Mengenal Seluk Beluk Jaringan Otot dan Fungsinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Otot Beserta Fungsinya

Mengetahui organ tubuh kita sendiri, termasuk mengenai jaringan otot dan fungsinya adalah suatu hal yang tidak bisa dilewatkan. Bagaimana tidak, terdapat sekitar 600 jenis otot dalam jaringan otot manusia, dan hal ini menjadi penyumbang setengah dari berat badan Anda. 

Memiliki fungsi yang sangat penting, jaringan otot ini pada umumnya menempel pada tulang dan sangat membantu dalam pergerakan Anda sehari-hari. Tidak hanya itu saja, jaringan otot juga menjadi bagian penting dari beberapa organ terpenting dalam tubuh, seperti jantung. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak penjelasan mengenai seluk beluk jaringan otot dan fungsinya berikut ini. 

Pengertian Jaringan Otot

Jaringan otot dapat diartikan sebagai jaringan yang dapat melangsungkan sebuah kerja mekanik dengan cara kontraksi dan juga relaksasi serabutnya. Otot sendiri dalam hal ini dapat diartikan sebagai jaringan yang dibina untuk membantu pergerakan bagian tubuh makhluk hidup. Pada akhirnya, jaringan otot pada manusia dapat pula diartikan sebagai sebuah jaringan yang dapat membantu pergerakan tubuh manusia.

Jenis Jaringan Otot

  1. Otot Polos

Otot polos merupakan jenis otot yang terletak pada saluran organ-organ penting dalam tubuh manusia yang dapat berkontraksi di luar kehendak, seperti pada saluran pencernaan, dinding pembuluh darah, dinding rahim, saluran kelamin, hingga saluran pernapasan. Disebut pula sebagai otot tak sadar, otot polos ini dapat bekerja diluar kondisi sadar, tanpa harus diperintahkan oleh otak. 

Otot polos ini tampak dengan ciri-ciri yakni memiliki bentuk seperti kumparan, di mana pada kedua ujungnya berbentuk runcing, memiliki 1 inti sel pada bagian tengahnya, hingga bekerja dengan gerakan yang lambat, dan tidak mudah merasakan lelah.

  1. Otot Lurik

Sering juga disebut sebagai otot rangka, jaringan otot lurik adalah jaringan otot yang menempel pada tulang, dan memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu pergerakan tubuh manusia. Bahkan, otot inilah yang menyumbang sekitar 40% dari berat badan Anda. 

Otot lurik tersusun dari sel-sel yang panjang dan tidak bercabang atau kerap disebut sebagai serabut otot (muscle fiber). Serabut otot ini merupakan sel-sel multiseluler (memiliki banyak inti) yang terletak pada bagian pinggir sel. Tidak seperti otot polos, otot lurik ini tidak bergerak secara otomatis, melainkan harus diberikan instruksi dalam kondisi sadar. 

  1. Otot Jantung

Sebagaimana namanya, jaringan otot jantung ini terletak pada organ jantung manusia, dan memiliki peranan dalam memompa darah ke jantung atau dari jantung itu sendiri. Karena itu, cara kerja otot jantung ini adalah otomatis dan tidak membutuhkan kesadaran atau instruksi. 

Otot jantung menjadi jaringan utama dari dinding jantung itu sendiri, dan dapat membuat jantung berkontraksi dengan cara menciptakan impuls listrik tertentu. Impuls listrik ini akan muncul ketika Anda merasa takut dan ditandai dengan denyut jantung yang meningkat.

Baca Juga: Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

Fungsi Jaringan Otot

  1. Mengatur Postur 

Fungsi jaringan otot di dalam tubuh manusia yaitu mengatur postur tubuh. Postur tubuh yang tepat berpacu pada kelenturan dan kekuatan otot. Apabila otot leher kaku, otot pinggul kaku dan otot punggung lemah, maka akan merusak postur tubuh. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri sendi dan lainnya. 

  1. Melakukan Gerakan

Fungsi jaringan otot yang selanjut yaitu melakukan gerakan. Hal ini karena otot rangka melekat pada tulang dan dikendalikan oleh sistem saraf. Oleh karena itu, ketika Anda ingin bergerak, maka akan melibatkan otot rangka. Otot angka mengikuti gerakan yang Anda inginkan. 

  1. Menjaga Keseimbangan

Kesimbangan yang Anda miliki juga ada berkat fungsi dari otot. Di dalam sistem otot ada yang namanya otot inti. Otot inti ini meliputi, otot perut, otot panggul, dan otot punggung. Semakin kuat otot inti Anda, maka keseimbangan Anda akan semakin baik. 

  1. Membantu Peredaran darah

Peredaran darah didalam tubuh manusia dibantu oleh otot. Hal ini karena terdapat otot jantung dan otot polos yang berfungsi untuk membantu jantung dapat berdetak dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. 

Demikianlah penjelasan mengenai jaringan otot dan fungsinya bagi tubuh manusia. Karena memiliki peranan yang cukup penting, terus jaga kesehatan jaringan otot ini dengan rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Ingin Merasa Pegal Dan Nyeri? Ini Cara Menjaga Kesehatan Otot

 

Sumber:

1. 3 Types of Muscle Tissue: The Function of Skeletal, Cardiac, and Smooth Muscle (2021)

2. Muscular System. (2021)

3. Your Muscles (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi