Bantuan

Jangan Sampai Terjadi Pada Anak Anda Ini Cara Mencegah Stunting

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Jun 2022

Bagikan

Jangan Sampai Terjadi Pada Anak Anda Ini Cara Mencegah Stunting

Halo bunda, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mencegah stunting? Stunting itu sendiri merupakan suatu gangguan tumbuh kembang anak. Anak-anak yang mengalami stunting biasanya memiliki tubuh yang lebih pendek dari anak seusianya. Tidak hanya itu, anak stunting juga bisa mengalami gangguan kognitif, kemampuan belajar hingga rentan mengalami penyakit. 

Tentunya setiap ibu tidak ada yang ingin anaknya mengalami stunting, bukan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara mencegah stunting dari sekarang. Lantas apa saja cara mencegah stunting tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Baca juga: Faktor Biologis adalah Penentu Penting dalam Perkembangan Anak, Ketahui Macam-Macamnya di Sini!



Cara Mencegah Stunting

Ada banyak faktor penyebab seorang anak mengalami stunting, diantaranya yaitu kurangnya asupan nutrisi, infeksi berulang, faktor genetik hingga pengetahuan orang tua yang kurang tentang stunting. Oleh karena itu, agar anak Anda terhindar dari stunting, terapkan beberapa cara mencegah stunting di bawah ini. 

1. Pastikan kebutuhan gizi selama hamil terpenuhi

Mencegah stunting dapat dilakukan dari sebelum kehamilan hingga setelah kehamilan. Jadi, cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu penuhi gizi selama Anda hamil. Pasalnya, gizi yang Anda dapatkan selama kehamilan akan membantu tumbuh kembang janin. Beberapa gizi  yang Anda butuhkan selama hamil yaitu, folat, kalsium, protein, vitamin D, zat besi, dan juga cukupi cairan tubuh. 

2. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Cara mencegah stunting yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menghindari rokok dan minuman beralkohol. Mungkin Anda sudah tahu, bahwa rokok dan minuman beralkohol adalah dua hal yang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, mencegah hal yang buruk terjadi pada anak Anda, sebaiknya hindari rokok dan minuman. Rokok dalam hal ini meliputi rokok elektrik dan juga asap rokok dari perokok lain. 

3. Konsumsi asam folat selama kehamilan

Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh seorang ibu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi asam folat selama kehamilan. Bahkan, dianjurkan juga mengonsumsi asam folat sejak mulai merencanakan kehamilan. Hal ini karena, asam folat dipercaya mampu mencegah stunting pada anak. Anda bisa menemukan asam folat dari sayuran berdaun hijau, buat sitrus, hingga kacang-kacangan. 

4. Konsumsi suplemen

Selama kehamilan, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk membantu kebutuhan nutrisi yang cukup. Ada banyak suplemen yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai suplemen apa yang baik untuk dikonsumsi. 

5. Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih

Kebersihan lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Apabila anak tumbuh dilingkungan yang kotor, maka anak rentang mengalami penyakit seperti diare. Walaupun  hanya  diare, namun jika terjadi berulang kali maka dapat memicu stunting pada anak.  Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan juga memastikan sumber air yang digunakan sehari-hari merupakan air yang bersih. 

6. Berolahraga dan cukupi waktu istirahat

Mencegah stunting yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu berolahraga dan mencukupi waktu istirahat. Dengan berolahraga, maka peredaran darah dan cairan tubuh akan lancar sehingga aliran nutrisi ke janin juga lancar. Selain berolahraga, Anda juga perlu mencukupi waktu istirahat selama 7-9 jam per harinya agar kondisi ibu hamil tetap dalam kondisi yang sehat. 

7. Rutin pemeriksaan kandungan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stunting pada anak yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan kandungan. Pemeriksaan kandungan ini sangat berguna untuk mengetahui tumbuh kembang janin. Tidak hanya itu, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi masalah apa yang terjadi pada janin. Dengan begitu, dokter dapat melakukan penanganan lebih awal agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara mencegah stunting pada anak yang wajib Anda ketahui. Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai stunting pada anak, jangan pernah ragu untuk bertanya kepada dokter saat melakukan pemeriksaan. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan berbagai hal tentang stunting  dengan konsultasi dokter online.

Baca juga: Cari Tahu Disini, Apa Itu Stunting Dan Cara Pencegahannya

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kementerian Kesehatan. 2019. Pencegahan Stunting Pada Anak. https://promkes.kemkes.go.id/pencegahan-stunting

Stunting in a nutshell. https://www.who.int/news/item/19-11-2015-stunting-in-a-nutshell#:~:text=Stunting%20is%20the%20impaired%20growth,WHO%20Child%20Growth%20Standards%20median.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang