Bantuan

Ini 5 Manfaat Donor Darah yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Nov 2021

Bagikan

Ini 5 Manfaat Donor Darah yang Baik untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bahwa manfaat donor darah bagi tubuh bisa membuat Anda lebih sehat? Mendonorkan darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain dan juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi pendonornya. Lantas apa saja manfaat donor darah bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan? Simak terus penjelasan di bawah ini. 

Manfaat donor darah bagi tubuh

  1. Mendeteksi penyakit

Manfaat donor darah bagi tubuh yang pertama yaitu dapat mendeteksi berbagai penyakit. Sebelum Anda menjalani donor darah, terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan dasar yang meliputi berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, nadi dan juga kadar hemoglobin. Selain itu, pendonor juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi berbagai penyakit menular seperti hepatitis, sifilis dan malaria. Tentunya pemeriksaan ini berguna untuk pendonor agar mendeteksi penyakit sedini mungkin. 

Baca Juga: Apa Saja Prosedur Donor Darah Yang Perlu Anda Ikuti?

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat donor darah bagi tubuh yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena donor darah yang dilakukan sebanyak 450 ml, dapat membakar kalori sebanyak 650. Hal inilah yang membuat donor darah dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan ideal akan menjauhkan Anda dari risiko obesitas. Walaupun begitu, donor darah tidak dapat dilakukan secara berlebihan, karena hanya akan membahayakan diri Anda sendiri. 

  1. Menurunkan risiko kanker

Manfaat donor darah juga dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena ketika Anda mendonorkan darah, maka zat besi dalam tubuh akan berkurang. Zat besi yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya kerusakan radikal bebas dan meningkatkan risiko kanker. Donor darah dalam hal ini berguna untuk menjaga simpanan zat besi dalam tubuh dalam tingkat yang aman dan sehat. 

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Donor darah yang dilakukan secara rutin bermanfaat untuk menurunkan kekentalan darah. Apabila darah yang mengalir di dalam tubuh semakin kental, maka akan menimbulkan terjadinya gesekan antara pembuluh darah dan juga darah. Gesekan ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah jurnal mengatakan bahwa donor darah mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 38%, bahkan menurunkan risiko serangan jantung sebesar 88%. 

  1. Menyehatkan psikologis

Manfaat donor darah juga dapat menyehatkan secara psikologis. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mendonorkan darah untuk tujuan menolong orang lain akan memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Hal ini dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri ataupun tidak mendonorkan darahnya. Selain itu, mendonorkan darah untuk tujuan menolong orang lain akan membuat Anda merasakan kepuasan secara psikologis

Syarat mendonorkan darah

Apabila Anda tertarik untuk mendonorkan darah, maka Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya sebagai berikut

  1. Telah berusia 17 tahun dan tidak lebih dari 65 tahun. 

  2. Memiliki berat badan di atas 45 kg. 

  3. Dalam keadaan sehat jasmani dan juga rohani. 

  4. Memiliki tekanan darah sistolik 110 hingga 170 dan diastolik 70 hingga 100.

  5. Jarak setelah donor darah sebelumnya selama 12 minggu atau 3 bulan. 

  6. Memiliki kadar hemoglobin di rentang 12.5 g hingga 17 g. 

Selain harus memenuhi beberapa persyaratan tersebut, Anda juga perlu melakukan beberapa persiapan agar mendapatkan manfaat donor darah bagi tubuh secara maksimal. Lantas, apa saja persiapan yang perlu dilakukan?

  1. Anda perlu mencukupi kebutuhan air sebelum melakukan donor darah agar terhindar dari dehidrasi ketika menjalani donor darah.

  2. Anda perlu mencukupi waktu tidur sebelum melakukan donor darah setidaknya selama 7 hingga 9 jam.

  3. Anda perlu mengonsumsi makanan minimal 3-4 jam sebelum melakukan donor darah. 

  4. Anda perlu menghindari olahraga ataupun aktivitas berat sebelum melakukan donor darah, pastikan Anda dalam keadaan yang tidak lelah pada saat melakukan donor darah. 

Nah, itulah beberapa manfaat donor darah bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan. Apabila Anda mengalami beberapa gejala seperti mual, pusing setelah mendonorkan ataupun selama donor darah berjalan, maka beri tahu petugas donor. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Syarat Donor Darah PMI Yang Harus Anda Penuhi

 

Sumber:
Health Benefits Of Donating Blood (2018) 

Nall, Rachel. Advantages and disadvantages of donating blood (2020) 

 

Who can give blood. 

Bagikan artikel ini