Mari Ketahui Fungsi Ginjal, Salah Satu Organ Penting dalam Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Mari Ketahui Fungsi Ginjal, Salah Satu Organ Penting dalam Tubuh

Sudahkah Anda tahu apa saja fungsi ginjal? Dalam tubuh manusia terdapat dua ginjal yang mendukung berbagai sistem dalam tubuh berjalan dengan baik. Oleh karena itu, fungsi ginjal dalam tubuh manusia sangatlah penting. Lantas, apa saja fungsi ginjal dalam tubuh manusia?

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit Berbahaya

Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berada di dekat bagian tengah punggung kedua sisi tulang belakang dan di bawah tulang rusuk bagian belakang. Salah satu fungsi ginjal yaitu menyaring darah kurang lebih 200 liter setiap harinya. Namun fungsi ginjal tidak berhenti di situ saja. Berikut ini akan dijelaskan berbagai fungsi ginjal yang sangat penting dalam tubuh manusia. 

  1. Menyaring darah

Sudah sempat disinggung sebelumnya, salah satu fungsi ginjal yaitu menyaring darah. Proses penyaringan ini akan  menghasilkan zat sisa dan akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine. 

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Fungsi ginjal lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu menyeimbangkan cairan tubuh. Ginjal berperan untuk memastikan bahwa seluruh jaringan yang ada di dalam tubuh harus menerima cairan untuk mendukung berbagai jaringan tersebut bekerja dengan baik. 

  1. Membuang limbah

Tahukah Anda, ginjal juga berfungsi untuk membuang limbah seperti zat beracun serta garam yang berlebih. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk membuang urea atau limbah yang mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein. Ketika ginjal mengalami gangguan, maka zat beracun akan menumpuk dan menyebabkan berbagai penyakit. 

  1. Mengatur sel darah merah

Fungsi ginjal yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mengatur sel darah merah. Hal ini terjadi ketika Anda kekurangan oksigen, sehingga ginjal akan menghasilkan hormon eritropoietin. Hormon ini berperan dalam merangsang produksi sel darah merah untuk membawa oksigen. Pada saat kadar oksigen sudah normal, maka hormon yang dikeluarkan oleh ginjal tersebut akan berhenti diproduksi. 

  1. Mengatur tekanan darah

Ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah yang berasal dari enzim renin yang diproduksi oleh ginjal. Enzim ini berperan dalam mengatur tekanan darah dan garam di dalam darah. Hal ini diperlukan ginjal karena untuk menyaring darah diperlukan tekanan dan aliran darah yang normal. 

  1. Mengaktifkan vitamin D

Fungsi ginjal yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu mengaktifkan vitamin D. Vitamin D itu sendiri merupakan vitamin yang sangat diperlukan untuk mendapat kesehatan tulang dan juga menyeimbangkan zat kimia di dalam tubuh.

Baca Juga: Kencing Manis Jadi Gagal Ginjal, Kok Bisa?

Menjaga Kesehatan GInjal

Melihat betapa pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh, sudah sewajarnya Anda perlu menjaga kesehatannya. Akan tetapi, mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Berikut penjelasannya. 

  1. Cukupi asupan cairan

Cara yang bisa Anda lakukan pertama yaitu mencukupi asupan cairan. Dengan cairan tubuh yang cukup, maka proses penyaringan darah akan menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, cairan yang cukup juga berperan dalam menyeimbangkan air dan mineral dalam tubuh. 

  1. Pola makan sehat

Pola makan sehat merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu ginjal. Hal ini karena, sebagian besar penyakit ginjal berasal dari diabetes dan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh makanan. Pola makan sehat yang bisa Anda lakukan yaitu diet rendah protein dan juga membatasi asupan garam.

  1. Berat badan ideal

Selain membuat Anda memiliki tubuh yang baik, berat badan ideal juga memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu terhindar dari penyakit ginjal. Pasalnya, ketika berat badan Anda berlebih, maka tekanan darah akan meningkat sehingga berdampak buruk pada ginjal. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

  1. Rajin berolahraga

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung yaitu rutin berolahraga. Pasalnya, dengan rutin berolahraga maka dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol, glukosa, dan tekanan darah. Apabila Anda tidak berhasil mengontrol ketiga komponen tersebut, maka risiko penyakit ginjal akan semakin besar.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi ginjal yang penting untuk diketahui. Pastikan Anda melakukan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal tersebut agar terhindar dari berbagai penyakit ginjal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Apa saja Fungsi Ginjal? 
  2. National Kidney Foundation. How Your Kidneys Work.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam sekarang!

Pesan Konsultasi