Bantuan
Free Tele x

Sulit Tidur di Malam Hari? Begini Cara Cepat Tidur yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Jan 2022

Bagikan

Sulit Tidur di Malam Hari? Begini Cara Cepat Tidur yang Bisa Anda Lakukan

Apakah Anda sedang mencari cara cepat tidur? Mungkin bagi sebagian dari Anda, tidur dengan cepat merupakan hal yang sangat mudah. Namun, tahukah Anda ternyata ada orang-orang yang sulit tidur di malam hari. Sehingga, dia akan memulai hari dengan kondisi tubuh yang tidak terlalu prima. 

Apabila Anda salah satu orang yang sulit tidur di malam tersebut, maka ikuti terus penjelasan dalam artikel ini. Pasalnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur dengan cepat. 

Baca Juga: Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

Cara Cepat Tidur di Malam Hari

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Bahkan dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur 6-7 jam per harinya. Apabila Anda belum mampu mencukupinya karena sulit tidur di malam hari, coba lakukan cara cepat tidur di bawah ini. 

  1. Mulailah berolahraga

Cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan mulai berolahraga. Olahraga yang dilakukan pun sesuka hati Anda, baik ringan, sedang hingga berat. Dengan berolahraga maka membuat Anda merasa mengantuk sehingga lebih mudah untuk tidur. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa seorang penderita insomnia kronis yang rutin melakukan aktivitas fisik mampu membuatnya tertidur lebih cepat. 

  1. Kurangi alat elektronik sebelum tidur

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menjauhi dan mengurangi alat elektronik sebelum tidur. Dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak dapat dipungkiri jika setiap orang mungkin mulai tidak bisa lepas dengan perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer.  Bahkan beberapa dari mereka akan keasikan bermain smartphone hingga larut malam dan tanpa sadar dirinya kesulitan tidur. Oleh karena itu, cobalah kurangi atau jauhkan alat elektronik sebelum tidur. 

Baca Juga: Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

  1. Kurangi konsumsi kafein

Apakah sering mengonsumsi kafein seperti kopi, teh, ataupun minuman bersoda? Jika iya, sebaiknya mulailah mengurangi konsumsi kafein tersebut. Pasalnya, minuman berkafein ini dapat mengurangi kualitas tidur Anda. Apabila Anda tidak bisa lepas dari minuman berkafein, setidaknya hindari mengonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur. Hal ini karena, efek kafein akan mulai memudar setelah 4 jam. 

  1. Mandi air hangat sebelum tidur

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur. Dengan mandi air hangat maka tubuh akan menjadi lebih rileks. Ketika tubuh sudah rileks, maka kondisi ini akan membantu Anda bisa tertidur lebih cepat dan juga nyenyak. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari maka akan terasa lebih segar dan bertenaga untuk memulai hari. 

  1. Dengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan cara tidur cepat yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Terutama bagi Anda yang tidak suka dengan kesunyian, maka cara ini bisa menjadi cara yang efektif. Anda bisa memutar irama musik yang membuat Anda merasa tenang. Cara ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa musik mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak. 

  1. Metode militer

Metode militer merupakan praktik tidur dalam 30 detik yang sering dilakukan oleh militer Amerika Serikat. Caranya yaitu dengan memijat lembut otot-otot mulai dari kepala hingga ujung kaki. Setelah itu, ambillah posisi berbaring dengan meletakkan tangan di samping tubuh. Setelah itu, tarik dan buang napas secara perlahan dan rasakan. Hal terakhir yaitu mengosongkan pikiran selama 1 detik. 

  1. Berhitung 

Cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan berhitung. Mungkin Anda sedang sering mendengar bahwa jika ingin cepat tidur, cobalah menghitung domba atau serigala. Namun  ternyata hal tersebut benar-benar salah satu cara cepat tidur. Pasalnya, dengan berhitung maka dapat kecemasan dan pikiran negatif akan hilang. Sehingga menjadi lebih tenang dan rileks yang membuat tubuh akhirnya tertidur. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara cepat tidur bagi Anda yang sulit tidur di malam hari. Cobalah melakukan semua cara yang sudah dijelaskan di atas, apabila setelah melakukan semuanya dan gangguan tidur Anda tidak terselesaikan maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Dasgupta, Raj. 2020. 20 Simple Tips That Help You Fall Asleep Quickly. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-fall-asleep
  2. Kandola, Aaron. 2020. How can I get to sleep easily?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322928
  3. Leonard, Jayne. 2020. How to fall asleep fast: Methods to try. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-fall-asleep-fast
Bagikan artikel ini