Mari Mengenal Seluk Beluk Asam Urat Normal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Mari Mengenal Seluk Beluk Asam Urat Normal dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal

Menjaga kadar asam urat normal pada dasarnya adalah suatu hal yang sangat penting dan oleh karenanya perlu untuk diketahui. Bagaimana tidak, ketika kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal, Anda akan berisiko mengalami kerusakan tulang dan sendi.

Tidak hanya itu saja, kadar asam urat yang terlalu tinggi juga dapat memicu berbagai jenis penyakit mulai dari diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak, hingga penyakit ginjal dan juga penyakit jantung. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai kadar asam urat normal dan apa saja hal yang dapat dilakukan untuk menjaganya tetap normal.

Sekilas mengenai asam urat

Asam urat pada dasarnya adalah zat kimia yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin. Adapun purin dalam hal ini dapat dipahami sebagai sebuah senyawa kimia yang berasal dan diproduksi oleh tubuh serta bisa juga dijumpai pada sejumlah makanan.

Asam urat yang diproduksi tubuh biasanya akan larut dalam darah dan kemudian disalurkan ke ginjal untuk dieliminasi bersamaan dengan urin dan feses. Akan tetapi, pada beberapa kondisi tertentu di mana terjadi gangguan pada ginjal, proses pembuangan asam urat ini tidak dapat berjalan dengan baik. Pada akhirnya, kadar asam urat menjadi tinggi.

Selain karena gangguan dalam fungsi ginjal, tingginya kadar asam urat dalam tubuh juga dapat terjadi karena tingginya produksi asam urat dalam tubuh. Bahkan, terkadang hal ini juga terjadi bersamaan dengan gangguan pada fungsi ginjal, sehingga kadar asam urat pun menjadi semakin tinggi.

Kadar asam urat normal

Apabila kadar asam urat yang ada dalam tubuh Anda berlebihan, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan akan terganggu. Karena itu, mengetahui kadar asam urat normal adalah suatu hal yang penting. 

Dalam hal ini, kadar asam urat normal pada wanita dewasa berkisar antara 2,4 sampai 6 mg/dL. Adapun pada pria dewasa, angka normalnya berkisar di 3,1 sampai 7 mg/dL. Untuk anak-anak, kadar asam urat normal adalah sekitar 2 sampai 5,5 mg/dL.

Baca Juga: Redakan Nyeri Asam Urat Ketika Kambuh dengan Obat Asam Urat Alami

Cara menjaga kadar asam urat tetap normal

Agar kadar asam urat dalam darah tetap stabil, cobalah untuk menerapkan tips-tips berikut ini dalam keseharian Anda. 

  1. Hindari makanan yang mengandung banyak purin

Cara menjaga kadar asam urat tetap normal yang pertama yaitu menghindari makan-makanan yang mengandung banyak purin. Beberapa makanan yang memiliki kandungan purin yang banyak yaitu beberapa sayuran, makanan laut dan, daging. Apabila Anda mengkonsumsi makanan tersebut, maka akan membuat kadar asam urat naik. 

  1. Hindari konsumsi gula yang berlebih

Untuk dapat menjaga asam urat tetap normal, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi gula yang berlebih. Pasalnya, gula yang berlebih dapat memicu kadar asamurat meningkat. Beberapa minuman mengandung gula yang perlu Anda hindari yaitu sirup jagung, minuman bersoda, dan juga jus buah yang ditambahi gula. 

Baca Juga: Allopurinol untuk Asam Urat

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, agar dapat menjaga kadar asam urat tetap normal, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih lebih banyak. Dengan mengonsumsi air putih yang banyak, maka dapat membantu ginjal mengeluarkan asam urat lebih cepat. Selain air putih, Anda juga bisa minum infused water

  1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara dalam menjaga kadar asam urat tetap normal. Pasalnya, berat badan yang berlebih dalam meningkatkan kadar asam urat. Tidak hanya itu, berat badan yang berlebih juga akan mengganggu fungsi ginjal dalam menyaring asam urat. Perlu diingat, apabila ingin menurunkan berat badan jangan lakukan diet ketat. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

  1. Menghindari alkohol

Cara menjaga kadar asam urat tetap normal yang terakhir yaitu menghindari konsumsi alkohol. Pasalnya, pada saat Anda mengonsumsi alkohol, maka tubuh akan cenderung mengalami dehidrasi. Pada saat tubuh mengalami dehidrasi, maka dapat memicu kadar asam urat yang tinggi. 

Demikianlah penjelasan mengenai kadar asam urat normal dan bagaimana cara menjaganya agar tetap stabil. Pantau terus kadar asam urat Anda agar dapat diambil tindakan pencegahan sesegera mungkin apabila kadar asam urat berada pada kisaran yang tidak normal. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa sih penyebab dan pantangan asam urat?

 

Sumber: 

Iftikhar, Noreen. 2019. Natural Ways to Reduce Uric Acid in the Body. 

 

Villines, Zawn. 2019. How to lower uric acid levels naturally.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi