Bantuan

Mari Kenal Lebih Jauh Manfaat Granola dan Efek Samping Granola untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

granola

Manfaat granola dan efek samping granola menjadi penting untuk Anda ketahui. Manfaat granola untuk kesehatan tubuh itu sendiri sangalah beragam, tak hanya itu granola juga memiliki rasa yang nikmat. Mungkin kedua hal inilah yang menyebabkan granola banyak dijadikan sebagai sarapan di pagi hari. Granola sebenarnya merupakan kombinasi dari kacang-kacangan, gandum, dan juga pemanis seperti madu atau gula. Tak jarang, ada produk granola yang mana menambahkan buah-buahan kering, selai kacang, dan rempah-rempah. 

Manfaat Granola dan Efek Samping Granola

Tentu saja setiap makanan pasti memiliki manfaat dan efek samping untuk kesehatan, tak terkecuali granola. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai manfaat granola dan efek samping granola untuk kesehatan Anda. Perlu Anda ingat bahwa manfaat granola sangatlah terbatas, namun ada beberapa manfaat granola yang bisa Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kaya akan Serat dan Juga Mengenyangkan

Banyak produk granola yang memiliki kandungan protein dan serat, sehingga tidak heran kalau akhirnya granola sering kali dikonsumsi untuk sarapan karena sifatnya yang mengenyangkan. Adanya kandungan protein dalam granola juga menyebabkan produksi hormon GLP-1 dan ghrelin menjadi terhambat. Kedua hormon inilah yang bertugas untuk mengatur rasa lapar yang Anda rasakan. Anda dapat memilih granola dengan bahan kenari, kacang almond, dan kacang mede. Dimana ketiga jenis kacang ini mengandung banyak serat dan protein. 

  1. Antioksidan

Manfaat granola yang selanjutnya mengurangi peradangan dalam tubuh, ini karena adanya kandungan antioksidan di dalam granola. Antioksidan ini juga dapat melawan radikal bebas yang kerap kali menghantui Anda. Perlu diketahui bahwa tidak semua produk granola yang mempunyai bahan sama. Produk granola yang memiliki kandungan kelapa serut sampai chia seeds biasa dikenal sebagai sumber antioksidan, yakni seperti asam galat, vitamin E, selenium, dan kuersetin. 

  1. Turunkan Berat Badan

Granola memiliki kandungan protein yang mana dapat menghambat GLP-1 dan juga hormon ghrelin. Sehingga, banyak orang yang meyakini bahwa granola dapat membantu menurunkan berat badan. Granola juga dipercaya bisa menjadi makanan ringan yang sehat dan mengenyangkan. Hal ini karena memang granola mempunyai kandungan kolesterol yang rendah, namun kandungan seratnya tinggi. 

  1. Menambah Energi Tubuh

Manfaat granola selanjutnya yakni menambah energi tubuh, bukan dalam bentuk gula namun zat mineral mangan. Apa itu mangan? Ialah zat mineral yang memiliki peran penting untuk kesehatan Anda seperti organ ginjal, hati, dan juga mendukung aktivitas metabolisme tubuh. Apabila metabolisme tubuh baik dan terjaga, maka energi pun bisa disebarkan dengan lancar ke seluruh tubuh. 

Setelah mengetahui manfaat granola dan efek samping granola.Simak penjelasan dibawah ini:

Meskipun granola memiliki manfaat yang sangat banyak, namun terdapat risiko dan efek samping yang mungkin terjadi karena mengonsumsi granola. Beberapa produk granola memiliki kandungan gula, lemak, dan kalori yang tinggi. Hal ini tentu saja bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Lemak seperti minyak kelapa, minyak satur, dan selai kacang biasa ditemukan pada hidangan granola, yang mana “disisipkan” guna kombinasi seluruh bahan yang ada. Lemak inilah yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Apalagi jika Anda mengonsumsi granola lebih dari satu porsi dengan jangka waktu yang berdekatan. Beberapa penyakit berisiko Anda alami seperti obesitas, penyakit metabolisme tubuh, dan juga berat badan yang naik. 

Itulah tadi manfaat granola dan efek samping granola untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan ini, maka sudah sebaiknya Anda memeriksa kandungan nutrisi didalamnya. Anda dapat memilih produk granola yang tidak memiliki kandungan gula tambahan dan juga madu yang berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk granola dengan kandungan bahan-bahan seperti kacang-kacangan, buah kering, gandum, dan juga mengandung setidaknya 5 gram serat per porsi. 

Jangan sepelekan kandungan yang ada dalam produk granola, karena jika salah memilih bisa-bisa bukan menyehatkan malah merugikan kesehatan Anda. Sehingga, sudah seharusnya Anda dapat memilih dengan baik dan bijak produk granola yang akan dikonsumsi.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Itu Oat? Ketahui Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/granola.html

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-granola-healthy

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang