Bantuan

Sering Dijadikan Pewarna Alami Ini Manfaat Bunga Telang yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

bunga telang

Tahukah Anda, ternyata bunga telang yang memiliki warna biru dan sering diekstrak menjadi pewarna makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui manfaat bunga telang karena lebih sering dijadikan sebagai tanaman hias. 

Bunga telang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea. Di setiap daerah di Indonesia mungkin memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti daerah Sumatra menyebut bunga ini dengan kelentit sedangkan di Jawa menyebutkan dengan kembang teleng. 

Manfaat Bunga Telang

Selain digunakan untuk tanaman hias dan pewarna alami, bunga telang juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat bunga telang bagi kesehatan tersebut? Berikut ini penjelasan manfaat bunga telang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menjaga fungsi otak

Manfaat bunga telang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui pertama yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa bunga telang mampu meningkatkan kadar asetilkolin pada otak tikus. Asetilkolin itu sendiri merupakan zat kimia yang memiliki peranan dalam menjaga kesehatan otak. Pasalnya, asetikolin ini berfungsi dalam mengurangi kehilangan memori dan meningkatkan daya ingat. 

Baca juga: Pahami Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Berikut Ini

  1. Meringankan depresi

Bunga telang juga bermanfaat dalam meringankan depresi yang Anda alami. Hal ini berkat adanya senyawa asam linoleat dan asam palmitat dalam ekstrak bunga telang. Kedua senyawa tersebut merupakan senyawa yang berperan dapat mengatasi gangguan depresi. Hal ini karena, asam linoleat memiliki sifat neuroprotektif yang akan melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Sedangkan asam palmitat memiliki sifat antioksidan  dan juga antidepresan. 

Baca juga: Lebih Berbahaya Dari Depresi, Anxiety disorder Adalah?

  1. Meredakan asma

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bunga telang memiliki manfaat dalam meredakan asma. Hal ini berkat sifat anti inflamasi yang dimiliki bunga tulang mampu mengurangi pembengkakan, peradangan dan juga produksi lendir yang berlebih pada saluran pernapasan. Berkat hal tersebut, maka gejala asma dapat dihindari. Oleh karena itu, mengonsumsi bunga telang mampu meningkatkan kontrol lebih kepada para penderita asma. 

Baca juga: Apa Penyebab Asma? Ketahui Jawabannya di Bawah Ini dan Cara Mencegahnya

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat bunga telang yang selanjutnya yaitu mampu mengatasi diabetes. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak bunga telah menunjukkan aktivitas anti diabetes yang signifikan dalam menurunkan kadar glukosa serum. Oleh karena itu, mengonsumsi teh bunga telang dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membutuhkan efektivitas dari manfaat yang satu ini. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

  1. Mengontrol tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi bunga telang. Pasalnya, bunga telang dipercaya mampu mengontrol tekanan darah dan menurunkan tekanan darah. Hal ini karena bunga telang memiliki senyawa antosianin yang dapat mengurangi kekakuan pada arteri. Ketika arteri kaku, maka darah akan sulit mengalir sehingga tekanan darah pun akan menjadi tinggi. 

Baca juga: Perhatian, Begini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Penderita Hipertensi

  1. Menjaga kesehatan mata

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan aliran darah di kapiler mata. Berkat meningkatkan aliran darah ini, membuat mata dapat menyesuaikan perubahan cahaya yang masuk sehingga meningkatkan penglihatan. Tidak hanya itu, bunga telang juga bermanfaat dapat mencegah mata katarak, kerusakan retina, kaburnya penglihatan, serta menenangkan mata yang sedang meradang

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat bunga telang yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini berkat kandungan flavonoid glikosida dalam biji bunga telang. Selain itu, di dalam ekstrak tumbuhannya terdapat senyawa fenolik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menghasilkan bahwa memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang mampu meningkat proses penyembuhan luka. 

Nah itulah dia beberapa manfaat bunga telang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, bunga tekang aman dikonsumsi, tetapi Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Beberapa efek samping yang bisa saja ditimbulkan diare mengonsumsi bunga telang yaitu diare dan  mual. Apabila gejala yang Anda rasakan lebih buruk, maka segeralah memeriksanya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Deretan Manfaat Bunga Matahari Selain Berguna untuk Tanaman Hias

Tag :
Referensi

MedicineNet. 2021. 8 Health Benefits of Blue Clitoria Ternatea. https://www.medicinenet.com/8_health_benefits_of_blue_clitoria_ternate/article.htm

Health Benefits Times. Facts about Butterfly Pea (Clitoria ternatea). https://www.healthbenefitstimes.com/butterfly-pea/

Bagikan artikel ini