Bantuan

Mudah dan Efektif, Begini Cara Mengecilkan Paha Secara Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Mudah dan Efektif, Begini Cara Mengecilkan Paha Secara Alami

Sudah sejak lama, banyak yang mencari tahu bagaimana cara mengecilkan paha secara alami. Paha yang terlihat besar dengan tumpukan lemak berlebih dapat mengganggu penampilan dan akan sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, segala cara pun ditempuh agar paha yang dimiliki tampak menawan dan ideal.

Perlu diketahui bahwa paha yang tampak besar sejatinya terjadi karena adanya penumpukan lemak. Untuk itu, kunci dari cara mengecilkan paha secara alami adalah dengan mengatasi penumpukan lemak pada daerah paha itu sendiri. 

Berkaitan dengan itu, sejatinya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar lemak pada bagian paha dapat terbakar. Namun penting untuk diingat bahwa untuk menurunkan lemak pada tubuh (terlepas dari bagiannya), Anda perlu menurunkan kadar lemak dalam tubuh secara keseluruhan. 

Hanya dengan cara ini, maka penumpukan lemak pada paha dapat menyusut. Adapun beberapa hal yang dapat menurunkan penumpukan lemak di tubuh adalah sebagai berikut. 

  1. Latihan kekuatan

Cara mengecilkan paha secara alami yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu melakukan latihan kekuatan. Pada dasarnya, latihan kekuatan merupakan olahraga yang dapat membangun daya tahan dan kekuatan otot. Apabila Anda melakukan latihan kekuatan maka dapat melatih otot secara keseluruhan sehingga membakar kalori sehingga dan mendorong penurunan berat badan.

  1. Mengatur pola makan

Penumpukan lemak pada bagian paha tubuh Anda, akan sulit dikurangi bahkan dengan olahraga rutin sekalipun, apabila pola makan Anda masih berantakan atau dalam artian masih sembarangan dan berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan menjalani diet rendah karbohidrat, mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah serta makanan kaya protein dan lemak sehat

  1. Rutin olahraga kardio

Rutin olahraga kardio merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan paha. Dengan melakukan olahraga kardio maka akan membuat tubuh bergerak secara keseluruhan dan terjadi pembakaran kalori termasuk juga paha. Beberapa olahraga  kardio yang bisa Anda lakukan, yaitu berlari, naik turun tangga, squat jump atau berenang. 

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan: Kardio atau Muscle Training?

  1. Defisit kalori

Melakukan defisit kalori sejatinya adalah kunci dari berkurangnya penumpukan lemak di seluruh tubuh, termasuk bagian paha. Untuk melakukannya pun sejatinya cukup mudah saja. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sedikit lebih kecil dari kebutuhan harian. Cara mengecilkan paha ini terbilang cukup efektif dan oleh karenanya tidak bisa Anda lewatkan. 

Baca Juga: Hitung Kebutuhan Kalori Harian untuk Program Diet

  1. Kombinasikan gerakan squat dan lunge

Selain rutin melakukan latihan kekuatan dan olahraga kardio yang dapat membakar lemak, Anda juga bisa mengombinasikan gerakan squat dan lunge ke dalam latihan rutin Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba berbagai macam variasi gerakan squat dan lunge secara bergantian setiap harinya agar tidak merasa cepat lelah. 

  1. Cukupi cairan tubuh

Pada penjelasan sebelumnya Anda telah mengetahui bahwa cara mengecilkan paha sejatinya tidak hanya berkaitan dengan pengaturan pola saja, akan tetapi juga harus dibarengi dengan olahraga yang rutin. Rutinitas olahraga yang mengonsumsi banyak cairan tubuh ini akan membuat Anda lebih mudah dehidrasi. Untuk itu, terus cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya. Selain itu, cairan tubuh yang cukup juga akan membantu melancarkan buang air besar dan produksi urin. Tidak hanya itu, mencukupi cairan tubuh juga penting untuk mengurangi lemak tubuh termasuk lemak paha. 

  1. Terus konsisten

Konsistensi adalah resep terakhir dari cara mengecilkan paha yang tidak bisa disepelekan. Tidak peduli seberapa keras Anda berolahraga, seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran, tetapi apabila tidak dibarengi dengan konsistensi, maka tujuan yang ingin dicapai akan sulit tercapai. Hasil yang Anda harapkan mungkin tidak akan segera terlihat, tetapi teruslah berusaha dan bersabar karena hasil yang terbaik membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari yang Anda bayangkan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengecilkan paha secara alami yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda penasaran dengan alternatif mengecilkan paha lainnya yang dapat menghilangkan lemak pada paha dengan cepat maka operasi sedot lemak adalah jawabannya. Operasi sedot lemak dalam hal ini tidak bisa dikatakan sebagai cara mengecilkan paha secara alami karena merupakan salah satu prosedur medis yang membutuhkan bantuan tenaga dokter dalam menjalankannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Bellefonds, Colleen De & Mallory Creveling. 2020. 14 Ways To Lose Thigh Fat And Tone Your Legs. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a19919232/lose-thigh-fat/
  2. Lindberg, Sara. 2018. 10 Ways to Tone and Strengthen Your Thighs. https://www.healthline.com/health/how-to-get-smaller-thighs
  3. E-Times. 2020. 7 easy ways to reduce thigh fat. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/weight-loss/7-easy-ways-to-reduce-thigh-fat/photostory/75342472.cms?picid=75342501
  4. Cherney, Kristeen. 2020. How to Lose Leg Fat. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-to-lose-leg-fat
Bagikan artikel ini