Begini Cara Mengeluarkan Keringat Saat Demam

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Begini Cara Mengeluarkan Keringat Saat Demam

Ketika demam, keluarnya keringat seringkali dipahami sebagai penanda suhu tubuh telah menurun. Namun, apakah Anda tahu cara mengeluarkan keringat saat demam?

Selain itu, apakah berkeringat saat demam membantu suhu tubuh cepat turun? Jangan khawatir, berikut ini akan dibahas mengenai cara mengeluarkan keringat saat demam dan apakah benar hal tersebut bertanda baik

Berkeringat Saat Demam Pertanda Baik?

Benarkan berkeringat saat demam merupakan pertanda baik? Keringat pada dasarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk menurunkan suhunya secara alami. Oleh karena itu, apabila Anda berkeringat ketika demam, dapat diartikan bahwa pada saat itu tubuh Anda sedang berusaha untuk mengembalikan suhu normal, agar fungsi organ tetap berjalan dengan baik baik.

Mengapa tubuh mengembalikan suhu tubuh? Hal ini karena, jika suhu tubuh terlalu berlebihan, maka akan berisiko mengalami kondisi yang disebut dengan heat stroke atau sengatan panas. Pada umumnya masalah ini terjadi apabila suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius atau lebih.

Ketika tubuh mulai berkeringat, berarti hal tersebut merupakan respon untuk menurunkan suhu tubuh yang sudah cukup tinggi. Akan tetapi, jika demam yang Anda alami diakibatkan infeksi virus atau bakteri, berkeringat tidak dapat dijadikan tanda bahwa infeksi tersebut telah sembuh.

Hal ini karena, keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak membuat virus dan bakteri hilang dari dalam tubuh, sehingga Anda perlu penanganan medis.

Cara Mengeluarkan Keringat Saat Demam

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan keringat saat demam? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Berendam Dengan Air Hangat

Cara mengeluarkan keringat saat demam yang pertama yaitu, berendam dengan air hangat. Hal ini karena, paparan uap panas yang dihasilkan dari air hangat akan membantu menurunkan suhu tubuh Anda secara bertahap. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi terasa lebih nyaman.

Apabila Anda mengalami flu dan demam pada waktu yang bersamaan, berendam air panas dapat Anda lakukan untuk melegakan hidung yang tersumbat. Uap panas yang Anda hirup selama berendam akan membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran napas.

Baca Juga: Ketahui Cara Cepat Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

  1. Berolahraga

Cara mengeluarkan keringat yang selanjutnya yaitu dengan berolahraga. Mungkin Anda berpikir bahwa orang yang sedang sakit pantang melakukan olahraga. Namun pada faktanya, berolahraga tidak hanya membuat Anda berkeringat, justru dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Sistem imun yang meningkat ini  akan membantu mempercepat proses pemulihan Anda dari demam. Walaupun begitu, olahraga saat sakit harus dilakukan dengan hati-hati karena t tubuh Anda sedang tidak bugar seperti biasanya. Jadi, dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.Cukup melakukan olahraga yang ringan seperti, yoga, pilates, atau jalan santai. 

  1. Makan Makanan Hangat Dan Pedas

Makan makanan hangat dan pedas juga dapat Anda lakukan sebagai cara mengeluarkan keringat saat demam. Apabila Anda mengonsumsi makanan pedas dan hangat dengan porsi yang pas, makanan ini dapat membantu Anda menurunkan suhu tubuh.

Hal ini karena, kandungan capsaicin di dalam cabai dapat mengirimkan sinyal kepada otak jika tubuh Anda sudah terlalu panas. Kemudian membuat tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya dan mengembalikan suhu tubuh seperti semula.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan pedas dan hangat juga dapat mengatasi masalah flu dan demam yang terjadi bersamaan. Hal ini karena makanan pedas dapat memicu air di dalam hidung untuk keluar sehingga membuat pernapasan menjadi lancar. 

  1. Minum Air 

Cara mengeluarkan keringat saat demam yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi banyak air. Hal ini karena, ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka berpotensi menjadi salah satu alasan suhu tubuh Anda tinggi.

Dehidrasi akan membuat kemampuan tubuh untuk menurunkan serta menetralkan suhu tubuh menjadi berkurang. Dengan minum air, tubuh Anda akan kembali terhidrasi serta suhu tubuh akan secara perlahan kembali seperti semula.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara mengeluarkan keringat saat demam dan kebenaran keringat sebagai tanda demam telah sembuh. Apabila demam tidak kunjung turun dalam beberapa hari, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seringkali Diabaikan, Berikut Ini Banyak Kebutuhan Air Per Hari Seseorang

 

Sumber:

1. Schulman, Jill Seladi. Is It Possible to Sweat Out a Cold?. (2019)

2. Is it OK to exercise if I have a cold?

3. Shortsleeve, Cassie. This Is Why Sweating Makes You Feel A Little Better When You Have A Cold. (2019)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi