Bantuan
Free Tele x

Tetap Tenang! Ini Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah yang Perlu Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

hipoglikemia

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama gula darah rendah? Kadar gula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemia merupakan kondisi di mana kadar gula darah di dalam tubuh kuang dari 70 mg/dL. Penurunan kadar gula darah ini dapat terjadi kapanpun tanpa seorangpun menyadarinya.

Apa itu gula darah rendah?

Gula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemia lebih rentan dialami oleh diabetes melitus. Hal ini karena, pengobatan tertentu dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, hipoglikemia merupakan salah satu gangguan  kesehatan yang perlu untuk segera diobati. 

Pada saat kadar gula darah di dalam tubuh rendah, maka akan muncul berbagai gejala. Beberapa gejala yang muncul saat kadar gula darah turun drastis yaitu merasa lapar, mengantuk, irama jantung tidak beraturan, dan juga kehilangan keseimbangan. 

Selain gejala yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata turunnya gula darah juga dapat menyebabkan munculnya berbagai gejala lainnya. Beberapa gejala yang sering muncul yaitu penglihatan kabur, hilang kesadaran, kejang, dan juga linglung. Apabila gejala gula darah rendah yang terjadi berulang kali, bisa saja meningkatkan risiko kerusakan otak bahkan kematian 

Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah

Lalu apa yang harus dilakukan ketika diri sendiri atau orang lain mengalami kadar gula darah rendah? Hal yang perlu Anda lakukan pertama yaitu jangan panik dan tetap tenanglah. Setelah itu, Anda bisa menerapkan beberapa pertolongan pertama gula darah rendah di bawah ini. 

  1. Konsumsi makanan manis

Pertolongan pertama gula darah rendah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi yaitu jus buah, madu, permen manis atau larutan gula. Ketika kondisi sudah mulai membaik, maka berikan makan yang lebih banyak. Memberikan makan banyak ini dapat membantu memulihkan kondisi dengan  cepat.

  1. Konsumsi camilan

Ketika gula darah mulai berangsur normal, maka penderita gula darah rendah bisa melanjutkan mengonsumsi camilan. Dengan mengonsumsi camilan ini maka dapat membantu mengisi kembali glikogen di dalam tubuh. Glikogen itu sendiri merupakan cadangan gula yang berasal dari karbohidrat. 

  1. Konsumsi karbohidrat

Pertolongan pertama gula darah rendah yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu mengonsumsi karbohidrat. Penderita gula darah rendah sebaiknya diberikan  15 gram hingga 20 gram karbohidrat ketika kambuh. Beberapa makanan yang cocok dikonsumsi yaitu nanas, kurma, kismis, pisang dan juga anggur. 

  1. Periksa kadar gula darah

Selain mengonsumsi beberapa makanan yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu pertolongan pertama saat gula darah rendah yaitu dengan memeriksakan kadar gula darah. Pemeriksaan ini dapat dilakukan setelah 15 menit mendapatkan pertolongan pertama. Batas normal gula darah adalah 70 mg/dL. Apabila kadar gula darah masih di bawah batas, maka 15 kemudian perlu diperiksa kembali. 

  1. Injeksi Glukagon

Apabila dari hasil pemeriksaan diketahui kadar gula darah sangat rendah, dan juga pasien tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman, maka injeksi glukagon bisa dilakukan. Injeksi glukagon ini akan disuntikkan melalui infus. Perlu diperhatikan, hindari memberikan makanan dan minuman  pada pasien yang tidak sadarkan diri. 

Mencegah Hipoglikemia

Setelah Anda mengetahui bagaimana pertolongan pertama saat gula darah rendah. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah hipoglikemia. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hipoglikemia. 

  • Selalu cek kadar gula darah untuk memastikan kadar gula darah yang Anda miliki.

  • Hindari mengonsumsi makanan manis. Walaupun gula dapat meningkatkan kadar gula, namun juga dapat menyebabkan penurunan gula darah. 

  • Jangan pernah lewatkan atau menunda makan. 

  • Makanlah dalam porsi kecil namun sering agar Anda tidak kelaparan. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai pertolongan pertama gula darah rendah yang bisa Anda terapkan. Apabila Anda telah mengalami gejala yang berulang kaki, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. Semoga informasi mengenai kadar gula darah rendah ini bisa bermanfaat bagi setiap orang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Roland, James. 2019. What Can You Do to Raise Your Blood Sugar Quickly?. https://www.healthline.com/health/how-to-raise-blood-sugar-fast

WebMD. 2020. Low Blood Sugar (Hypoglycemia) Treatment. https://www.webmd.com/first-aid/low-blood-sugar-hypoglycemia-treatment

Mayo Clinic. 2020. Hypoglycemia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypoglycemia/symptoms-causes/syc-20373685

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami