Terapkan 6 Tips Merawat Kesehatan Mata, Yuk!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 10 Dec 2020

Bagikan

6 Cara Merawat Mata Yang Mudah Dilakukan

Ada beberapa cara merawat mata yang perlu kita ketahui. Penglihatan merupakan salah satu indera yang paling penting kita membutuhkannya untuk tetap bisa hidup mandiri, maupun menikmati pemandangan yang indah. Namun, mengapresiasinya saja tidak akan membuat indera penglihatan kita tetap sehat.

Kesehatan mata dan pandangan kita harus senantiasa dirawat dan dijaga dari penyakit-penyakit seperti glaukoma, penyakit mata terkait diabetes, katarak, mata kering, dan degenerasi makula akibat lanjut usia.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja yang bisa Anda lakukan?

Artikel ini akan mengulas lebih lanjut enam tips yang dapat Anda terapkan untuk melindungi penglihatan Anda dan membuat Anda dapat menikmati pemandangan yang indah untuk waktu yang lebih lama.

1. Cek Mata Anda Secara Berkala

Mengecek mata Anda di dokter mata terdekat dapat membantu Anda mendeteksi kondisi-kondisi yang Anda tidak sadari. Hal ini sering terjadi karena banyak masalah mata yang tidak menunjukkan gejala.

Meskipun Anda merasa tidak ada yang salah pada mata Anda, banyak dokter mata yang merekomendasikan pengecekan mata yang komprehensif setiap dua tahun sekali sebelum usia 70 dan setiap tahun sekali pada usia 70 ke atas.

2. Kontrol Kesehatan Anda

Penyakit kronik seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi dapat merusak penglihatan Anda. Sebagai contoh, orang dengan diabetes yang tidak mengontrol gula darahnya dapat mengalami diabetik retinopati.

Diabetik retinopati adalah adanya area perdarahan dan pembengkakan di retina, yaitu bagian mata yang menangkap cahaya dan mengirimkan sinyalnya ke otak.

Area-area perdarahan tersebut dapat berasal dari pembuluh darah yang tidak normal dan dapat menyebabkan luka pada jaringan tersebut, sehingga dapat berujung pada lepasnya retina dan kebutaan permanen.

Jika Anda memiliki kondisi kronik, pastikan bahwa Anda mengontrolnya dengan baik sesuai anjuran dokter,

3. Makan Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung dan pembuluh darah Anda dapat membantu melindungi mata Anda.

Biasakan pola makan yang tidak banyak mengandung garam dan lemak jenuh, memiliki protein dan serat yang cukup, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian,serta banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar.

Makanan yang kaya akan antioksidan, seperti daun hijau, stroberi, blueberry, dan walnut, dapat membantu menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula saat lanjut usia (age-related macular degeneration, AMD), yaitu kondisi di mana penglihatan berkurang pada bagian mata yang mengontrol pusat penglihatan.

Baca Juga: Apakah Benar Wortel Dapat Memperbaiki Fungsi Mata?

4. Berhenti Merokok

Setelah genetik, rokok merupakan faktor risiko terbesar untuk AMD. Merokok juga mempercepat keparahan katarak.

5. Gunakan Tetes Mata

Tetes mata dapat menghilangkan mata kering. Tetesan ini juga dapat membuat penglihatan Anda lebih jelas karena mata Anda tidak lagi kering. Gunakan tetes mata tanpa pengawet sesering yang Anda butuhkan.

Namun, apabila tetes mata Anda mengandung pengawet, atau mengandung embel-embel “menghilangkan mata merah”, jangan gunakan lebih dari 6x per hari.

6. Pakai Pelindung Mata

Terdapat dua jenis kacamata yang dapat melindungi mata Anda, yaitu (1) kacamata hitam yang melindungi dari sinar ultraviolet (UV) dan (2) kacamata pengaman saat Anda bekerja.

Kacamata hitam dapat menyaring sinar UV yang dapat meningkatkan risiko pembentukan katarak dan kanker pada kelopak mata. Sementara itu, kacamata pengaman perlu dipakai untuk mencegah cedera saat Anda sedang mengerjakan pekerjaan di sekitar rumah.

Banyak kasus kornea yang cedera akibat berkebun, bekerja di luar, atau mengebor, pekerjaan-pekerjaan ini dapat membuat sisa-sisa besi ataupun kayu memasuki mata.

Yuk lakukan enam langkah tersebut dan jaga kesehatan mata kita!

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kaca Mata Hitam Untuk Menangkal Bahaya Sinar UV Bagi Mata

 

Referensi:

6 ways to improve and protect your vision [Internet]. Harvard: Harvard Health Letter; 2018 Jul [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/6-ways-to-improve-and-protect-your-vision

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi