberapa bagian tubuh tersebut adalah seperti dada, punggung, dan lengan atas. Umumnya luka keloid tidak menimbulkan rasa sakit, namun tidak menutup kemungkinan muncul rasa sakit. Seperti rasa gatal, perasaan terbakar, sensasi lembut, dan gerakan yang menjadi terbatas bila keloid terletak pada sendi. 

 

Menghilangkan keloid di wajah

Keloid sering kali mengganggu penampilan seseorang yang memilikinya, apalagi jika keloid di wajah. Ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keloid di wajah atau area lainnya seperti pundak dan leher. Tujuan dari menghilangkan keloid ini adalah untuk melembutkan, mengecilkan, atau juga meratakan keloid. Berikut ini cara menghilangkannya.

  1. Operasi pembedahan keloid, jika Anda menyangka bahwa dengan melakukan operasi ini maka keloid akan hilang, maka hilangkan pikiran tersebut. Hal ini dikarenakan, bahwa faktanya hampir 100 persen keloid kembali setelah perawatan ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena untuk meminimalisir kembalinya keloid, biasanya Anda akan disarankan untuk menjalani beberapa perawatan setelah operasi. Salah satu perawatannya adalah kortikosteroid, yang mana dapat membantu mengurangi risiko kembalinya keloid. Selain itu, perawatan yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perawatan radiasi setelah operasi pengangkatan. 

  2. Suntikan kortikosteroid, dimana obat-obatan ini akan membantu mengecilkan bekas luka. Sehingga sering kali menjadi bagian cara menghilangkan keloid di wajah. Suntikan kortikosteroid ini biasanya akan diberikan pada pasien, setiap tiga sampai empat minggu sekali. Pada kali pertama suntikan diberikan, efek yang dirasakan adalah keloid terasa lebih lembut. Diklaim bahwa keloid akan menyusut sampai dengan 80 persen. Agar hasil semakin baik, biasanya dokter kulit akan menambahkan terapi lain sebagai perawatan.

  3. Cryotherapy, yang mana perawatan ini akan membekukan keloid dari dalam ke luar. Tak hanya itu, namun juga sekaligus menyelamatkan kulit pada bagian bawah keloid. Perawatan ini bertujuan untuk mengurangi ukuran dan kekerasan keloid. Para ahli kulit mengungkapkan bahwa pasien yang menjalani lebih dari tiga perawatan ini, cenderung akan mendapatkan hasil terbaik. Dikatakan bahwa melakukan cryotherapy sebelum dan sesudah perawatan suntikan kortikosteroid, bisa mengurangi ukuran keloid. Perlu Anda ketahui, bahwa perawatan ini bekerja optimal pada keloid berukuran kecil.

  4. Perawatan radiasi, melakukan terapi radiasi setelah pengangkatan keloid di wajah dapat membantu cegah keloid muncul kembali. Anda dapat langsung melakukan perawatan radiasi, setelah operasi keloid. Baik esok hari, atau seminggu kemudian. Perawatan radiasi ini bisa digunakan untuk mengurangi ukuran keloid itu sendiri. Namun, hasilnya akan lebih optimal apabila dilakukan setelah operasi keloid. 

  5. Tali pengikat, perawatan ini dilakukan dengan benang bedah yaitu memotong keloid secara bertahap, sehingga dapat membuat keloid lepas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, mungkin Anda akan disarankan untuk melakukan pilihan perawatan lain. Oleh dokter untuk menghilangkan keloid. 

Selain melakukan beberapa perawatan diatas, Anda juga dapat melakukan perawatan dengan bahan alami seperti aspirin, madu, dan bawang putih. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan diatas, maka sudah sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini penting untuk melihat perawatan mana yang baik dan cocok untuk Anda lakukan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi :

 

www.orami.co.id/magazine/amp/cara-menghilangkan-keloid/ 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi