Bantuan
Free Tele x

Kasus COVID-19 Terus Naik, Begini Cara Mencegah Stres atau Takut Karena Covid

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Cara Mencegah Stres atau Takut Karena Covid

Belakangan ini, banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara mencegah stres mengingat kasus COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan tren kenaikan.

Dalam hal ini, rasa cemas dan gelisah dirasakan oleh banyak orang, bahkan menyebabkan diri merasa tertekan hingga stres berlebihan. Apabila dibiarkan, hal ini dapat sangat mengganggu kesehatan, baik fisik hingga kesehatan mental.

Gejala Stres Akibat Pandemi COVID-19

Lantas bagaimana cara mengetahui apakah seseorang tengah membutuhkan cara mencegah stres/takut karena Covid? Berikut ini adalah gejala-gejala yang menunjukkan bahwa seseorang merasa stres akibat COVID-19. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa golongan yang mungkin merasa paling tertekan saat pandemi COVID-19.

  • Orang dengan kondisi kesehatan mental tertentu dan pengguna narkoba.

  • Orang yang berhadapan langsung dengan COVID-19 seperti tenaga kesehatan.

  • Orang tua ataupun orang dengan kondisi penyakit kronis tertentu yang memiliki risiko tinggi terhadap COVID-19.

  • Anak-anak dan juga remaja.

Meskipun begitu, tidak selamanya orang-orang yang disebutkan di atas pasti akan merasakan stres akibat pandemi COVID-19. Bisa saja justru seseorang yang tidak termasuk dalam kategori-kategori di atas juga merasakan stres atau tertekan akibat kondisi pandemi COVID-19.

Baik karena terlalu lama terhindar dari aktivitas sosial, ataupun stres karena keluarga, teman, atau orang terdekatnya rentan atau bahkan terinfeksi COVID-19. Adapun gejala-gejala yang mungkin menunjukkan bahwa seseorang tengah merasa stres akibat adanya pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

  • Terjadi perubahan pola hidup sehari-hari, terutama berkaitan dengan pola tidur dan pola makan.

  • Kerap merasa takut dan juga khawatir akan kesehatan diri sendiri serta orang di sekitarnya.

  • Merasa kesulitan dalam berkonsentrasi.

  • Kondisi kesehatan semakin memburuk.

Selain gejala tersebut, seseorang yang mengalami stres akibat adanya pandemi COVID-19 juga sangat mungkin merasakan gejala stres lainnya, yang dalam hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Stres Serta Tips untuk Melakukannya

Cara Mencegah Stres/Takut Karena Covid

Merasa cemas dan takut karena COVID-19 tentu merupakan hal yang wajar, mengingat begitu cepatnya penyakit ini menyebar dan bahkan telah memakan banyak korban jiwa. Untuk dapat mencegah rasa tertekan dan stres akibat fakta tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Hindari Rumor atau Spekulasi Tentang COVID-19

Kondisi pandemi COVID-19 ini semakin diperparah dengan banyaknya rumor atau spekulasi yang beredar tentangnya. Dalam hal ini, terpapar akan rumor dan spekulasi ini seringkali menimbulkan rasa stres. Oleh karena itu, hindari sumber berita yang tidak jelas, dan sebaliknya selalu cari kebenaran akan rumor ini dari sumber terpercaya.

  1. Buatlah Rencana Keuangan Pribadi

Persoalan ekonomi kerap menjadi salah satu sumber utama stres selama pandemi. Dalam hal ini, cobalah untuk membuat rencana keuangan pribadi yang mencakup pengeluaran dan pemasukan Anda selama pandemi ini. Dengan begitu, mungkin Anda akan merasa lebih tercerahkan mengenai penggunaan uang agar tidak berlebihan dan masih terkendali.

  1. Jangan Panik, Kenali Cara Mengelola Stres

Semakin banyaknya korban berjatuhan akibat COVID-19 mungkin telah membuat banyak dari kita merasa panik dan cemas. Meskipun begitu, cobalah untuk tetap tenang dan kelola stres Anda dengan baik.

Cobalah untuk mengenali sumber-sumber stres Anda, kemudian hindari pemicu-pemicunya. Apabila stres menyerang, cobalah untuk melakukan hal yang Anda sukai dan cari pengalihan yang dapat membuat Anda tetap aktif dan terhindar dari pergumulan stres.

  1. Berkonsultasi Secara Online

Di zaman serba maju ini, berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tanpa harus bertatap muka merupakan suatu hal yang sangat mungkin untuk dilakukan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsultasikan cara-cara mencegah stres/takut karena Covid terhadap dokter atau psikolog yang Anda pilih. Dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan bantuan apabila Anda memiliki gangguan dalam kesehatan mental. 

Itulah dia cara mencegah stres/takut karena Covid yang bisa Anda coba praktekkan di rumah. Selain beberapa cara tersebut, cobalah untuk tetap terhubung dengan teman-teman Anda, ajak keluarga serumah untuk beraktivitas bersama, tetap rutin berolahraga, serta atur pola makan agar lebih sehat lagi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi COVID-19, Mudah Dilakukan!

 

Sumber: 

1. Mental Health Foundation. 2021. Coronavirus and mental health tips.

2. Centers for Disease Control and Prevention. 2021. Mental Health and Coping During COVID-19.

3. McGuire, Joseph F. 2020. Stressed About COVID-19? Here’s What Can Help.

Bagikan artikel ini