Memiliki Sifat Asam, Apa Sebenarnya Fungsi Asam Lambung?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Memiliki Sifat Asam, Apa Sebenarnya Fungsi Asam Lambung?

Mengandung HCl yang berguna untuk membunuh kuman, apa fungsi asam lambung bagi tubuh manusia? Lambung adalah salah satu saluran cerna pada sistem pencernaan pada tubuh, yang mana terletak pada bagian atas rongga perut manusia. Lambung ini memiliki bentuk seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Pada bagian sebelah dalam lambung, epithelium melapisinya.

Epithelium ini memiliki kandungan kelenjar pencernaan, yang mana menghasilkan senyawa yang disebut getah lambung. Getah lambung ini memiliki fungsi yaitu guna mencerna makanan, yang dilakukan secara tidak sadar mulai dari lambung ini. Getah lambung terdiri dari asam lambung yakni enzim lipase, hormon gastrin, dan juga HCl. 

Fungsi dari enzim lipase adalah guna mencerna lemak trigliserida, yang kemudian menjadi asam lemak dan juga gliserol. Sedangkan fungsi dari hormon gastrin adalah untuk mengaktifkan kelenjar yang ada pada lambung, supaya getah lambung keluar. Lalu apa fungsi asam lambung?

Fungsi Asam Lambung Untuk Tubuh Manusia

Senyawa ini memiliki rumus kimia HCl, yang mana bersifat asam. Kadar senyawa HCl pada asam lambung ada sekitar 0,5 persen dari total getah lambung yang ada. HCl ini memiliki fungsi guna membunuh kuman atau desinfektan, selain itu juga untuk mengubah pepsinogen yang menjadi pepsin.

Kemudian protein menjadi peptida dengan berbagai ukuran yang mampu diserap oleh usus halus. Tak hanya itu, HCl juga berguna untuk mendorong usus, pankreas, dan hati guna mencerna makanan.

Mempercepat reaksi antara air, pepsin, dan protein juga merupakan fungsi asam lambung. Bahkan, asam lambung juga dapat menyurutkan pilorus, ini karena HCl memiliki sifat asam yakni dengan pH yang lebih kurang 1-3. 

Asam lambung akan menyingkirkan bibit penyakit, yang masuk ke dalam tubuh Anda bersamaan dengan makanan. Di bagian dinding lambung, ada lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi lambung. Lendir ini disebut sebagai mukus, jika jumlah mukus terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka dapat mengakibatkan luka di dinding lambung tersebut.

Gejala seperti inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya penyakit maag. Maag ini bisa terjadi karena lebihnya HCl, yang mana didorong makanan atau minuman yang mengandung alkohol.

Selain itu, makanan pedas, kopi, dan nikotin juga dapat menjadi pemicu hal ini. Tak hanya dari makanan atau minuman, stres juga dapat menjadi pemicu terjadinya kondisi ini. Asam lambung yang berlebih bisa mengikis dinding lambung Anda. Gejala yang umum terjadi adalah nyeri pada bagian dada.

Baca Juga: Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi asam lambung adalah membantu tubuh dalam memecah, mencerna, juga menyerap nutrisi pada makanan. Serta membantu menghilangkan virus dan bakteri pada lambung, guna melindungi tubuh dari terjadinya infeksi.

Terdapat peptida, asam amino, dan juga zat lain dari makanan atau minuman dapat meningkatkan produksi HCl. Apabila, produksi HCl tidak terpenuhi maka protein dengan ukuran yang besar bisa masuk ke dalam usus halus, sehingga akan menyebabkan sulitnya pencernaan. Inilah yang menyebabkan proses pencernaan dapat menjadi terganggu.

Tahukah Anda bahwa HCl memiliki sifat korosif? Meskipun begitu, tubuh juga memproduksi lapisan lendir, yang mana bertujuan untuk melindungi dinding lambung. Agar tidak terjadi pengikisan karena kandungan asam yang satu ini. Terdapat salah satu masalah yang bisa terjadi pada lambung, yakni asam lambung yang naik. Anda tidak bisa menganggap sepele kondisi ini karena dapat berbahaya untuk tubuh.

Salah satu gejalanya adalah sulit untuk menelan, pada dunia medis ini biasa dikenal sebagai disfagia. Dimana kondisi ini terjadi saat tubuh Anda memerlukan waktu dan juga usaha yang lebih lama dari biasanya. Guna menurunkan makanan yang dikonsumsi ke lambung. Gejala sulit menelan ini dapat disebabkan karena GERD, di jaringan kerongkongan. Sehingga, mengakibatkan kerongkongan Anda mengalami iritasi. 

Setelah mengetahui fungsi asam lambung serta permasalahan yang mungkin terjadi karena asam lambung, maka sudah sebaiknya Anda dapat menjaga kesehatan lambung Anda. Hal ini karena lambung memiliki peran penting sebagai salah satu organ pencernaan dalam proses sistem pencernaan tubuh manusia.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

 

Referensi:

1. Mayo Clinic

2. WebMD

3. Medical News Today

4. Healthline

5. Chemical Safety Facts

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi