Perawatan Luka Operasi Di Rumah Bagi Penderita Diabetes

15 May 2020 • Diabetes

Pasca menjalani operasi, penderita diabetes diwajibkan untuk merawat lukanya dengan baik. Jika tidak, dampaknya tergolong berbahaya dan fatal.

Resiko infeksi, timbulnya luka gangrene, hingga amputasi, membayangi para penderita diabetes yang kurang memiliki pengetahuan dalam melakukan perawatan luka yang ditimbulkan pasca operasi.

Ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menghindari dampak terburuk yang mungkin terjadi. Berikut merupakan informasi bagaiamana merawat luka operasi di rumah bagi para penderita diabetes pasca melakukan operasi.

Kendalikan Gula Darah

Kadar gula darah tinggi akan menyebabkan luka bekas operasi sulit sembuh. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah mengalami pengerasan dan penyempitan, sehingga suplai oksigen yang dibawa darah menuju luka jadi terhambat.

Selain itu, pasokan nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru dan menyembuhkan luka pun akan menjadi terhambat. Kondisi inilah yang membuat luka bekas operasi pada pasien diabetes cenderung memiliki waktu kesembuhan dalam yang cukup lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Terkadang kondisi ini semakin diperparah dengan naiknya kadar gula darah sehingga membuat bakteri dapat berkembang dengan mudah dalam tubuh.

Jika tidak ditangani dengan baik, maka luka tersebut memiliki resiko yang besar untuk mengalami infeksi, pembusukan, hingga meningkatkan resiko amputasi.

Maka dari itu, mengendalikan kadar gula darah jadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kadar gula darah, diantaranya:

  1. Sebaiknya batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti putih, tepung-tepung dan lainnya.
  2. Pilih sumber asupan karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi, seperti makanan yang bersumber dari gandum utuh, oatmeal, ubi, kedelai hitam dan lainnya.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi serat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, rumput laut dan lainnya.
  4. Usahakan tetap aktif bergerak.
  5. Konsumsi obat pengendali gula darah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Jika tidak mengonsumsi obat-obatan, Anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal untuk menurunkan kadar gula darah. Namun ingat, dianjurkan untuk melakukan telekonsultasi dokter speasialis atau berkonsultasi secara langsung dengan dokter terkait terlebih dahulu guna mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif.

Hal ini dilakukan agar Anda bias mendapatkan informasi yang cukup untuk melakukan pemantauan terhadap kadar gula darah Anda. Jangan sampai berlebihan hingga menyebabkan hipoglikemia.

Perhatikan Kebersihan Luka

Selain mengendalikan gula darah, Anda pun wajib memperhatikan kebersihan luka demi menghindari resiko infeksi yang membuat proses penyembuhan luka diabetes semakin sulit dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga luka bekas operasi Anda tetap bersih, diantaranya:

  1. Bersihkan luka secara berkala, minimalnya 1-2 kali sehari. Anda bisa membersihkan luka dengan menggunakan sabun antiseptik dan cairan yang mengalir.
  2. Setelah dibersihkan, keringkan luka dengan menggunakan kain kasa. Ingat, jangan gunakan kapas karena bisa menempel dan meninggalkan residu pada luka.
  3. Setelah dikeringkan, gunakan salep atau krim antiseptik yang khusus digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bagi pasien diabetes. Untuk mendapat informasi produk terbaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  4. Jika tidak akan bepergian ke luar rumah, sebaiknya jangan balut luka. Cukup tutupi dengan pakaian longgar agar tidak terkena debu.
  5. Jika akan keluar rumah, Anda bisa membalut luka dengan menggunakan kain kasa. Tapi ingat, sebaiknya balutan jangan terlalu ketat agar sirkulasi darah tetap berjalan lancar.
  6. Selain menghindari balutan yang terlalu ketat, Anda pun lebih disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar.

Untuk memaksimalkan proses pembersihan luka, jangan ragu untuk melibatkan profesional. Pilih perawat yang bisa dipanggil ke rumah, dan memberikan informasi terkait bagaimana cara perawatan luka diabetes guna mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi terhadap pasien diabetes.

Jika bingung bagaimana cara menemukan perawat terbaik, sebaiknya pasang aplikasi Aido health di smartphone Anda, yang merupakan aplikasi layanan kesehatan yang memfasilitasi Anda untuk bertemu, dan membuat jadwal perawatan dengan dokter atau jasa perawat homecare dan terapis profesional.

Dengan memasang aplikasi Aido health, Anda tidak perlu lagi pergi ke klinik, karena mereka yang akan mendatangi dan merawat Anda sesuai dengan prosedur medis.

Referensi:

  1. Harvard Health Publishing. Healthy eating for blood sugar control. Available from: https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/healthy-eating-for-blood-sugar-control
  2. Alexandra Rowles, RD on April 10, 2017. 12 Simple Tips to Prevent Blood Sugar Spikes. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/blood-sugar-spikes
  3. Medically reviewed by Katherine Marengo, LDN, RD, specialty in nutrition, on January 1, 2020 — Written by Jennifer Huizen. Which foods lower blood sugar? Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322861