Mengapa Punggung Terasa Panas? Ketahui Jawabannya Disini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mengapa Punggung Terasa Panas? Ketahui Jawabannya Disini

Pernahkah Anda merasakan sensasi punggung terasa panas secara tiba-tiba tanpa suatu penyebab yang jelas? Pada banyak kasus, kondisi punggung terasa panas ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat. Meskipun begitu, pada kasus lainnya hal ini diiringi pula oleh gejala tertentu yang dapat mengindikasikan adanya masalah atau gangguan dalam kesehatan.

Lantas apa saja hal yang dapat menyebabkan kondisi punggung terasa panas ini? Apakah ada hal yang dapat dilakukan untuk meredakannya? Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak terus penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi punggung terasa panas berikut ini.

 

Penyebab punggung terasa panas

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadikan punggung terasa panas secara tiba-tiba. Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkannya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Terbakar matahari

Penyebab punggung terasa panas yang pertama yaitu kulit yang terbakar matahari. Hal ini dapat terjadi apabila Anda baru saja melakukan kegiatan di luar ruangan dalam waktu yang lama. Kulit yang terpapar sinar matahari akan dengan mudah terbakar terutama jika Anda tidak menggunakan tabir surya atau sunscreen. Apabila punggun terasa panas disebabkan oleh sinar matahari, maka kulit akan terlihat memerah dan mengelupas. 

  1. Nyeri saraf

Nyeri saraf merupakan penyebab paling umum terjadinya punggung terasa panas. Apabila punggung terasa panas yang Anda alami disebabkan oleh nyeri saraf, umumnya akan disertai gejala seperti kesemutan, linu, mati rasa, dan perasaan seperti sengatan listrik di punggung. Kondisi ini dapat terjadi karena saraf mengalami tekanan atau luka sehingga tidak dapat mengirim sinyal. Hal ini akhirnya menimbulkan reaksi seperti panas, kesemutan dan mati rasa. 

  1. Asam lambung naik

Asam lambung naik atau heartburn juga menjadi salah penyebab punggung terasa panas. Heartburn itu sendiri merupakan naiknya asam lambung hingga kerongkongan yang umumnya terjadi karena makan terlalu banyak atau mengonsumsi makanan yang asam. Dalam kasus yang parah, naiknya asam lambung dapat menyebabkan punggung menjadi panas dan disertai sensasi sakit pada punggung. 

  1. Radiculitis lumbal

Radiculitis lumbal merupakan kondisi yang terjadi ketika piringan lunak di tulang belakang terpelintir dan menekuk. Kondisi ini menyebabkan iritasi pada saraf tulang belakang di bagian bagian bawah sehingga merasakan rasa sakit seperti terbakar. Rasa sakit ini umumnya akan menjalar ke punggung hingga bokong dan kaki. 

  1. Fibromyalgia

Seseorang yang memiliki gangguan fibromyalgia akan merasakan nyeri di sekujur tubuh yang cukup mengganggu aktivitas. Dalam hal ini, rasa nyeri tersebut juga akan diikuti pula oleh punggung yang terasa panas, yang terjadi karena sensasi rasa nyeri tersebut memengaruhi otak dalam memproses sinyal. Untuk itu, fibromyalgia ini dapat menyebabkan penderitanya merasakan nyeri terutama pada otot di bagian punggung.

 

Mengatasi punggung terasa panas

Agar kondisi punggung terasa panas ini dapat diatasi dengan baik sehingga tidak mengganggu aktivitas, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Adapun beberapa cara mengatasi punggung terasa panas tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Mengompres dengan handuk dingin

Mengompres punggung dengan handuk dingin yang telah dibungkus dengan es batu atau direndam pada air es, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi punggung terasa panas. Tempelkan handuk dingin ini selama 10 sampai 20 menit, dan pastikan es batu tidak menyentuh kulit secara langsung. 

  1. Mengoleskan pelembab

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, beberapa kasus punggung terasa panas disebabkan kondisi terbakar matahari. Dalam hal ini, yang dapat Anda lakukan adalah mandi dengan air dingin kemudian mengoleskan pelembab yang dapat memberikan efek dingin. 

  1. Istirahat sejenak

Ketika punggung terasa panas, cobalah untuk mengistirahatkan diri sejenak agar otot punggung dapat menjadi lebih rileks. Cobalah untuk berbaring dalam posisi miring untuk mengurangi tekanan pada punggung.

  1. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Konsumsi obat pereda nyeri dalam rangka mengatasi punggung terasa panas hanya dilakukan manakalah kondisi ini disebabkan oleh penyakit rematik, fibromyalgia, hingga saraf terjepit. Dalam hal ini, Anda dapat mengkonsumsi jenis obat NSAID seperti naproxen atau ibuprofen. 

Nah, itulah jawaban dari mengapa punggung terasa panas dan juga cara mengatasinya. Apabila cara mengatasi punggung terasa panas tidak efektif, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebabnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Christiano, Donna. 2018. Why Is My Back Constantly Hot and How Do I Treat It?

Villines, Zawn. 2019. What causes a hot back?. 

Healthgrades. Back Burning Sensation.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi