Bantuan
Free Tele x

Pelajari Teknik Menjadi Pendengar Aktif

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 29 Dec 2020

Bagikan

Pelajari Cara Menjadi Pendengar yang Baik dan Aktif

Terdapat beberapa cara menjadi pendengar yang baik dan aktif. Sebagai makhluk sosial, seringkali kita memerlukan bantuan orang lain untuk mendengarkan keluh kisah yang ingin kita limpahkan.

Di sisi lain, kadang kala kita juga harus menjadi bahu sandaran orang lain yang sedang mengalami kesulitan. Di kala itu, kita harus menjadi pendengar yang baik bagi orang tersebut.

Menurut penelitian, menjadi pendengar yang aktif dapat menciptakan hubungan yang baik antar individu serta menghasilkan luaran yang baik pula bagi pembicara. Maka dari itu, mari kita pelajari cara menjadi pendengar yang aktif.

1. Berikan Perhatian yang Cukup dan Tetap Relax

Dengar dan pahami cerita yang disampaikan. Akan lebih baik apabila kita dapat menciptakan gambaran akan perasaan mengenai cerita yang kita terima. Rasakan bagaimana perasaan apabila kamu menjadi sosok dalam kisah tersebut.

2. Hindari Pemberian Penilaian Akan Cerita yang Diterima

Buka pikiranmu dan kurangi memberikan penilaian akan setiap hal yang kamu anggap salah. Hal ini akan membuatnya merasa bahwa ceritanya diterima olehmu.

Contohnya adalah kurangi penilaian yang setidaknya tidak sesuai dengan moral hidup, seperti bias gender atau sejenisnya. Selain itu, jangan terlalu cepat untuk membentuk kesimpulan ditengah cerita.

3. Hargai Jeda Diam

Ketika cerita berlangsung emosional, pembicara terkadang membutuhkan waktu diam yang nyaman untuk membenahi perasaannya.

Apabila ia merupakan seseorang yang tidak terganggu akan sentuhan, menepuk punggungnya dengan halus dapat menenangkan emosi yang ia rasakan.

4. Jangan Potong Pembicaraan Dengan Saranmu

Tidak semua orang membutuhkan masukan saat sedang menceritakan keluh kesah. Terkadang mereka hanya ingin meluapkan kejadian sakit yang ia alami.

Maka dari itu, cari waktu yang tepat untuk memberikan sudut pandangmu, pemberian masukan yang tidak sesuai dapat memberikan perasaan yang tidak sesuai atau bahkan niat baikmu tidak tersampaikan.

Baca Juga: Kiat Orang Tua untuk Membangun Hubungan Lekat dengan Anak

5. Ajukan Pertanyaan Untuk Memastikan Pemahamanmu

Bertanya mengulang mengenai hal yang sudah kamu terima dapat memberikan kesan bahwa kamu sedang memberikan fokusmu pada pembicara.

Berikan pertanyaan untuk memastikan kamu mendapatkan gambaran yang tepat. Namun, jangan sampai memberikan kesan bahwa kamu tidak memberikan fokus yang cukup kepada pembicara.

6. Berikan Afirmasi Singkat yang Menunjukkan Empati

Afirmasi seperti “Aku setuju denganmu” dapat membuat pembicara merasa dihargai dan melegakan sebagian perasaannya. Berikan dia afirmasi yang tepat untuk membuatnya nyaman.

Selain itu, kalimat seperti “Turut menyesal akan apa yang terjadi padamu. Mari cari tahu kiranya apa yang bisa saya bantu” dapat membantunya untuk terhindar dari perasaan tersesatnya.

7. Sampaikan Gerakan Non-Verbal yang Mendukung

Gerakan non-verbal dapat menghidupkan usahamu untuk menjadi pendengar yang aktif. Menangguk dan senyum merupakan contoh sederhana yang dapat membuatnya merasa dihargai.

Selain itu, jangan lupa untuk jaga kontak mata yang ramah dan tidak mengintimidasi. Hindari gerakan-gerakan yang tidak diperlukan, seperti mengecek smartphone maupun bermain pulpen yang kamu pegang.

Menjadi pendengar aktif merupakan salah satu keahlian yang dapat menjadikan dirimu sebagai orang yang lebih baik. Dengan ini, kamu dapat menghargai orang lain secara lebih baik serta mempelajari sudut pandang orang lain yang beragam.

Selain itu, keahlian ini juga dapat memberikan kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Meditasi Mindfulness: Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

 

Referensi:

1. Kawamichi H, Yoshihara K, Sasaki AT, Sugawara SK, Tanabe HC, Shinohara R, et al. Perceiving active listening activates the reward system and improves the impression of relevant experiences. Soc Neurosci. 2015 Jan 2; 10(1): 16-26.

2. Ohlin B. Active listening: the art of empathetic conversation [internet]. PositivePsychology.com; [published: 2020 Mar 12; cited: 2020 Jul 19]. Available from: https://positivepsychology.com/active-listening/

3. Schilling D. 10 Steps to Active Listening [internet]. Jersey: Forbes; [published: 2012 Nov 9; cited: 2020 Jul 19]. Available from: https://www.forbes.com/sites/womensmedia/2012/11/09/10-steps-to-effective-listening/#216618913891

4. Active Listening Skills: Definition and Examples [internet]. Indeed.com; [published: 2018 Okt 30; cited: 2020 Jul 19]. Available from: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/active-listening-skills

Bagikan artikel ini