Bantuan
Free Tele x

Memiliki Banyak Dampak Buruk, Ini Cara Berhenti Merokok Secara Alami Yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Mungkin banyak di antara Anda yang ingin berhenti merokok, namun bingung bagaimana cara berhenti merokok secara alami. Untuk Anda yang ingin berhenti merokok karena memiliki banyak dampak buruk tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok. Apa saja cara yang dapat dilakukan tersebut?  Berikut ini beberapa cara berhenti merokok secara alami yang dapat Anda lakukan. 

  1. Mencari Tahu Alasan Harus Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok selama alami yang pertama yaitu mencari tahu alasan mengapa harus berhenti merokok. Anda bisa membuat daftar alasan mengapa Anda harus berhenti merokok. Tuliskan berbagai alasan Anda di sebuah kertas, bahkan alasan sepele pun tulis agar dapat terdokumentasikan. Ketika Anda mulai goyah ketika berhenti merokok, lihatlah kembali buku yang telah Anda tulis dengan berbagai alasan berhenti merokok tersebut.

  1. Merencanakan Kapan Mulai Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok secara alami yang selanjutnya yaitu merencanakan kapan mulai berhenti merokok. Sebelum Anda benar-benar memutuskan berhenti merokok, sebaiknya memikirkan tanggalnya terlebih dahulu agar lebih efektif. Sebaiknya, Anda memilih tanggal yang tidak terlalu jauh agar niatan untuk berhenti merokok tidak hilang. Selain itu, Anda juga bisa memberi tahu orang-orang terdekat Anda, kapan akan  berhenti merokok. 

  1. Menyibukkan Diri

Menyibukkan diri merupakan salah satu cara berhenti merokok secara alami yang dapat Anda lakukan. Sibukkan diri Anda pada 2 minggu pertama ketika berhenti merokok, seperti berolahraga, ataupun kumpul bersama orang terdekat. Dua minggu pertama ini akan menjadi penentu keberhasilan Anda untuk berhenti merokok. Apabila dalam dua minggu pertama ini, Anda berhasil berhenti meroko, maka peluang keberhasilan akan lebih tinggi. 

  1. Menghindari Berkumpul Dengan Perokok

Cara berhenti merokok secara alami yang selanjutnya yaitu menghindari berkumpul dengan perokok. Hal ini karena, akan menggoyahkan tekad Anda untuk berhenti merokok. Ketika Anda berkumpul bersama perokok, maka akan mengalami godaan yang sulit untuk ditolak. Apabila Anda kuat dengan godaan, Anda bisa menolak secara halus ketika ditawari rokok. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindari berkumpul bersama perokok agar terhindar dari berbagai godaan tersebut.

Baca Juga: Inilah Cara Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok Secara Alami

  1. Menyikat Gigi Dengan Rutin

Menyikat gigi secara rutin juga merupakan cara  berhenti merokok secara alami. Biasanya perokok aktif memiliki bau napas seperti asap rokok. Untuk membuat hal ini menjadi lebih baik, Anda bisa rutin menyikat gigi agar napas Anda menjadi lebih segar. Ketika gigi dan juga napas Anda menjadi segar, maka Anda akan cenderung sayang untuk mengotorinya dengan merokok kembali. 

  1. Mengelola Stress

Stres merupakan salah satu penyebab seseorang berkeinginan untuk merokok. Hal ini karena, pada sebagian orang menganggap rokok menjadi penghilang stres yang cukup ampuh. Oleh karena itu, agar hal ini tidak kembali terjadi, sebaiknya Anda mengelola stres. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang membuat Anda sehat dan juga mencukupi waktu istirahat. Hal ini karena, seseorang yang memiliki waktu tidur yang kurang dari 7 jam cenderung rentan mengalami stres.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Cara berhenti merokok secara alami yang selanjutnya yaitu dengan memotivasi diri sendiri. Belajarlah untuk memberikan sugesti pada diri sendiri agar tidak lagi tergoda untuk merokok. Keinginan merokok kembali biasanya hanya bertahan selama 20 menit, sehingga pada waktu tersebut Anda bisa mengalihkannya dengan cara berbicara pada diri sendiri. Salah satu cara memotivasi diri sendiri untuk berhenti merokok yaitu dengan berbicara pada diri sendiri bahwa rokok hanya menghabiskan uang.

  1. Mengantisipasi Waktu Rawan Merokok

Cara berhenti merokok secara alami yang terakhir yaitu mengantisipasi waktu rawan merokok. Hal ini karena, rokok termasuk kecanduan psikologis. Oleh karena itu, Anda perlu menuliskan apa saja yang membuat Anda sangat ingin merokok dan juga menyertakan solusinya. 

Nah, itulah beberapa cara berhenti merokok secara alami yang dapat Anda lakukan. angan berikan diri Anda kesempatan untuk kembali merokok jika tidak ingin program berhenti merokok Anda gagal.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Pengaruh Rokok terhadap Stroke

 

Sumber:

1. 10 self-help tips to stop smoking. (2018).

2. How Can I Quit Smoking? (2019).

Tag :
Bagikan artikel ini