Bantuan

Bunda Wajib Tahu, Cara Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Mengasah kemampuan motorik

Mengasah kemampuan motorik kasar adalah hal penting yang dapat Anda lakukan bersama anak. Motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan otot-otot besar dan memerlukan gerakan seluruh tubuh anak untuk melakukan fungsinya sehari-hari, seperti, berjalan, berlari, dan berdiri. Ini pun sangat penting untuk keterampilan merawat diri dalam keseharian, seperti berpakaian yang terkadang mengharuskan anak untuk berdiri dengan satu kaki tanpa jatuh saat mengenakan celana.

Anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Permain aktif yang menggunakan otot-otot lengan, badan, dan kaki penting untuk perkembangan fisik juga kesehatan prasekolah anak. Selain menyenangkan, belajar dengan memanfaatkan otot untuk melempar, melompat, menangkap, berlari, dan bahkan menendang akan sangat penting untuk pertumbuhan otak dan tubuh.  Berikut beberapa cara mengasah kemampuan motorik kasar yang menyenangkan di bawah ini.

Mengasah Kemampuan Motorik Kasar

  1. Menari

Tahukah Anda bahwa salah satu cara mengasah motorik kasar adalah menari? Tidak hanya dapat melepaskan stress dan penat, menari dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik, keseimbangan, dan koordinasi. Dengan menari, kesadaran anak tentang sebuah ritme akan lebih meningkat. Anda bisa mencoba menari dengan menggunakan lagu-lagu anak dengan menambahkan beberapa gerakan sederhana yang mudah agar anak tidak kesusahan dan menikmatinya.

  1. Trampolin

Bermain trampolin dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak khususnya keseimbangan dan koordinasi. Selain itu, dengan bermain trampolin akan membuat anak menggunakan imajinasinya, merupakan latian kardiovaskular, serta membangun kekuatan dan stamina anak juga. Walaupun menyenangkan dan memiliki manfaat yang bagus untuk anak, penting untuk tetap mengikuti aturan keselamatan. Jika alat trampolin terletak di luar ruangan, kegiatan ini akan menjadi hal menyenangkan untuk anak selama berada di luar ruangan.

  1. Ayunan atau Swinging

Ayunan bolak-balik juga dapat membuat anak rileks dan digunakan dalam situasi terapeutik, tidak hanya untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosial. Kegiatan saat anak berlari ke ayunan, mendorong orang lain, melompat keluar ayunan, atau mengembangkan gerakan memompa kaki, dapat meningkatkan keterampilan koordinasi dan keseimbangan. Kesadaran anak mengenai gerakan spasial pun ikut meningkat saat dia merasakan gerakan saat di atas ayunan yang bergerak.

  1. Memanjat Dan Mendaki

Bukan berarti Anda mengajak anak untuk mendaki gunung yang tinggi, mendaki disini bisa berupa bermain perosotan. Dengan bermain perosotan akan melatih tubuh anak dengan cara yang alami. Mengangkat tangan di atas bahu saat mencoba memanjat juga dapat meningkatkan aliran kardiovaskular mereka. Pada saat yang sama, fleksibilitas dan keseimbangan anak juga ikut meningkat. Ketika menaiki tangga sambil menarik tubuh dengan tangan mereka, anak sedang membangun tubuh bagian atas, kekuatan, dan cengkeraman mereka. 

  1. Sepak Bola

Alih-alih bermain sepak bola dengan serius, biarkan anak Anda untuk menendang bola dan mengarahkannya ke gawang dengan santai dan penuh konsentrasi. Anda bisa melakukan permainan ini di dalam rumah dengan mengganti gawang dengan kardus kosong yang sudah tidak terpakai. Jika anak sudah mulai terbiasa, mungkin Anda bisa membuat permainan sepak bola yang lebih kompleks. Latihan berulang dalam menggiring, menembak, dan menghentikan bola dapat membuat kaki mempelajari gerakan otot.

  1. Hulahup Dan Lompat Tali

Di urutan ke lima cara mengasah kemampuan motorik kasar adalah dengan mengajak anak melakukan hulahup atau lompat tali. Aktivitas yang memiliki gerakan berpola berulang akan sangat ideal dan pas untuk membangun keterampilan motorik kasar dan merangsang otak. Fleksibilitas anak akan meningkat, begitu pula dengan keseimbangannya. Saat bermain lompat tali, otot kaki akan semakin kuat karena menahan tubuh yang terus melompat. Anda pun bisa memilih antara ke duanya, agar anak tidak mudah lelah. 

Itulah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama anak yang pastinya dapat mengasah kemampuan motorik kasar. Selain ke enam hal di atas, cara mengasah kemampuan motorik kasar adalah permainan bola besar lainnya, berlatih seni bela diri, mengendarai sepeda, berenang, bermain balon, dan masih banyak lagi. Kemampuan motorik kasar adalah keterampilan yang menyangkut kegiatan kita sehari-hari, sehingga mengasahnya akan sangat membantu anak. Selamat mencoba di rumah!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berapa IQ Rata-Rata Manusia dan Bagaimana Cara Meningkatkanya?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Saraf

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Brain Balance. 2015. GAMES AND ACTIVITIES THAT STRENGTHEN GROSS MOTOR SKILLS. https://www.brainbalancecenters.com/blog/games-and-activities-that-strengthen-gross-motor-skills

Morin, A. 2019. 8 gross motor skills activities for kids. https://www.understood.org/articles/en/8-gross-motor-skills-activities-for-kids

Holecko, C. 2021. Gross Motor Skills Activities for Little Kids. https://www.verywellfamily.com/gross-motor-skills-for-preschoolers-1257160

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Saraf

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang