Mengenal Seluk Beluk Trombosit Normal dan Cara Menjaganya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Dec 2021

Bagikan

Ini Nilai Trombosit Normal dan Cara Menjaganya

Tahukah Anda dalam tubuh manusia, trombosit bisa ditemukan di dalam aliran darah dan juga limpa. Trombosit normal dalam tubuh adalah sekitar 150.000 sampai 400.000 trombosit per mikroliter darah. Trombosit yang merupakan sel darah ini tentunya tidak berwarna dan mempunyai siklus hidup yang hanya bertahan selama 10 hari. Tubuh dalam Anda akan meregenerasi persediaan trombosit dengan cara melahirkan trombosit baru di sumsum tulang.

Pada saat terjadi luka dalam maupun luar tubuh, trombosit akan menggumpal yang nantinya akan menghentikan pendarahan. Setelah pendarahan akhirnya berhenti maka luka akan dengan cepat pulih dan sembuh. Bila trombosit Anda tidak mencukupi kadar normal yang seharusnya dimiliki maka tubuh Anda akan mengalami kesulitan untuk memberhentikan pendarahan saat Anda terluka.

Baca Juga: Petunjuk Kondisi Kesehatan, Apa Itu Agregasi Trombosit?

Cara Menjaga Kestabilan Trombosit

Jika Anda mengetahui bahwa trombosit mempunya fungsi yang begitu penting, tentunya Anda harus pastikan agar kadar trombosit selalu berada pada tingkat normal, jangan sampai kadarnya mengalami penurunan yang sangat rendah. Dengan mengatur pola makan, Anda mampu mengurangi terjadinya penurunan kadar trombosit, serta mampu meningkatkan kembali kadar trombosit yang sudah turun. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar trombosit normal.

  1. Makanan Kaya Folat 

Jika Anda ingin kadar trombosit normal maka Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan folat sebagai salah satu cara untuk mengatasi trombosit rendah. Folat atau yang sering dikenal dengan vitamin B esensial sangat dibutuhkan oleh sel-sel darah, salah satunya termasuk trombosit. 

Ada beberapa makanan yang kaya akan folat dan tentunya bisa Anda jadikan menu acuan makanan untuk setiap harinya agar kadar trombosit normal. Makanan kaya akan folat tersebut antara lain seperti nasi, ragi, hati sapi, sayuran hijau layaknya bayam, dan kacang polong. Beberapa rekomendasi makanan yang kaya akan folat ini sangat dianjurkan sekali untuk ibu hamil, yang pastinya dapat mengalami penurunan trombosit pada saat hamil.

  1. Makanan Kaya Vitamin B12

Salah satu penyebab kadar trombosit normal menjadi rendah ialah kurangnya kadar vitamin B12 di dalam tubuh. Untuk menghindari kondisi ini sebaiknya Anda pastikan vitamin B12 di dalam tubuh Anda tercukupi, yakni dengan memenuhi kebutuhan B12 sekitar 2.4 mikrogram setiap harinya. Vitamin B12 ini bisa Anda peroleh dari beberapa jenis makanan seperti telur, daging dan hati sapi, telur, dan ikan salah satunya seperti tuna dan salmon.

  1. Makanan Kaya Vitamin C

Salah satu rekomendasi makanan lainnya ialah makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kekebalan dalam tubuh. Jika kebutuhan vitamin C dalam tubuh tercukupi maka akan membuat kinerja trombosit bekerja dengan baik, serta meningkatkan daya tubuh untuk menyerap zat besi, nutrisi juga merupakan salah satu hal penting bagi trombosit. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C antaral lain adalah anggur, jeruk, stroberi, kiwi, dan brokoli.

  1. Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D termasuk dalam peranan besar dalam memastikan kerja pada sel tulang sumsum, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan trombosit dan juga sel darah lainnya. Matahari juga merupakan asupan yang mengandung vitamin D. Selain melalui cahaya sinar matahari, Anda juga bisa mengonsumsi makanan minyak hati ikan, kuning telur, dan ikan berlemak.

  1. Makanan Kaya Vitamin K 

Rekomendasi makanan lainnya yang terakhir ialah makanan kaya akan vitamin K. Vitamin K mempunyai keberadaan yang sangatlah penting bagi proses pembekuan darah dan Kesehatan untuk tulang. Aturan mengonsumsi vitamin K untuk laki-laki dewasa kurang lebih 120 mikrogram per harinya dan untuk wanita dewasa ialah sebanyak 90 mikrogram. Ada pun beberapa makanan yang kaya akan vitamin K adalah brokoli, labu, kedelai, bayam, dan kale.

Trombosit mempunyai peranan penting dalam sebuah proses pembekuan yang terjadi dalam darah pada saat pembuluh darah terluka. Oleh karena itu diperlukan trombosit normal untuk mengurangi risiko tersebut. Dengan mengonsumsi beberapa rekomendasi makanan diatas, kita bisa memperoleh kecukupan nutrisi untuk mendukung kinerja trombosit.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber: 

Oneblood: What is a Normal Platelet Count? 2021. 

 

Scott, Julie. What Is a Normal Platelet Count? 2021.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi