Bantuan

Ketahui Cara Cek Keaktifan BPJS Melalui Situs BPJS-Checking dan Metode Lainnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Jan 2022

Bagikan

Ketahui Cara Cek Keaktifan BPJS Melalui Situs BPJS-Checking dan Metode Lainnya

Situs bpjs-checking merupakan situs yang bisa diakses saat Anda ingin mengetahui status keaktifan BPJS Kesehatan yang Anda miliki. Selain melalui situs bpjs-checking, Anda juga bisa menggunakan metode lainnya dengan mudah. Informasi mengenai status keaktifan BPJS Kesehatan memang sangat penting untuk diketahui. Salah satu tujuannya yaitu agar Anda tidak mengalami kendala saat menggunakan layanan BPJS Kesehatan tersebut.

Baca Juga: PCare Vaksinasi: Aplikasi Dari BPJS Kesehatan untuk Dukung Vaksinasi COVID-19

Apa Itu BPJS Kesehatan?

Sebelum mengetahui cara cek keaktifan BPJS Kesehatan melalui situs bpjs-checking dan metode lainnya, Anda juga perlu memahami dengan jelas terkait BPJS Kesehatan. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan merupakan badan hukum publik yang memberikan fasilitas untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan penyelenggaraan program jaminan kesehatan nasional. Masyarakat pengguna layanan BPJS Kesehatan akan memiliki kartu BPJS untuk memudahkan mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit rujukan. 

Cara Cek Keaktifan BPJS Melalui Situs BPJS-Checking dan Metode Lainnya

Saat ini tidak sulit untuk mengetahui apakah status BPJS Kesehatan Anda aktif atau tidak karena Anda bisa menggunakan banyak cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui status keaktifan BPJS Kesehatan. Semua cara dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan pilihan Anda. Seperti melalui situs bpjs-checking, aplikasi JKN, call center, media sosial, hingga melalui petugas BPJS Kesehatan secara langsung.  

  1. Melalui Situs BPJS-Checking

Metode pertama yang bisa Anda lakukan untuk cek status keaktifan BPJS Kesehatan yaitu melalui situs bpjs-checking. Caranya, buka situs resmi bpjs-checking.go.id yang  bisa diakses dengan mudah melalui perangkat yang Anda miliki (smartphone, komputer atau laptop). Lalu isi nomor kartu BPJS beserta tanggal lahir di kolom yang tersedia pada situs tersebut. Setelah itu, informasi tentang status keaktifan BPJS Kesehatan akan ditampilkan oleh sistem, seperti informasi kepesertaan dan status iuran. 

  1. Melalui Aplikasi JKN

Metode kedua yang bisa Anda lakukan untuk cek status keaktifan BPJS Kesehatan yaitu melalui aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Caranya, unduh aplikasi JKN Moblie melalui PlayStore atau AppStore, kemudian buka aplikasi JKN ketika selesai mengunduh. Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu dengan klik register dan klik menu peserta. Lalu login dengan menggunakan nomor kartu BPJS atau email yang terdaftar dan masukan kata sandi. Setelah itu, status keaktifan BPJS beserta informasi iuran akan muncul melalui aplikasi tersebut. 

  1. Melalui Call Center

Metode ketiga yang bisa Anda lakukan untuk cek status keaktifan BPJS Kesehatan yaitu melalui call center BPJS Kesehatan. Caranya, dengan menghubungi nomor call center 1500 400. Setelah terhubung dengan nomor call center tersebut Anda bisa menanyakan informasi seputar status keaktifan BPJS beserta informasi terkait lainnya. Sebelumnya, untuk memperoleh informasi pada layanan call center BPJS Kesehatan tersebut Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor kartu BPJS atau NIK (Nomor Induk Kependudukan).

  1. Melalui Aplikasi Media Sosial

Metode keempat yang bisa Anda lakukan untuk cek status keaktifan BPJS Kesehatan yaitu melalui aplikasi media sosial yang biasa Anda miliki. Seperti aplikasi whatsapp, telegram, hingga facebook. Layanan pada aplikasi whatsapp bisa dihubungi melalui nomor 08118750500, layanan pada aplikasi telegram bisa diakses melalui @BPJSKes_bot, dan layanan facebook massenger melalui facebook BPJS Kesehatan. Anda bisa mendapatkan informasi seputar status keaktifan BPJS Kesehatan dan informasi terkait lainnya melalui aplikasi tersebut.  

  1. Melalui Petugas BPJS Secara Langsung

Metode terakhir yang bisa Anda lakukan untuk cek keaktifan BPJS Kesehatan yaitu melalui petugas BPJS Kesehatan. Di mana petugas BPJS Kesehatan tersebut bertugas dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit rujukan. Melalui petugas BPJS Kesehatan, Anda bisa menanyakan informasi seputar keaktifan BPJS Kesehatan secara langsung dengan mengikuti prosedur yang berlaku. Anda juga bisa menanyakan informasi seputar layanan BPJS Kesehatan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk cek status keaktifan BPJS Kesehatan melalui situs bpjs-checking dan metode lainnya. Apabila status keaktifan BPJS Kesehatan Anda aktif, maka Anda bisa menggunakan fasilitas layanan kesehatan dengan kartu BPJS Kesehatan yang Anda miliki. Namun apabila status BPJS Kesehatan Anda tidak aktif, maka Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu agar kartu BPJS Kesehatan dapat digunakan kembali. Caranya dengan membayar tunggakan dan melunasi iuran pada bulan berjalan.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Rokom Kementerian Kesehatan RI. 2021. 
  2. Azanella, Luthfia Ayu. 2021.  
  3. BPJS Kesehatan. Primary Care.
Bagikan artikel ini