Bantuan
Free Tele x

Pilihan Mainan untuk Edukasi Anak dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Pilihan Mainan untuk Edukasi Anak dan Manfaatnya

Mainan tak hanya untuk bermain, namun juga dapat mengedukasi anak. Banyak ibu yang memilih mainan edukasi untuk si kecil. Apa saja mainan edukasi anak?

Beberapa rekomendasi pilihan mainan untuk edukasi anak yang bisa Anda coba berikan. Ada beragam jenis mainan untuk anak-anak dengan usia berapapun. Akan tetapi, mainan edukasi anak menjadi hal baik dan bijak untuk Anda pilih. Bukan hanya membuat anak menjadi senang dan ceria, jenis mainan ini juga bisa menambah keterampilan buah hati Anda. Saat Anda mengajak anak ke toko mainan, biasanya anak akan langsung memilih mainan yang menarik perhatiannya untuk dibeli. Anda sebagai orang tua bisa menyarankan anak untuk memilih mainan edukasi. Mainan edukasi pun tentu haruslah memiliki gambar, bentuk, dan juga warna yang menarik bagi anak. 

 

Pilihan Mainan untuk Edukasi Anak

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi mainan untuk edukasi anak, yang bisa Anda coba berikan untuk sang buah hati tercinta supaya tumbuh dan kembang anak semakin baik. 

  1. Mainan peran

Mainan peran seperti peralatan dokter, minum teh bersama boneka, masak-masakan bisa digunakan sebagai mainan untuk edukasi anak. Dimana anak akan memahami apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Bukan hanya itu, mainan yang bisa digunakan oleh anak yang berusia dua tahun ke atas ini juga bisa membantu anak dalam perkembangan sosialnya. Juga mengembangkan emosional balita dengan cara mengekspresikan peran yang dimainkan. Permainan peran ini dapat dilakukan sendiri atau bersama dengan orang tua atau saudara. 

  1. Ring donat

Mainan untuk edukasi anak usia satu tahun ke atas ini terdiri dari plastik dengan bentuk bulat dengan lubang di tengah, seperti donat. Ring donat mempunyai ukuran yang berbeda agar dapat disusun menjadi kerucut nantinya. Mainan ini bisa membantu anak dalam melatih keterampilan motorik serta mengenali warna saat menyusunnya. Biarkan anak menyusun sendiri mainan ring donat, guna mengasah kemampuan anak dalam memecahkan suatu masalah. 

  1. Kerincing putar

Mainan untuk edukasi anak ini biasa diletakkan di tempat tidur dan berada di atas kepala sang anak. Saat tidur, bayi bisa melihat kerincing putar yang berputar dengan warna yang cerah. Kerincing putar bisa memfokuskan perhatian anak dan merangsang penglihatan anak. Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan mainan ini. Sebab dikhawatirkan dapat membuat anak menjadi kelelahan karena stimulasi yang berlebih. 

  1. Mainan berbunyi

Mainan yang mengeluarkan bunyi biasanya adalah mainan yang mempunyai warna dan bentuk mencolok. Bunyi yang dikeluarkan pun bisa mengajarkan anak untuk menemukan dan mencari sumber bunyi tersebut. Tombol-tombol yang ada di mainan ini juga bisa memberikan akan stimulasi sensori. Bukan hanya menyenangkan, namun mainan ini juga bisa bantu mengembangkan kreativitas si kecil. 

  1. Mencocokkan bentuk

Jenis mainan untuk edukasi anak lainnya yakni mainan mencocokkan bentuk, yang mana umumnya terdiri dari ragam variasi seperti bulat, bintang, balok, dan lainnya. Kemudian, bentuk-bentuk tersebut akan dimasukkan pada lubang yang tersedia. Jenis mainan satu ini bisa mendorong koordinasi mata dan tangan anak. Selain itu, mainan untuk edukasi anak satu tahun ini juga dapat mengasah keterampilan anak dalam memecahkan sebuah masalah. 

Beberapa ragam pilihan mainan untuk edukasi anak yang lainnya yakni seperti lego, mainan sains, alat musik, catur atau kartu, lompat tali, sepeda roda tiga, puzzle, seni dan kerajinan, pasir kinetik, dan susun balok. 

Baca juga: ​​Manfaat EPA dan DHA bagi Anak

 

Manfaat Mainan Edukasi

Mainan edukasi dapat menjadi pilihan tepat dan bijak untuk menunjang kecerdasan sang anak. Sebab tiap orang tua tentu ingin anak menjadi tumbuh sebagai sosok yang cerdas dan kuat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari mainan untuk edukasi anak:

  • Membantu anak untuk memahami sebab dan akibat

  • Menumbuhkan imajinasi dan kreativitas anak

  • Mendorong perkembangan sosial dan emosional anak

  • Mengajarkan anak untuk memecahkan masalah

  • Mengembangkan keterampilan anak, baik itu motorik halus ataupun motorik kasar yang anak miliki

  • Meningkatkan konsentrasi anak

  • Meningkatkan perkembangan indra anak

Baca juga: Seru dan Menyenangkan, Cobalah Tips Belajar Warna untuk Anak

Ragam pilihan mainan untuk edukasi anak, dapat dengan mudah Anda beli secara online maupun datang langsung ke toko mainan. Mainan edukasi anak pun memiliki variasi harga yang berbeda. Perlu Anda perhatikan bahwa pemilihan mainan pun, harus sesuai dengan usia anak. Jangan sampai Anda salah memilih mainan, yang mana ternyata dapat membahayakan anak karena mainan yang tidak cocok dengan usianya. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Jangan Sampai Terjadi Pada Anak Anda Ini Cara Mencegah Stunting

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html

https://oohsncoos.com/tag/toys-that-are-educative/

https://www.educationalplaycare.com/blog/benefits-of-educational-toys-and-play/

https://aim.gov.ie/resources/kinetic-sand/

https://parenting.firstcry.com/articles/7-things-kids-can-learn-by-riding-a-tricycle/

https://www.emmasdiary.co.uk/baby/lets-play/educational-toys-for-toddlers

https://www.purewow.com/family/best-educational-toys

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang