Bantuan
Free Tele x

Redakan Nyeri Asam Urat Ketika Kambuh dengan Obat Asam Urat Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Redakan Nyeri Asam Urat Ketika Kambuh dengan Obat Asam Urat Alami

Banyak orang yang mempertanyakan obat asam urat alami, karena begitu asam urat ini kambuh, gejala yang dirasakan akan sangat mengganggu aktivitas. Berbagai cara pun dicoba untuk mengatasi hal tersebut, termasuk dengan mengonsumsi obat asam urat alami. 

Meskipun tidak dapat mengatasi penyakit asam urat secara total, namun obat asam urat alami ini dianggap dapat meredakan gejala nyeri tak tertahankan yang timbul ketika penyakit tersebut kambuh. Lantas apa saja obat asam urat alami tersebut? 

  1. Jahe

Khasiat jahe sebagai obat-obatan herbal sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam kaitannya dengan obat asam urat alami, jahe dianggap dapat menjadi pereda rasa nyeri yang terjadi akibat peradangan. Klaim ini pun didukung oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jahe bisa digunakan sebagai obat topikal (ditujukan untuk pemakaian luar yang dioleskan secara langsung pada permukaan kulit) dalam mengatasi gejala nyeri sendi. 

  1. Teh Hijau

Siapa yang tidak mengenal teh hijau? Jenis teh yang satu ini dipercaya mampu datangkan beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk dapat menjadi obat asam urat alami. Mengapa demikian? Hal ini karena kandungan dari teh hijau itu sendiri yang dapat membantu mengontrol kadar asam urat. Dengan kadar asam urat yang terkontrol, maka kambuhnya penyakit asam urat juga akan dapat dihindari. 

  1. Minyak Zaitun

Sama halnya seperti teh hijau, minyak zaitun bisa Anda konsumsi sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah kambuhnya asam urat. Minyak zaitun dalam hal ini memiliki kandungan vitamin E yang cukup melimpah, yang berperan sebagai pengendali kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang mampu meredakan peradangan yang terjadi. 

  1. Kembang Sepatu

Siapa yang menyangka bahwa bunga cantik yang satu ini bisa dikonsumsi, bahkan bisa menjadi obat asam urat alami? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, bunga kembang sepatu terbukti dapat menurunkan kadar asam urat. Pada akhirnya, kambuhnya gejala penyakit asam urat akan dapat dicegah. Meskipun begitu, karena studi ini baru dilakukan pada hewan uji, kemanjurannya pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.


Baca Juga: Lakukan Cara Mencegah Asam Urat Berikut Ini


  1. Pisang

Pisang sepertinya telah menjadi buah favorit semua orang. Selain memiliki rasa yang lezat, harga terjangkau, serta mudah didapatkan, pisang juga terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan kaliumnya yang ternyata juga dapat membantu meredakan gejala penyakit asam urat ketika kambuh. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dan sebaiknya tidak mengkonsumsi pisang secara berlebihan, karena kandungan fruktosanya dikhawatirkan akan dapat memicu asam urat. 

  1. Cuka Apel

Anda tentu tahu bahwa cuka apel memiliki sifat yang cukup asam. Berkaitan dengan ini, hal tersebutlah yang dapat mengurangi rasa sakit ketika asam urat kambuh, karena cuka apel dapat meningkatkan kebasaan tubuh, sekaligus berperan sebagai antiinflamasi. Klaim ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, yang mengatakan bahwa cuka apel dapat meningkatkan pengeluaran kadar asam urat berlebihan dari dalam tubuh. Pada akhirnya, hal ini juga akan membuat Anda terhindar dari penyebab asam urat kambuh.

  1. Air Lemon

Obat asam urat alami berikutnya adalah air lemon, yakni pencampuran irisan lemon dengan segelas air, layaknya infused water. Mengonsumsi air lemon ini dapat membantu tubuh dalam mengeliminasi tumpukan kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh, karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk cara alami yang satu ini, sejatinya Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air lemon. 

  1. Teh Jelatang

Jenis teh yang satu ini sudah menjadi obat tradisional yang telah digunakan untuk mengobati asam urat sejak lama. Bagaimana tidak, teh jelatang ini memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan ataupun rasa nyeri yang ditimbulkan dari gejala kambuhnya asam urat. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat teh jelatang ini untuk asam urat. 

Demikianlah beberapa obat asam urat alami yang bisa dijadikan alternatif bagi Anda penderita penyakit asam urat. Terlepas dari efektivitasnya yang masih butuh untuk diteliti lebih lanjut, sejatinya bahan-bahan alami di atas memiliki banyak manfaat, sehingga tidak ada salahnya jika dimasukkan dalam menu diet harian Anda.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Whitworth, Gerhard. 2019. 10 home remedies for gout. 

Arthritis Foundation. Supplement and Herb Guide for Arthritis Symptoms.

Tag :
Bagikan artikel ini