Bantuan
Bantuan

Apa Saja Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Teh Chamomile

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat minum teh chamomile bagi kesehatan? Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengetahui jenis teh yang satu ini. Teh chamomile adalah teh yang terbuat dari bunga chamomile. Selain memiliki aroma yang wangi, teh chamomile juga memiliki berbagai macam manfaat apabila Anda konsumsi.

Manfaat Minum Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan coumarin, flavonoid, polyacetylenes, dan sesquiterpenes. Berbagai senyawa tersebut memiliki fungsi sebagai obat. Oleh karena itu, minum teh chamomile bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari minum teh chamomile? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Mencegah diabetes

Manfaat minum teh chamomile yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena, teh chamomile dapat mengatur kadar insulin dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa teh chamomile bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes. Akan tetapi, bagi penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu  sebelum mengonsumsi teh chamomile. 

  1. Mencegah osteoporosis

Tidak hanya mampu mencegah diabetes, minum teh chamomile juga dapat memberikan manfaat berupa pencegahan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dalam sebuah studi juga disebutkan bahwa teh chamomile memiliki efek anti antiestrogenik yang bermanfaat ketika memasuki usia menopause. Wanita menopause yang mengonsumsi teh chamomile ditemukan terjadi peningkatan kepadatan tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. 

  1. Menyehatkan kulit

Kandungan bakteri alami, antiinflamasi dan antioksidan dalam teh chamomile dapat membuang berbagai racun di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan tersebut juga dapat melindungi kulit dari berbagai pengaruh buruk dari luar tubuh. Dalam hal ini,  teh chamomile juga dapat meningkatkan elastisitas kulit karena dapat mengencangkan pembuluh kapiler yang berada di bawah kulit. Hal inilah yang membuat teh chamomile dianggap bisa menyehatkan kulit. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Teh chamomile sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Hal ini karena teh chamomile bisa membantu Anda dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dalam hal ini, teh chamomile memiliki efek yang menenangkan sehingga membuat Anda mengantuk. Efek ini berasal dari zat flavonoid yang dapat mengikat reseptor benzodiazepine di dalam otak sehingga menimbulkan rasa kantuk. Hal ini juga yang membuat teh chamomile dikenal juga dengan obat tidur alami. 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat minum teh chamomile yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh merupakan sistem yang dapat menangkal berbagai jenis infeksi yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, meningkatkan kekebalan tubuh menjadi penting. Dalam sebuah penelitian disarankan untuk mengonsumsi 5 hingga 6 gelas teh chamomile selama 2 minggu maka Anda akan mendapatkan dampak yang baik bagi tubuh dalam mencegah berbagai infeksi. 

  1. Meredakan stres

Teh chamomile juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Dalam hal ini, teh chamomile dapat meredakan stres karena memiliki efek relaksasi yang dapat meredakan perasaan cemas. Selain itu, teh chamomile juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang akan memberikan ketenangan serta relaksasi pada tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir teh chamomile setiap harinya. 

  1. Meredakan nyeri saat haid

Manfaat minum teh chamomile yang terakhir, yaitu dapat meredakan rasa nyeri saat haid. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa mengonsumsi teh chamomile dapat mengurangi nyeri pada saat haid. Hal ini berkat meningkatnya kadar glisin dalam urin saat mengonsumsi teh chamomile. Glisin itu sendiri merupakan zat yang akan membantu mengurangi kram pada otot. Tidak hanya itu, teh chamomile juga memiliki kandungan zat anti inflamasi dan efek relaksasi pada tubuh. 

Nah, itulah beberapa manfaat minum teh chamomile bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Walaupun teh chamomile memiliki banyak manfaat, Anda juga perlu membatasi konsumsi harian. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi teh chamomile lebih dari 4 cangkir sehari.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Disebut Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Teh Hijau Lainnya yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Elliot, Brianna. 2017. 5 Ways Chamomile Tea Benefits Your Health. https://www.healthline.com/nutrition/5-benefits-of-chamomile-tea#TOC_TITLE_HDR_2

Villines, Zawn. 2020. What are the benefits of chamomile tea?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320031

NDTV Food. 2020. 13 Benefits Of Chamomile Tea For Skin, Hair And Overall Health: Drink Up!. https://food.ndtv.com/food-drinks/13-incredible-chamomile-tea-benefits-drink-up-1629069

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang