Meditasi Mindfulness: Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

07 Oct 2020 • Tips Kesehatan

Meditasi dapat didefinisikan dengan berbagai cara. Definisi sederhananya adalah melatih perhatian untuk mencapai kondisi mental dalam konsentrasi tenang dan emosi positif. Selama ribuan tahun, orang-orang bermeditasi sebagai bagian dari latihan spiritual.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, meditasi telah menjadi cara yang populer untuk membantu mengelola stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan banyak penelitian menemukan bahwa meditasi terbukti efektif. 

Mindfulness adalah salah satu teknik meditasi yang paling populer. Meditasi ini memiliki dua bagian utama: perhatian dan penerimaan.

Ahli psikolog mengungkapkan bahwa meditasi mindfulness dapat mengubah otak dan biologis manusia secara positif serta meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Meditasi mengubah otak dengan mengurangi stres yang berkaitan dengan usia dan berkurangnya saraf di otak sehingga mendukung usia otak yang lebih panjang, plastisitas otak, dan pembelajaran. 

Mindfulness berarti mengetahui secara langsung apa yang terjadi di dalam dan di luar diri kita pada setiap momen. Menjadi lebih sadar akan momen sekarang dapat membantu kita lebih menikmati dunia di sekitar kita dan memahami diri kita dengan lebih baik.

Ketika kita menjadi lebih sadar akan saat ini, kita mulai mengalami hal-hal baru yang tadinya kita anggap remeh. Kesadaran seperti ini juga membantu kita menyadari tanda-tanda stres atau kecemasan dan membantu kita menghadapinya dengan lebih baik.

Meditasi dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental bagi sebagian besar orang. Beberapa penelitian telah menemukan dampak positif meditasi dalam mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.

Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa meditasi dapat membantu untuk mengatasi kecemasan, kecanduan, agresi, bunuh diri, dan depresi.

Studi lain yang membahas dampak meditasi telah mengungkapkan kemungkinan peran meditasi dalam pengobatan penyakit kronis, seperti nyeri kronis, insomnia, dan hipertensi.

Meditasi juga meningkatkan kemampuan memahami informasi yang diterima oeh panca indera dan perbedaan persepsi, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Berikut adalah beberapa cara untuk melatih meditasi:

Bernafas dalam-dalam

Teknik ini bagus untuk pemula karena pernapasan termasuk fungsi tubuh alami. Fokuskan semua perhatian pada pernapasan.

Berkonsentrasilah pada perasaan dan mendengarkan suara menarik dan menghembuskan napas melalui lubang hidung. Bernapaslah dalam dan perlahan. Saat perhatian mulai terbagi, kembalikan fokus ke pernapasan dengan hati-hati.

Amati tubuh

Saat menggunakan teknik ini, fokuskan perhatian pada berbagai bagian tubuh. Sadari berbagai sensasi tubuh, baik itu rasa sakit, kehangatan, ketegangan atau relaksasi.

Ulangi mantra

Mantra dapat dibuat sendiri atau dengan doa menurut agama.

Meditasi dan berjalan

Menggabungkan jalan dengan meditasi adalah cara yang efisien dan sehat untuk bersantai. Teknik ini dapat dilakukan di mana pun, baik di taman, hutan, atau mal.

Berdoa

Berdoa adalah contoh meditasi yang paling dikenal dan paling banyak dipraktikkan

Referensi:

  1. McGee M. Meditation and psychiatry. Psychiatry (Edgmont). 2008;5(1):28-41.
  2. American Psychological Association. Mindfulness meditation: A research-proven way to reduce stress [Internet]. 2019 Oct 30 [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.apa.org/topics/mindfulness-meditation
  3. National Health Service. Mindfulness [Internet]. 2018 Nov 20 [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/mindfulness/
  4. Mayo Clinic. Meditation: A simple, fast way to reduce stress [Internet]. 2020 Apr 20 [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858