Bantuan
Free Tele x

Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Darah Rendah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Darah Rendah?

Apa sebenarnya penyebab darah rendah dapat terjadi pada seseorang? Mungkin bagi sebagian orang ada yang menginginkan kondisi darah rendah, yang mana tidak menimbulkan masalah. Namun, bagi sebagian orang darah rendah atau hipotensi yang tidak normal juga dapat membahayakan. Dimana orang tersebut dapat mengalami pingsan, pusing, bahkan mengancam jiwa. Anda dapat mengetahui tekanan darah rendah jika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 milimeter merkuri atau mmHg untuk angka atas atau biasa disebut sistolik. Sedangkan 60 mm Hg untuk angka bahwa atau disebut diastolik, maka umumnya dianggap tekanan darah rendah. Penyebab darah rendah bisa karena dehidrasi sampai gangguan medis yang serius. Dikatakan bahwa penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah rendah, agar dapat diobati.  

Tekanan darah merupakan pengukuran tekanan pada arteri, selama fase aktif dan istirahat dari setiap jantung. Ada dua hal yang perlu Anda ketahui dalam pembacaan tekanan darah, yaitu sebagai berikut :

  1. Tekanan sistolik, dimana angka teratas dalam pembacaan tekanan darah merupakan jumlah tekanan yang dihasilkan jantung, saat memompa darah melalui arteri ke seluruh tubuh.

  2. Tekanan diastolik, dimana angka terbawah dalam pembacaan tekanan darah mengacu pada jumlah tekanan pada arteri Anda. Saat jantung beristirahat diantara detak. Saat ini berdasarkan pedoman yang ada, mengidentifikasi tekanan darah normal lebih rendah dari 120 per 80 mm Hg.

Tekanan darah dapat berubah sewaktu-waktu, hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti, posisi tubuh, level stres, irama pernapasan, kondisi fisik, obat yang diminum, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan lainnya. Tekanan darah biasanya paling rendah pada malam hari, dan akan meningkat tajam saat bangun tidur. Ternyata terdapat faktor-faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Berikut ini kondisi yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah :

  1. Kehamilan, kondisi ini dapat menjadi penyebab darah rendah karena sistem peredaran darah berkembang pesat selama kehamilan tekanan darah cenderung turun. Hal ini normal, tekanan darah biasanya akan kembali ke tingkat sebelum hamil setelah melahirkan. 

  2. Masalah endokrin, dimana penyakit paratiroid, insufisiensi adrenal, gula darah rendah, dan pada beberapa kasus diabetes juga dapat memicu tekanan darah rendah.

  3. Masalah jantung, diketahui bahwa beberapa kondisi dapat menjadi penyebab darah rendah seperti detak jantung yang sangat rendah atau disebut bradikardia, masalah katup jantung, serangan jantung, dan gagal jantung. 

  4. Dehidrasi, saat tubuh Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang seharusnya dibutuhkan. Kondisi ini dapat menyebabkan pusing, kelelahan, dan kelemahan. Diare parah, demam, muntah, penggunaan diuretik berlebihan, dan olahraga berat dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi. 

  5. Kurangnya nutrisi dalam diet, jika tubuh Anda kurang vitamin B-12, zat besi, dan folat bisa mencegah tubuh Anda memproduksi cukup sel darah merah atau anemia yang dapat menjadi terjadinya penyebab darah rendah.

  6. Reaksi alergi parah, dimana pemicu umum dari reaksi alergi parah dan berpotensi mengancam jiwa adalah seperti makanan, obat-obatan tertentu, racun serangga, dan lateks. Jangan anggap remeh anafilaksis atau reaksi alergi parah karena dapat menyebabkan gatal-gatal, masalah pernapasan, tenggorokan bengkak, dan penurunan tekanan darah yang berbahaya.

  7. Kehilangan darah, misalnya seperti cedera besar atau pendarahan internal yang mana mengurangi jumlah darah dalam tubuh Anda. Kondisi ini yang akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang parah.

  8. Septikemia atau infeksi berat, saat infeksi dalam tubuh memasuki aliran darah, maka dapat menjadi penyebab darah rendah yang mengancam keselamatan anda. Kondisi ini disebut syok septik.

Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa menyerang siapa saja, meskipun begitu  ada beberapa jenis tekanan darah rendah yang lebih umum terjadi tergantung pada usia. Selain itu faktor risiko seperti obat-obatan dan penyakit tertentu, diantaranya diabetes, parkinson, dan beberapa kondisi jantung menjadi faktor risiko besar Anda terkena tekanan darah rendah. Penting untuk Anda selalu rutin mengecek tekanan darah, untuk mengontrol dan segera menjalani perawatan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi :

 

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465 

Bagikan artikel ini