Benarkah Bunga Edelweiss Baik Untuk Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Benarkah Bunga Edelweiss Baik Untuk Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan?

Tahukah Anda bahwa Bunga Edelweiss memiliki manfaat bagi kecantikan kulit? Bunga Edelweiss yang merupakan golongan keluarga Bunga Matahari adalah tanaman bunga pegunungan yang cukup langka dan oleh karenanya dilindungi dengan cukup ketat. Bunga Edelweiss ini dikenal karena kecantikan bunganya yang berwarna putih dan berukuran mungil, kelangkaannya, serta daya tahannya yang cukup kuat karena dapat tumbuh subur di daerah pegunungan dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Karakteristiknya yang mekar dalam waktu yang cukup lama juga menjadikan bunga yang satu ini cukup populer karena mampu melambangkan kemuliaan dan keagungan.

Tidak hanya cantik dan indah, Bunga Edelweiss dahulu kala digunakan sebagai obat-obatan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dengan cara dikeringkan, Bunga Edelweiss ini dipotong-potong dan disiapkan dalam larutan alkohol untuk menghasilkan ekstrak. Ekstrak dari Bunga Edelweiss ini kemudian digunakan untuk mengatasi sakit perut dan diare, dan juga untuk mengatasi batuk-batuk dan sakit rematik. Karena khasiatnya, bunga ini bahkan sempat dijuluki sebagai Bunga Sakit Perut (Stomachache flower) di Jerman. Tidak berhenti sampai disitu saja, Bunga Edelweiss juga populer penggunaannya untuk mengatasi tuberkulosis yang biasanya dicampurkan dengan susu panas dan madu. 

Untuk saat ini, ekstrak dari bunga yang berwarna putih mungil ini kerap diambil manfaatnya untuk kecantikan. Lantas apa saja manfaat kecantikan dari Bunga Edelweiss ini? Berikut adalah beberapa di antaranya yang mampu mendatangkan keuntungan bagi kulit wajah.

  1. Melindungi kulit dari paparan radikal bebas

Daun dari tanaman ini terlindungi dengan rambut-rambut halus tipis berwarna putih sebagai salah satu bentuk adaptasi terhadap habitatnya yang berada di dataran tinggi. Pelindung ini sangatlah penting karena mampu melindungi tanaman dari sinar ultraviolet dan juga kondisi lingkungan yang cukup keras. Selain itu, Bunga Edelweiss memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi, yang kaya akan antioksidan. Ekstrak Bunga Edelweiss juga menjadi salah satu komposisi penting dalam tabir surya, karena mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang berbahaya.

  1. Bertindak sebagai anti-aging natural

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Bunga Edelweiss memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, bahkan digadang-gadang kekuatan antioksidannya adalah 2x lebih kuat daripada vitamin C. Hal inilah yang mampu melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, manfaat lainnya dalam hal ini juga dapat berfungsi sebagai pencegah hilangnya kolagen serta memberikan efek kulit yang lebih kencang. Bunga Edelweiss juga telah teruji secara klinis mampu mengurangi timbulnya garis halus dan kerutan setelah dilakukan pemakaian rutin selama 20 hari.

  1. Membuat kulit tampak lebih berkilau

Manfaat Bunga Edelweiss lainnya adalah mampu membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan glowing atau berkilau, bahkan hingga 325% dengan pemakaian rutin selama 40 hari berturut-turut. Tidak hanya itu saja, sel tumbuhan Edelweiss merawat kulit dari dalam, agar bisa tampak lebih berkilau.

Itulah dia beberapa manfaat utama dari Bunga Edelweiss bagi kecantikan yang perlu Anda ketahui. Berbagai manfaat bunga ini sejatinya datang dari sifatnya yang hanya mampu bertumbuh kembang di daerah batu kapur dengan ketinggian sekitar 1500-an meter di atas permukaan laut. 

Habitatnya yang cukup tinggi ini kemudian menyebabkan tanaman Edelweiss kerap menerima paparan sinar matahari, angin, dingin, serta berbagai kondisi cuaca lainnya yang cukup keras. Meskipun begitu, berbagai macam terpaan ini justru menjadikannya salah satu bunga yang memiliki kemampuan memperbaiki dan kemampuan perlindungan dari radikal bebas yang cukup tinggi.

Pada akhirnya, bukan tidak mungkin apabila ekstrak dari Bunga Edelweiss itu sendiri memiliki beragam manfaat. Secara keseluruhan jika disimpulkan, manfaat Bunga Edelweiss di bidang kecantikan dalam hal ini mencakup kemampuan melindungi, memelihara, meregenerasi, dan juga memperbaiki sel kulit wajah Anda. Benar-benar menguntungkan, bukan? 

Lantas bagaimana cara menggunakan Bunga Edelweiss ini? Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, Bunga Edelweiss diambil manfaatnya dengan cara di ekstrak. Ekstrak dari Bunga Edelweiss ini kemudian biasanya digunakan secara langsung ke kulit, baik sebagai bagian produk skincare tertentu, seperti lotion yang mengandung ekstrak edelweiss, maupun dalam bentuk essential oil. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

OGEE. The Anti-Aging Power of Edelweiss Flowers. 

Cho, Won Kyong, et al. 2020. Anti-aging effects of leontopodium alpinum (Edelweiss) callus culture extract through transcriptome profiling. Genes (Basel). 11 (2):230. doi: 10.3390/genes11020230

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi