Bantuan
Bantuan

Memetik Manfaat Tidur dengan Cara Tidur yang Baik Menurut Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Manfaat tidur

Sudahkah Anda mengetahui seperti apa cara tidur yang baik menurut kesehatan? Bagi sebagian besar orang, tidur merupakan hal biasa yang merupakan bagian dari aktivitas sehari-hari manusia. Meskipun tidak sepenuhnya salah, namun hal ini juga tidak sepenuhnya benar. 

Menyepelekan kualitas tidur tidak akan membuat Anda mendapatkan dampak positif dari aktivitas tersebut. Bahkan, kualitas tidur yang buruk hanya akan mendatangkan gangguan bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan secara jangka panjang.

Pada akhirnya, memperhatikan cara tidur yang baik menurut kesehatan adalah hal terpenting yang tidak bisa diabaikan. Dengan cara tidur yang benar ini, tubuh dapat beristirahat dengan sempurna dan berbagai manfaat pun akan dapat dirasakan. Dengan begitu, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara tidur yang baik menurut kesehatan.
Baca juga: Sulit Tidur? Lakukan Cara Tidur Cepat Berikut Ini

 

Mematikan lampu ketika tidur

Cara tidur yang baik menurut kesehatan yang perlu Anda perhatikan adalah tidur dalam kondisi gelap. Dalam hal ini, Anda perlu mematikan lampu ketika tidur untuk menciptakan kondisi gelap tersebut. Tidur dalam kondisi gelap dapat membuat Anda mencapai kualitas tidur yang lebih baik karena cahaya hanya dapat menghambat produksi melatonin yang biasanya membuat Anda tertidur. 

 

Memperhatikan posisi tidur yang baik

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari cara tidur yang baik menurut kesehatan adalah dengan memperhatikan posisi tidur Anda. Saat tidur, tentunya masing-masing dari kita memiliki posisi-posisi favorit yang selalu menjadi andalan ketika akan tidur. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa ternyata ada beberapa posisi tidur yang baik dan oleh karenanya dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai berikut. 

 

  • Telentang

Posisi tidur terbaik yang pertama adalah posisi telentang, yang pada dasarnya baik bagi tulang belakang Anda. Lebih dari itu, posisi tidur yang satu ini juga disebut-sebut sebagai salah satu posisi tidur yang dapat memberikan Anda manfaat penuh dari tidur. Dengan tidur secara telentang, Anda juga dapat terhindar dari keluhan sakit punggung, leher, dan sakit bahu. Meskipun demikian, apabila Anda memiliki kebiasaan tidur mengorok maka posisi yang satu ini dapat dikatakan kurang baik karena dapat memicu suara mengorok tersebut. 

 

  • Tengkurap

Tengkurap bagi banyak orang mungkin merupakan posisi tidur yang kurang nyaman. Bahkan, menurut beberapa ahli, posisi tidur ini justru menimbulkan lebih banyak masalah daripada manfaat, jika dibandingkan dengan kedua posisi tidur lainnya. Dalam hal ini, posisi tidur tengkurap disebut-sebut dapat membuat kesulitan bernapas hingga jantung berdetak dengan lebih cepat. Meskipun begitu, bagi mereka dengan keluhan tidur mengorok, posisi tidur tengkurap ini cukup direkomendasikan karena dapat mengurangi kebiasaan mengorok saat tidur tersebut. 

  • Miring

Kondisi tidur yang terakhir ini bisa dibilang menjadi posisi tidur paling mainstream dan paling disukai oleh banyak orang karena bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman. Ternyata, kenyamanan yang didapatkan dari posisi tidur ini juga dibarengi dengan manfaat, seperti sirkulasi udara menjadi lebih lancar hingga melindungi jantung dari posisi tertindih. Tidak sampai di situ saja, posisi tidur ini juga baik bagi penderita sleep apnea obstruktif hingga dapat mencegah rasa sakit punggung. 

 

Menghindari gadget sebelum tidur

Cara tidur yang baik menurut kesehatan berikutnya adalah menghindari gadget sebelum tidur. Mengapa demikian? Karena pada kenyataannya, kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur ternyata hanya dapat menimbulkan insomnia. Gadget dalam hal ini dapat memancarkan blue light yang dapat menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh.

Lebih daripada itu, penggunaan gadget sebelum tidur juga hanya akan mempengaruhi durasi tidur seseorang, membuat mata menjadi lebih tegang, merusak retina, dan pada beberapa kasus bahkan dapat meningkatkan risiko terganggunya kesehatan mental karena dapat memicu depresi.

Demikianlah penjelasan cara tidur yang baik menurut kesehatan yang perlu Anda ketahui. Hal terpenting yang merupakan kunci dari cara tidur yang baik menurut kesehatan adalah dengan konsisten terhadap jadwal tidur. Ketika sudah memasuki waktu untuk tidur maka sebaiknya Anda segera tidur dan bangun ketika sudah waktunya bangun. Hanya dengan cara ini, kualitas tidur Anda akan meningkat dan pada akhirnya tubuh akan merasakan manfaat tidur dengan maksimal.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Baca juga: Sulit Tidur di Malam Hari? Begini Cara Cepat Tidur yang Bisa Anda Lakukan

 

Referensi

Mayo Clinic. Sleep tips: 6 steps to better sleep. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379

Suni, Eric. 2020. Healthy Sleep Tips. https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/healthy-sleep-tips

Cleveland Clinic. 2021. Back, Side, or Stomach: Which Sleep Position Is Best For You?. https://health.clevelandclinic.org/back-side-stomach-sleep-position-best/

Bagikan artikel ini