Tidak Ingin Kambuh? Ini Cara Menghindari Maag

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Tidak Ingin Kambuh? Ini Cara Menghindari Maag

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghindari maag? Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan masalah pada pencernaan seperti kembung, mual, mulas hingga panas di dada.

Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara agar terhindar dari penyakit tersebut.  Simak beberapa cara menghindari maag di bawah ini.

  1. Makanlah Dengan Pelan

Cara menghindari maag yang pertama yaitu makan dengan pelan. Hal agar makanan yang Anda konsumsi saat bercampur dengan air liur terlebih dahulu dan dapat dipecah menjadi bentuk sederhana sebelum masuk ke dalam perut. Apabila makanan yang Anda telan tidak cukup lembut, makan lambung akan bekerja lebih keras dalam mencernannya.

Selain itu, mengunyah makan juga dapat membantu mempermudah penyerapan nutrisi oleh tubuh. Setidaknya Anda dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan. 

  1. Mengolah Makanan Dengan Lebih Sehat

Agar dapat menghindari maag, Anda sebaiknya tidak menggoreng makanan karena menyimpan lemak yang banyak. Selain itu, ketika Anda mengolah makanan, sebaiknya hindari penggunaan cabai bawang ataupun cuka yang terlalu banyak.

Anda bisa mengolah makanan dengan cara dikukus, direbus ataupun dipanggang dan disajikan dengan porsi yang kecil. Makanan 4-5 kali dengan porsi kecil lebih baik dari pada 2-3 kali dengan porsi besar. Cara ini cukup ampuh untuk mencegah munculnya gejala maag. 

  1. Memilih Makanan yang Tepat

Sebaiknya Anda menghindari makanan pedas, asin, asam dan juga berlemak karena dapat memicu munculnya gejala maag karena dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebih. Selain itu, makanan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada otot di sekitar perut. 

Oleh karena itu, untuk menghindari maag, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti brokoli, seledri, kembang kol, kentang, lobak, putih telur, daging unggas, seafood, dan buah-buahan matang dan tidak asam.

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

  1. Mengurangi Asupan Kafein

Dengan mengurangi asupan kafein, maka Anda akan telah melakukan langkah pencegahan penyakit maag. Hal ini karena, kafein dapat memicu munculnya gejala maag. Apabila Anda salah satu pecinta kopi, cobalah untuk mengurangi rutinitas kopi cukup dengan 1 cangkir per harinya.

Namun, jika maag selalu kambuh lebih baik untuk menghentikan mengonsumsi kopi.  Selain itu, kafein tidak hanya terdapat pada kopi, namun terdapat juga pada beberapa minuman bersoda dan beberapa jenis teh. 

  1. Menghindari Rokok dan Alkohol

Cara menghindari maag yang selanjutnya yaitu berhenti merokok dan minum alkohol. Alkohol dan rokok merupakan salah satu pemicu munculnya gejala maag. Rokok itu sendiri dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan perut, sehingga merangsang produksi asam lambung dan otot kerongkongan menjadi lemah.

Hal inilah yang membuat asam lambung mudah naik hingga ke kerongkongan. Efek yang ditimbulkan dari alkohol tidak jauh berbeda dengan rokok. 

  1. Menghindari Tidur Setelah Makan

Mungkin banyak diantara Anda akan langsung berbaring ataupun tidur setelah makan. Namun, hal ini sebaiknya Anda hindari karena dapat memicu naiknya asam lambung.

Produksi asam lambung akan meningkat setelah makan, apabila Anda langsung berbaring, maka asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan. Apabila Anda ingin tidur ataupun berbaring, setidaknya luangkan waktu 2 hingga 3 jam setelah makan. 

  1. Mengurangi Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara menghindari maag yang selanjutnya yaitu mengurangi konsumsi obat pereda nyeri. Hal ini karena, obat pereda nyeri memiliki efek samping berupa meningkatnya produksi asam lambung. Sehingga tidak mengherankan, obat pereda nyeri berisiko untuk mengalami nyeri ulu hati.

Oleh karena itu, perlu anjuran dokter apabila mengonsumsi obat pereda nyeri. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi jamu yang mengandung senyawa pereda nyeri karena memiliki efek yang sama dalam jangka panjang. 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari maag. Kunci utama dalam menghindari maag yaitu pola makan yang sehat dan juga gaya hidup yang sehat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Beberapa Hal yang Mungkin Jadi Penyebabnya

 

Sumber:

1. Healthwise Staff. GERD: Controlling Heartburn by Changing Your Habits. (2020)

2. Ker, Michael. How to Prevent Acid Reflux and Heartburn. (2018)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi