Mengapa Manusia Memerlukan Darah? Ketahui Fungsi Darah Berikut

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Mengapa Manusia Memerlukan Darah? Ketahui Fungsi Darah Berikut

Pernahkah Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi darah bagi tubuh manusia? Tidak dapat disangkal, darah merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh manusia. Namun, seberapa penting keberadaan darah dalam tubuh ini dan sebenarnya apa fungsi dari darah itu sendiri? Simak terus penjelasannya pada pembahasan mengenai fungsi darah bagi tubuh manusia berikut. Namun sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu darah.

Baca Juga: Punya Peran Penting di Dalam Tubuh, Apa Itu Pembuluh Darah Arteri?

Overview Darah

Darah pada dasarnya merupakan ikatan jaringan yang terdapat di dalam sistem sirkulasi tubuh. Darah terdiri dari sel-sel dan juga cairan yang dialirkan ke seluruh bagian tubuh manusia. Bentuk dari cairan darah itu sendiri pada umumnya berbentuk lebih kental dibanding air dan memiliki bau yang khas. 

Untuk warnanya, secara keseluruhan darah manusia tampak berwarna merah. Warna merah itu sendiri dapat bervariasi, bisa tampak merah yang terang hingga merah kebiruan. Perbedaan warna darah ini datang dari kandungan oksigen yang dibawa oleh sel merah darah. 

Tubuh manusia sehat memiliki jumlah darah tidak kurang dari 5 liter dan darah ini akan selalu mengalir di dalam pembuluh darah. Adapun volume darah yang beredar dalam tubuh ini diperkirakan mencapai 8 persen dari total berat badan seseorang. Biasanya, volume darah dalam tubuh ini lebih banyak pada laki-laki dibanding wanita.

Baca Juga: Berikut Adalah Gangguan yang Dapat Terjadi pada Pembuluh Darah

Fungsi Darah

Bagi tubuh manusia, darah memiliki peranan yang sangat penting. Dalam hal ini, darah sendiri menjadi komponen vital yang dapat menjaga tubuh manusia. Ketika kekurangan darah, tubuh manusia akan menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit. Selain itu, dapat dipastikan bahwa oksigen dan sari makanan yang menjadi sumber energi, akan sulit diedarkan ke seluruh tubuh tanpa adanya darah. 

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa fungsi penting darah bagi tubuh manusia yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Darah Rendah?

  1. Mengangkut oksigen

Salah satu fungsi utama darah bagi tubuh manusia adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dalam hal ini, udara yang mengandung oksigen akan melalui serangkaian proses dan masuk ke pembuluh darah kapiler. Darah ini kemudian dialirkan oleh pembuluh darah kapiler tersebut ke seluruh bagian tubuh, agar dapat digunakan untuk berfungsi dengan normal.

  1. Menyebarkan sari makanan

Sama pentingnya seperti oksigen, sari makanan dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Proses penyebaran sari makanan ke seluruh tubuh ini dilakukan oleh darah dan terjadi setelah proses pencernaan selesai. Selain itu, sari makanan juga akan disaring terlebih dahulu dari racun dan zat berbahaya lainnya. Apabila telah aman, sari makanan akan disebarkan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi. 

  1. Melawan kuman dan bakteri

Selain kedua fungsi utama di atas, darah ternyata memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah pentingnya. Fungsi darah dalam hal ini adalah untuk melawan kuman dan bakteri dan melibatkan peran sel darah putih atau leukosit. Dengan ini, bakteri dan kuman yang mungkin masuk ke dalam tubuh dapat dihambat.

  1. Menyembuhkan luka

Fungsi darah yang juga penting bagi tubuh manusia berikutnya adalah dapat menyembuhkan luka. Penyembuhan luka dalam hal ini merupakan tugas dari trombosit yang mampu membentuk darah agar menjadi beku. Setelah membeku, trombosit yang ada pada kulit ari akan berusaha untuk menutupi luka secara perlahan. Untuk itulah, kondisi kurangnya jumlah trombosit dalam tubuh akan membuat luka sulit sembuh.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Donor Darah yang Baik untuk Kesehatan

  1. Mengatur suhu tubuh

Karena mampu menyerap dan menyalurkan panas ke seluruh tubuh, darah menjadi penting bagi tubuh manusia dalam membantu homeostasis dengan cara melepaskan kehangatan. Homeostasis sendiri merupakan proses pengaturan tubuh melalui kadar air, suhu tubuh, maupun kadar karbon dioksida. Pada saat ini, pembuluh darah akan berkontraksi dan mengembang ketika berinteraksi dengan makhluk asing seperti bakteri.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi darah yang penting bagi tubuh manusia. Selain fungsi yang telah dijelaskan di atas, darah juga dapat membawa sisa oksidasi tubuh, membuang zat sisa metabolisme, membawa air ke seluruh tubuh, hingga menjaga kadar asam basa cairan dalam tubuh. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. American Society of Hematology. Blood Basics. 
  2. Visible Body. 2021. Functions of the Blood: 8 Facts about Blood. 
  3. Felman, Adam. 2021. How does blood work, and what problems can occur?
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi