Ketahui Ciri-Ciri Luka Sunat Mau Sembuh Berikut Ini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Ketahui Ciri-Ciri Luka Sunat Mau Sembuh Berikut Ini!

Mengetahui ciri-ciri luka sunat mau sembuh adalah suatu hal yang penting dan perlu diketahui oleh setiap orang tua. Dengan mengetahui hal ini, orang tua akan dapat mengambil tindakan yang tepat mengenai perawatan luka tersebut, ataupun apabila luka tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang lama.

Lantas seperti apa ciri-ciri luka sunat mau sembuh tersebut? Nah, sebelum membahas hal ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu fase-fase penyembuhan luka sunat itu sendiri. 


Fase Penyembuhan Luka Sunat

Sunat adalah salah satu tindakan operasi yang dilakukan dengan cara memotong kulup yang menutupi kepala penis. Sebagaimana jenis operasi lainnya, sunat ini akan meninggalkan luka jahitan yang tidak sembuh dalam waktu yang singkat. Dalam hal ini, dibutuhkan waktu berhari-hari bahkan minggu untuk luka tersebut sembuh. Adapun fase penyembuhan luka sunat itu sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Fase awal

Fase awal dalam luka sunat yaitu perasaan tidak nyaman pada penis. Biasanya rasa ini akan disertai dengan penis yang membengkak dan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, terjadi pendarahan pada bagian penis. Akan tetapi, semua kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dan normal terjadi dan akan sembuh dalam beberapa  hari kedepan. Namun, apabila pendarahan yang terjadi tidak kunjung membaik selama 24 jam setelah sunat dilakukan, maka segera kunjungi dokter. 

  1. Fase pengeringan luka

Pada fase selanjutnya yaitu fase pengeringan luka. Pada fase ini, luka di penis akan terlihat mulai mengering. Terkadang juga bekas luka akan sedikit berair dan akan mengering dengan sendirinya dalam beberapa minggu ke depan. Akan tetapi, apabila penis mengeluarkan nanah, segeralah bawa anak Anda berkonsultasi dengan dokter. Hal ini karena, nanah yang keluar tersebut menandakan terjadinya infeksi pada luka.

  1. Fase pemulihan luka

Fase terakhir dalam luka sunat yaitu  fase pemulihan luka. Pada fase ini, luka bekas sunat akan benar-benar mengering dan penis mulai terlihat bersih. Dalam beberapa kasus, akan terjadi keloid pada saat penyembuhan luka. Keloid ini bisa menyebabkan gangguan seperti melakukan penetrasi saat berhubungan seksual. Namun, keloid ini bisa dihilangkan dengan cara operasi.


Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh

Setelah melalui fase pemulihan, kemudian akan muncul ciri-ciri luka mau sembuh, yakni sebagai berikut.

  • Bekas luka mulai mengering

  • Kulit penis mulai terlihat cerah dan bersih

  • Luka mengering terasa gatal

  • Pembengkakan pada area luka berkurang atau bahkan menghilang

Nah, apabila setelah melalui fase pemulihan namun luka sunat masih belum menunjukkan tanda-tanda di atas, atau bahkan tetap berair, segeralah konsultasikan diri ke dokter, karena dapat mengindikasikan terjadinya infeksi. Berikut ini adalah beberapa ciri luka sunat mengalami infeksi yang perlu Anda ketahui.


Ciri Luka Sunat Infeksi

  1. Pendarahan

Ciri-ciri luka sunat mengalami infeksi yaitu terjadi pendarahan pada sela-sela jahitan. Apabila terjadi pendarahan, segeralah untuk membersihkan penis menggunakan kapas yang telah diberikan antiseptik. Tujuannya yaitu untuk mengurangi infeksi yang terjadi dan menjaga kebersihan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan antibiotik pada area luka untuk mempercepat penyembuhan. 

  1. Peradangan

Ciri-ciri luka sunat yang mengalami infeksi selanjutnya yaitu timbulnya peradangan. Gejala peradangan yang ditimbulkan umumnya yaitu nanah, rasa nyeri, bengkak, dan bercak kemerahan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memberikan antibiotik dan menjaga kebersihan penis sang anak.

  1. Meatal Stenosis

Meatal Stenosis dapat diartikan sebagai kondisi terjadinya penyempitan lubang pembuangan urin. Hal ini juga disertai dengan munculnya darah dan timbul rasa tidak nyaman ketika anak mencoba untuk buang air kecil. Untuk mengatasi hal ini, biasanya akan diambil tindakan pembedahan untuk lubang urin tersebut. 

  1. Fimosis

Tanda terjadi infeksi pasca sunat berikutnya adalah fimosis, yakni kondisi kulit penis yang tidak dapat ditarik ke belakang. Hal ini akan menyebabkan anak mengalami kesulitan ketika buang air. Fimosis ini ditandai dengan gejala pembengkakan pada area penis karena urin tertahan. Apabila anak mengalami hal ini, segera hubungi dokter untuk mengambil tindakan dengan segera.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri luka sunat mau sembuh yang perlu Anda ketahui. Selalu waspada dan pantau terus perkembangan luka sang anak, jaga kebersihan penis, serta hindari penggunaan sabun beraroma demi mencegah terjadinya infeksi.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Referensi:

IMC. Circumcision Infection: Recognition and Treatment. 

Hirsch, Larissa. 2016. Surgeries and Procedures: Circumcision. 

Holland, Kimberly. 2018. Circumcision Scar: What to Expect.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi