Bantuan

Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Berikut Ini Beberapa Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jun 2022

Bagikan

Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Berikut Ini Beberapa Jawabannya

Satu hal yang paling banyak dipertanyakan adalah kenapa tangan sering kesemutan? Pertanyaan ini banyak dilontarkan mengingat tangan merupakan salah satu anggota tubuh manusia yang kerap mengalami kesemutan. 

Meskipun begitu, kesemutan pada tangan ini kerap diabaikan karena dianggap dapat sembuh dengan sendirinya. Padahal, kesemutan ini dapat menjadi penanda adanya suatu hal yang tidak baik dengan kesehatan tubuh. 

Lantas kenapa tangan sering kesemutan? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

 

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Tangan yang sering mengalami kesemutan sering dikenal dengan sebutan parestesia jari dalam dunia medis. Kondisi ini pada dasarnya terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah ataupun saraf pada bagian tersebut. 

Ada beberapa hal yang diduga dapat menjadi penyebab tangan sering mengalami kesemutan. Beberapa di antaranya dapat Anda ketahui melalui penjelasan di bawah ini.

1. Diabetes

Salah satu jawaban atas pertanyaan kenapa tangan sering kesemutan adalah bisa jadi merupakan tanda seseorang mengidap penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat kadar gula dalam darah yang tak terkontrol. Gejalanya bisa beraneka ragam, termasuk sering mengalami kesemutan dan kebas pada beberapa bagian tubuh seperti tangan. 

2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Jangan sepelekan kondisi tangan yang sering kesemutan, karena hal ini bisa menjadi tanda Anda mengalami carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal. Kondisi ini terjadi akibat terjepitnya saraf pada pergelangan tangan yang terlalu lama berada pada posisi yang sama. Selain itu, CTS juga dapat menyebabkan jari-jari tangan mengalami nyeri, kesemutan, hingga mati rasa.

3. Stroke

Penyebab tangan sering kesemutan berikutnya adalah tanda awal seseorang terkena stroke. Meskipun begitu, berbeda dengan penyebab lainnya, gejala kesemutan pada tangan akibat stroke biasanya disertai oleh gejala penyerta. Beberapa gejala penyerta tersebut di antaranya adalah sulit bicara, bingung, tubuh mengalami kesulitan menyeimbangkan, hingga nyeri kepala.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Pengaruh Rokok terhadap Stroke

4. Gangguan Tiroid

Hal lainnya yang dapat menjadi penyebab Anda sering mengalami kesemutan pada tangan adalah gangguan tiroid. Gangguan tiroid sendiri adalah kondisi yang menyebabkan tidak mampunya kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Pada akhirnya, kondisi ini dapat memicu terjadinya kesemutan pada tangan, kulit kering, rambut rontok, hingga peningkatan berat badan. 

5. Rheumatoid Arthritis

Kondisi berikutnya yang dapat menjadi penyebab tangan sering kesemutan adalah rheumatoid arthritis yang merupakan jenis penyakit autoimun penyebab peradangan pada sendi. Cepat atau lambat, kondisi ini juga dapat memengaruhi saraf yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya keluhan berupa tangan yang sering kesemutan.

6. Epikondilitis

Epikondilitis dapat dipahami sebagai sebuah kondisi terjadinya peradangan pada jaringan penghubung siku dan lengan. Dapat dipicu oleh gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang, epikondilitis ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada tendon. Pada akhirnya, akan timbul gejala-gejala seperti kesemutan, nyeri, pembengkakan, hingga perasaan seperti terbakar di siku.

7. Tumor

Penyebab tangan sering alami kesemutan lainnya yang harus Anda waspadai adalah tumor. Tumor dapat tumbuh di tangan dan menekan saraf dan juga pembuluh darah yang berada di sekitarnya. Pada akhirnya, hal ini akan memicu gejala tangan sering kesemutan. Jenis tumor yang dapat tumbuh di tangan adalah tumor ganglion yang tergolong jenis tumor jinak.

8. Penyebab Lainnya

Selain disebabkan oleh penyakit atau gangguan tertentu dalam tubuh, kondisi tangan yang sering kesemutan rupanya juga dapat dipicu oleh hal lainnya. Sebut saja kebiasaan mengonsumsi alkohol dan tubuh yang kekurangan vitamin B12. 

Pada akhirnya, apa yang Anda konsumsi dan tidak konsumsi juga dapat menjadi penyebab tangan sering kesemutan ini. Selain itu, penyebab lainnya tangan sering kesemutan adalah penggunaan obat-obatan seperti antibiotik, obat tekanan darah tinggi, HIV, hingga obat kemoterapi.

Nah, sekian dulu penjelasan atas pertanyaan, kenapa tangan sering kesemutan? Rupanya, kondisi ini dapat dipicu oleh penyakit atau gangguan tertentu, hingga kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan. Untuk menghindarinya, Anda bisa menambah asupan makanan bernutrisi, menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol, hingga aktif melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dengan rutin. 

Baca juga: Inilah Obat Tangan Kesemutan Tradisional serta Beragam Penyebabnya

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Ratini, Melinda. 2019. Why Are My Hands and Feet Tingling?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-why-my-hands-feet-tingling

Mayo Clinic. Numbness or tingling in hands in adults. https://www.mayoclinic.org/symptom-checker/numbness-or-tingling-in-hands-in-adults-adult/related-factors/itt-20009075

Healthgrades. Tingling in One Hand. https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/tingling-in-one-hand

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Lain

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang