Bantuan

Mengenali Organ-organ dalam Sistem Pernapasan Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Organ Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan manusia merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Sistem pernapasan manusia ini terdiri dari sekumpulan jaringan organ yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing untuk membantu manusia bernapas. Mengenali masing-masing organ ini merupakan salah satu cara kita mengenal lebih dalam mengenai tubuh, terutama mengenai kebutuhannya untuk bernapas. 

Bernapas sejatinya merupakan sebuah proses tubuh menghirup oksigen serta mengeluarkan karbondioksida kembali dari paru-paru. Satu rangkaian menghirup serta menghembuskan udara dihitung sebagai 1 kali napas. 

 

Organ dalam sistem pernapasan manusia

Untuk dapat bertahan hidup, manusia membutuhkan oksigen. Berkaitan dengan hal ini, seluruh organ dalam sistem pernapasan manusia berusaha memenuhi kebutuhan akan asupan oksigen tersebut. Selain itu, sistem pernapasan manusia juga bekerja agar limbah karbondioksida yang dihasilkan dari proses metabolisme dapat dikeluarkan dari tubuh.

Secara keseluruhan, sistem pernapasan manusia terbagi menjadi dua bagian utama, yakni organ pernapasan atas dan bawah. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut. 

 

Sistem pernapasan atas

  1. Hidung

Organ dari sistem pernapasan atas manusia yang pertama dan menjadi pintu keluar masuknya udara adalah hidung. Pada bagian dalam organ ini terdapat rambut-rambut halus yang dapat menyaring kotoran dari udara yang dihirup agar tidak masuk ke dalam tubuh

  1. Sinus

Terletak pada tulang tengkorak, sinus merupakan rongga yang juga memegang peranan penting dalam sistem pernapasan manusia. Dalam hal ini, sinus dapat membantu mengatur suhu serta kelembapan udara yang dhirup.

  1. Adenoid

Adenoid sendiri merupakan jaringan kelenjar getah bening yang terletak di tenggorokan. Bagian dari sistem pernapasan manusia ini sangat berjasa dalam melawan infeksi serta benda asing yang masuk ke tubuh.

  1. Tonsil

Sering juga disebut sebagai amandel. Tonsil adalah kelenjar getah bening yang ada di dinding faring. Meskipun tidak begitu penting, amandel ini harus dibuang jika mengalami infeksi atau peradangan.

  1. Faring

Faring adalah tabung yang terdapat pada bagian belakang mulut serta rongga hidung yang berperan sebagai saluran udara yang menghubungkan keduanya dengan trakea. 

 

Sistem pernapasan bawah

  1. Laring

Dikenal pula sebagai kotak suara, laring merupakan penghubung antara faring dan juga trakea. Pada bagian ini terdapat pita suara serta katup yang memisahkan saluran untuk makanan dengan saluran untuk udara.

  1. Trakea

Fungsi utama dari trakea adalah untuk mengalirkan udara dari dan juga ke paru-paru. Dikenal pula sebagai batang tenggorokan, trakea ini memiliki panjang sekitar 10 cm dengan diameter sekitar 2,5 cm.

Baca juga: Salah Satu Organ dalam Sistem Pernapasan, Ini Fungsi Trakea yang Perlu Anda Ketahui

  1. Bronkus

Setelah dari trakea akan terdapat percabangan yang disebut sebagai bronkus. Percabangan ini merupakan saluran yang menuju ke paru-paru kanan dan kiri. 

  1. Paru-paru

Organ penting dalam sistem pernapasan bawah berikutnya adalah paru-paru, yang merupakan sepasang organ di dalam tulang rusuk. Peran utama dari organ ini adalah menampung udara yang mengandung oksigen, kemudian mengalirkannya ke seluruh tubuh. 

Baca juga: Mengenal Struktur dan Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

  1. Bronkiolus

Merupakan cabang dari bronkus, bronkiolus berperan sebagai penghubung antara bronkus dan alveoli untuk menyalurkan udara. Tidak hanya itu saja, bronkiolus juga dapat mengontrol udara yang masuk dan keluar ketika proses pernapasan.

  1. Alveolus

Alveolus merupakan kantung kecil di dalam paru-paru, yang merupakan ujung dari bronkiolus. Fungsi dari organ yang satu ini adalah sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbondioksida. 

  1. Diafragma

Diafragma merupakan dinding otot kuat yang berperan sebagai pemisah rongga dada dengan rongga perut. Dalam sistem pernapasan manusia, diafragma menjadi otot yang digunakan saat bernapas dan akan bergerak naik dan turun seiring proses tersebut. 

Demikianlah penjelasan mengenai organ dalam sistem pernapasan manusia yang perlu Anda ketahui. Mengingat masing-masingnya memegang peranan yang sangat penting maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga agar ia tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Berkaitan dengan hal ini, Anda harus bisa waspada terhadap berbagai ancaman penyakit yang mungkin menyerang, mulai dari yang berasal dari luar ataupun dari dalam sistem pernapasan itu sendiri. Adapun beberapa ancaman sistem pernapasan di antaranya adalah pilek, flu, asma, pneumonia, TBC, bronkitis hingga Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

Cleveland Clinic. Respiratory System. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/21205-respiratory-system

Elliott, David H. Human respiratory system. https://www.britannica.com/science/human-respiratory-system

University of Rochester Medical Center. Anatomy of the Respiratory System. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=p01300

Ratini, Melinda. 2019. Respiratory System. https://www.webmd.com/lung/how-we-breathe

Bagikan artikel ini