Bantuan

Memahami Jam Biologis Manusia untuk Maksimalkan Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Feb 2022

Bagikan

Jam biologis

Jam biologis manusia adalah hal penting yang harus diketahui oleh manusia. Jam biologis manusia dikenal juga dengan sebutan body clock, yakni mekanisme jadwal kerja seluruh organ tubuh selama 24 jam atau sehari penuh. Nama lain dari jam biologis manusia adalah sirkadian, yaitu sistem yang mengatur keoptimalan organ tubuh sepanjang hari. 

Jam biologis manusia ini akan bekerja dan berproses selama 24 jam. Seperti sebuah alarm yang akan mengingatkan atau memberi kode kepada tubuh manusia kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh harus diberikan asupan makanan/minuman, dan kapan tubuh harus tetap terjaga serta proses lainnya.

Cara Kerja Jam Biologis Manusia

Dalam waktu 24 jam, berikut adalah cara kerja jam biologis manusia secara alami yang dialami oleh manusia;

  1. Pukul 00.00 – 02.59

Pada kurun waktu ini, Anda akan merasakan lelah kantuk sehingga tubuh dengan sendirinya akan terdorong untuk beristirahat. Hal ini disebabkan karena pada waktu tersebut, terjadi peningkatan produksi hormon melatonin yang menyebabkan rasa lelah dan kantuk. Pada waktu ini juga otak akan membersihkan diri dari zat yang mengalir akibat aktifitas seharian penuh.

  1. Pukul 03.00 – 05.59

Pada pukul 03.00 – 05.59, tubuh masih tetap memproduksi hormon melatonin meskipun jumlahnya semakin sedikit dibandingkan dengan sebelumnya. Pada kurun waktu ini energi Anda akan dialihkan untuk digunakan memperbaiki kulit atau melawan infeksi sehingga suhu tubuh Anda pada waktu ini akan mencapai titik terendahnya.

  1. Pukul 06.00 – 08.59

Pada waktu pagi hari, hormon melatonin telah berhenti memproduksi. Pada waktu ini pembuluh darah manusia menjadi lebih kaku dan lebih padat sehingga darah akan menjadi lebih kental. Inilah yang menyebabkan pada pagi hari tekanan darah sedang tinggi–tingginya. Bagi yang memiliki gangguan pada jantung tidak disarankan untuk berolahraga pada waktu ini karena rawan serangan jantung.

  1. Pukul 09.00 – 11.59

Periode waktu ini sangat tepat untuk melakukan aktivitas dalam bentuk apapun. Seperti bekerja, belajar maupun aktivitas lainnya. Pada waktu ini tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, menjaga kadar gula darah, serta mengendalikan stres. Hormon ini juga memberikan energi pada tubuh sehingga sangat mendukung aktivitas Anda.

  1. Pukul 12.00 – 14.59

Pada periode waktu ini tubuh akan cenderung merasakan kantuk yang teramat sangat. Orang – orang mengenal waktu ini sebagai waktu kritis. Pasalnya, diwaktu ini biasanya tubuh akan sibuk bekerja mengolah makanan sehingga membuat Anda merasakan kantuk. Diwaktu ini, Anda tidak direkomendasikan untuk mengerjakan hal–hal yang terlalu berat.

  1. Pukul 15.00 – 17.59

Pada pukul 15.00 – 17.59 kondisi paru–paru dan jantung sedang bekerja secara maksimal sehingga subuh tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Diwaktu ini kondisi otot pada tubuh sedang berada pada kondisi paling kuat sehingga sangat direkomendasikan untuk melakukan olahraga diwaktu ini.

  1. Pukul 18.00 – 20.59

Pada pukul 18.00 – 20.59 sistem kerja pencernaan sedang menurun dan tidak bekerja secara maksimal sehingga pada kurun waktu ini tidak disarankan untuk makanan makanan yang berlebih dalam porsi yang banyak. Sebab hati sedang bekerja mengeluarkan racun dari darah serta memproduksi protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Pukul 21.00 – 23.59

Pada kurun waktu ini, otak Anda akan memproduksi hormon melatonin atau hormon pemicu kantuk, tetapi ini hanya jika Anda adalah orang yang bangun tidur di pagi hari. Bagi mereka yang suka begadang, maka hormon melatonin akan diproduksi oleh otak pada waktu yang lebih larut. 

Dampak Jam Biologis Bagi Kesehatan

Dampak dari jam biologis manusia bagi kesehatan sangatlah banyak. Di antaranya adalah dapat menurunkan kemampuan kognitif seseorag seperti penurunan daya ingat dan sulit fokus. Selain itu juga dapat menyebabkan diabetes tipe 2, obesitas, insomnia bahkan menurut studi juga berdampak pada kesehatan mental seseorang. 

Gangguan jam biologis manusia juga ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini karena tidak teraturnya proses produksi protein dan jumlahnya menjadi tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sistem imun. 

Itulah penjelasan mengenai jam biologis manusia. Hal-hal sederhana seperti jam biologis manusia ternyata dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi kesehatan tubuh maupun mental seseorang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Arendt, J. Shift work: coping with the biological clock. 2010.  Available at: https://academic.oup.com/occmed/article/60/1/10/1439565?login=true  

(Accessed 15 September 2021)

Cool Facts About Your Biological Clock. 2014. Available at: https://earthsky.org/human-world/cool-facts-about-your-biological-clock/  

(Accessed 15 September 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang