Mari Segera Hindari, Ini Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

8 Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan Anda

Apakah Anda tahu apa bahaya minuman beralkohol bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan? Tidak ada yang baik pada sesuatu yang berlebihan, salah satunya alkohol. Dalam jumlah sewajarnya, alkohol memiliki efek untuk mengembalikan mood. Akan tetapi, bila dikonsumsi secara berlebihan tentu saja, berbagai masalah kesehatan akan mengintai Anda. Apa saja masalah kesehatan yang mengintai tersebut? Simak terus penjelasannya di bawah ini.  

  1. Menyebabkan Depresi

Bahaya minuman beralkohol yang pertama yaitu menyebabkan depresi. Alkohol dan juga depresi tidak pernah bisa dilepaskan. Banyak orang yang ingin melepaskan stres dengan cara mengonsumsi minuman beralkohol karena dapat melegakan pikiran. Akan tetapi, konsumsi berlebih dan dalam jangka panjang malah membuat kesehatan mental semakin memburuk. Ditambah lagi, siklus ini akan terus berulang, maka akan menyebabkan kesehatan mental akan semakin memburuk. 

  1. Menyebabkan Penurunan Fungsi Otak

Bahaya minuman beralkohol yang selanjutnya yaitu menyebabkan penurunan fungsi otak. Dalam jangka pendek, kandungan ethanol di dalam alkohol dapat membuat komunikasi antara sel otak menjadi terhambat atau sering dikenal dengan kondisi mabuk. Sedangkan dalam jangka panjang, alkohol yang berlebihan akan membuat seseorang akan kehilangan daya ingat. Bahkan, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko demensia atau penyusutan otak ketika lansia. 

  1. Menyebabkan Masalah Pada Hati

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. Hati memiliki fungsi yang penting yaitu menyaring racun dan limbah yang tidak terpakai di dalam tubuh. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan, maka dapat menyebabkan kerja hati menjadi lambat dan menimbulkan masalah kesehatan. Bahkan, satu dari tiga transplantasi hati di Amerika berasal dari penyakit hati yang disebabkan alkohol. 

  1. Menyebabkan Obesitas

Alkohol juga dapat menyebabkan obesitas karena, memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Dalam setiap gram alkohol terdapat 7 kalori yang membuatnya menempati nutrisi dengan kandungan kalori tertinggi kedua setelah lemak. Oleh karena itu, minuman beralkohol memiliki risiko menyebabkan penambahan berat badan.

Dan dalam jangka panjang, kecanduan alkohol akan menyebabkan Anda mengalami obesitas. Apabila tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai komplikasi penyakit.

  1. Menyebabkan Diabetes

Bahaya minuman beralkohol yang selanjutnya yaitu menyebabkan diabetes. Minuman beralkohol apabila dikonsumsi dalam porsi yang sewajarnya dapat menurunkan resistensi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi, apabila Anda mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, justru akan membuat Anda memiliki risiko diabetes tipe 2 yang meningkat.

Baca Juga: Diet Atkins Baik Buat Diabetes Tipe 2, Bener Ga Sih?

  1. Menyebabkan Masalah Pada Jantung

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada jantung. Hal ini karena, alkohol yang berlebihan dapat melemahkan otot jantung sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat menyebabkan kardiomiopati yang ditandai dengan detak jantung tidak teratur, sesak napas, batu terus menerus dan juga kelelahan. Bahkan, alkohol juga dapat meningkatkan risiko stroke, hipertensi dan juga serangan jantung. 

  1. Menyebabkan Kanker

Alkohol memiliki sifat karsinogen yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan juga memicu munculnya penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker payudara dan juga kanker usus. Namun yang paling berisiko adalah sel-sel yang berada di sekitar mulut dan juga tenggorokan. Bahkan, apabila Anda mengonsumsi satu gelas alkohol setiap harinya, maka akan meningkatkan risiko kanker tenggorokan dan kanker mulut sebesar 20%.

  1. Menyebabkan Kerusakan Ginjal

Bahaya minuman beralkohol yang terakhir yaitu, dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Hal ini diakibatkan efek diuretik yang dimiliki alkohol menyebabkan jumlah urine yang diproduksi oleh tubuh meningkat. Pada akhirnya ginjal akan mengalami kesulitan dalam mengatur aliran urin serta cairan tubuh seperti, kalium, ion natrium, dan juga klorida. Kondisi ini dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan elektrolit didalam tubuh dan membuat Anda mengalami dehidrasi. 

Itulah beberapa bahaya minuman beralkohol apabila dikonsumsi secara berlebihan. Walaupun, alkohol bermanfaat apabila dikonsumsi dengan tepat, namun dampak positifnya tidak sebanding dengan dampak buruk yang diberikan. Jadi, sebaiknya hindari alkohol dan apabila tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit Berbahaya

 

Sumber:

1. Arnoson, Atli. Alcohol and Health: The Good, the Bad, and the Ugly. (2018).

2. Caba, Justin. Alcohol's Effect On The Body: 5 Majors Organs That Are Being Destroyed By Your Alcohol Consumption. (2014).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi