Bantuan
Free Tele x

Daftar Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Daftar Cemilan Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

Apakah Anda tahu, apa saja cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi? Bagi penderita asam lambung, makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan. Pasalnya ada beberapa makanan yang dapat memicu asam lambung kambuh atau naik ke kerongkongan. 

Apabila asam lambung naik ke kerongkongan, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai gejala yang membuat penderitanya tidak nyaman. Beberapa gejala yang muncul akibat naiknya asam lambung yaitu sensasi terbakar pada dada atau heartburn, mual dan muntah, serta rasa pahit di dalam mulut. 

Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

Lantas, apa saja cemilan untuk penderita asam lambung yang aman untuk dikonsumsi? Di bawah ini akan dijelaskan berbagai macam cemilan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

  1. Buah-Buahan

Cemilan bagi penderita asam lambung yang aman dikonsumsi pertama yaitu buah-buahan. Beberapa buah yang aman dikonsumsi yaitu buah apel, pisang, melon, pepaya, dan semangka. Hal ini karena sebagian besar dari buah-buah tersebut memiliki keasaman yang rendah dan memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindari beberapa buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan tomat. 

  1. Sayuran Hijau

Cemilan bagi penderita asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu sayuran hijau. Hal ini karena sayuran hijau memiliki kandungan alkali yang dapat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah sehingga membantu menurunkan risiko gejala asam lambung. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi yaitu brokoli, seledri, timun, selada, buncis, kembang kol, asparagus dan masih banyak lagi lainnya.  

  1. Biji-Bijian

Selain sayuran hijau dan buah-buahan, Anda juga bisa menjadikan biji-bijian sebagai cemilan yang baik untuk penderita asam lambung. Akan tetapi, biji-bijian yang baik untuk asam lambung yaitu biji-bijian utuh yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Beberapa contoh biji-bijian utuh yang baik untuk dikonsumsi yaitu oat, gandum utuh, beras merah dan lainnya. Namun, Anda tetap tidak dapat mengonsumsi biji-bijian secara berlebihan.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Jenis Obat Asam Lambung Di Apotek

  1. Kacang-Kacangan

Cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi yaitu biji bunga matahari dan kacang almond. Di dalam kacang almond terdapat kandungan alkali yang cukup tinggi yang berguna dalam menurunkan gejala asam lambung. Tidak hanya itu, kacang almond juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang berguna dalam meredakan gejala asam lambung yang sedang Anda alami. 

  1. Yoghurt

Yoghurt mampu meredakan gejala asam lambung naik yang sedang Anda rasakan. Hal ini berkat kandungan probiotik di dalam yoghurt yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi maksimal. Oleh karena itu, yoghurt  termasuk ke dalam cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi. Akan tetapi, saat memilih yoghurt sebaiknya pilih yang tidak memiliki kandungan gula dan perasa agar manfaat yang didapatkan menjadi lebih optimal. 

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan cemilan penderita asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya. Hal ini karena oatmeal memiliki kandungan serat yang dianggap efektif dalam mencegah gejala  asam lambung menjadi lebih buruk. Apabila Anda tidak terlalu menyukai oatmeal, Anda bisa mengonsumsinya bersamaan dengan buah-buahan. Namun pastikan buah yang Anda gunakan bukanlah buah yang memiliki rasa yang asam.

  1. Jahe

Cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi terakhir yaitu jahe. Hal ini karena, jahe mampu meredakan gejala asam lambung naik yang Anda alami. Di dalam jahe juga terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Cara mengonsumsinya bisa dengan mengolahnya menjadi minuman ataupun menambahkannya ke dalam masakan. 

Nah itulah dia beberapa cemilan untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi. Apabila Anda mengalami gejala asam lambung, maka segeralah mengatasinya dengan cara berdiri tegak, melonggarkan pakaian dan lainnya. Namun jika gejala tidak kunjung mereda dan justru semakin buruk, maka segeralah memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Antasida, Obat Penetral Asam Lambung

 

Sumber:

1. Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux.

2. Everyday Health. 7 Low-Acid Foods to Add to Your Reflux Diet.

Bagikan artikel ini