Bantuan

Tidak Hanya dapat Mengecilkan Perut, Ternyata Masih Banyak Manfaat Sit up bagi Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

sit up

Mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa manfaat sit up, yaitu untuk mengecilkan perut.  Namun faktanya, masih ada banyak manfaat sit up bagi tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Lalu apa saja manfaat sit up bagi tubuh tersebut?  Simak terus penjelasan di bawah ini. 

Manfaat Sit up

  1. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Manfaat sit up bagi tubuh yang pertama, yaitu memperbaiki keseimbangan tubuh. Hal ini karena, sit up akan melibatkan beberapa bagian otot pada tubuh seperti otot pinggul, otot panggul dan  otot punggung bawah. Apabila Anda rutin melakukan sit up maka akan memberikan efek berupa perbaikan pada keseimbangan tubuh.                                                                           

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Ternyata sit up juga mampu menciptakan tubuh menjadi lebih proporsional. Tidak hanya itu, sit up juga mampu menghindarkan Anda dari berbagai risiko cedera seperti cedera otot dan sendi serta skoliosis. Namun perlu diingat, jika Anda mengalami nyeri punggung sebaiknya untuk menghentikannya. Pasalnya sit up yang dipaksakan akan membuat nyeri punggung akan bertambah parah. 

  1. Menjaga Pencernaan 

Di dalam sistem pencernaan, usus merupakan salah satu bagian yang paling banyak bermasalah. Semua sisa makana yang ada di susu akan berkumpul sehingga menyebabkan radang hingga kanker. Akan tetapi, sit up mampu menggerakan otot yang ada di dalam perut sehingga mendorong usus untuk melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, dalam hal ini sit up bermanfaat dalam  menjaga sistem metabolisme tubuh. 

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat sit up bagi tubuh yang selanjutnya, yaitu mampu menjaga kesehatan otot. Jika Anda telah terbiasa melakukan sit up, maka tubuh akan mulai terlatih dan  membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain itu, melakukan sit up mampu meningkatkan massa otot, terutama otot pinggul dan otot perut. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa melakukan sit up mampu menurunkan risiko sakopenia atau kondisi di mana masa otot mengalami penurunan yang disebabkan oleh penuaan. 

  1. Menjaga Sistem Metabolisme 

Tahukah Anda, ketika Anda rutin melakukan sit up maka akan membangun otot pada bagian perut. Apabila otot bagian perut ini aktif maka pasokan oksigen ke dalam pembuluh darah akan terpenuhi. Kondisi ini akan membuat darah membantu sistem metabolisme di dalam tubuh. Oleh karena itu,  secara tidak langsung sit up bermanfaat dalam menjaga sistem metabolisme tubuh. 

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu inti kehidupan, yaitu peredaran darah di dalam tubuh. Mengapa demikian? Hal ini karena darah memasok oksigen ke seluruh tubuh. Dalam hal ini, sit up secara rutin akan membantu membuat otot bekerja secara maksimal yang akhirnya membuat peredaran darah berjalan dengan baik. 

  1. Memperindah Perut

Manfaat sit up yang terakhir, yaitu dapat memperindah perut. Pasalnya, saat melakukan sit up, maka otot-otot inti tubuh akan terlatih sehingga dapat membuat otot-otot perut juga menjadi lebih kencang dan terlihat rata. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang satu ini perlu dibarengi dengan olahraga aerobik agar dapat membakar lemak yang ada di perut. 

Melakukan Sit up dengan Benar

Manfaat-manfaat sit up di atas bisa Anda dapatkan apabila dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana cara melakukan sit up dengan benar? Tidak perlu khawatir sebab di bawah ini akan dijelaskan mengenai melakukan sit up dengan benar. 

  • Pertama-tama posisikan tubuh Anda dalam keadaan telentang. 

  • Tekuklah lutut Anda hingga telapak kaki menapak di lantai.

  • Letakkan tangan dalam posisi silang di dekat telinga atau di atas dada.  

  • Setelah berhasil memposisikan tubuh seperti diarahan sebelumnya maka angkatlah badan ke arah lutut sembari menghembuskan napas. 

  • Turunkan kembali tubuh Anda pada posisi berbaring semballi menarik napas.

Nah itulah beberapa manfaat sit up yang perlu Anda ketahui. Anda bisa melakukan sit up di mana saja. Akan tetapi, apabila Anda takut untuk melakukannya Anda bisa meminta bantuan instruktur ataupun melihat beberapa latihan olahraga. Semoga informasi mengenai manfaat sit up ini dapat bermanfaat bagi Anda. Bila ingin mendapatkan manfaat yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya untuk melakukannya dengan rutin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ini Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Bisa Anda lakukan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cronkleton, Emily. 2019. 9 Benefits of Sit-Ups and How to Do Them. https://www.healthline.com/health/sit-ups-benefits#benefits

Crossfit Invoke. Benefits Of Sit ups. http://www.crossfitinvoke.com/benefits-sit-ups/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang