Mari Mengenal Apa itu LGBT dan Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Mengenal Apa itu LGBT Beserta Penyebabnya

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya apa itu LGBT dan penyebabnya? Pada beberapa tahun belakang ini, istilah LGBT semakin sering terdengar di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Para anggota LGBT mencoba untuk mendapatkan pengakuan di berbagai negara. Akan tetapi, apa itu LGBT dan penyebabnya? Mari cari tahu penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu LGBT?

LGBT merupakan singkatan dari lesbian, gay, biseksual dan transgender. Pada awalnya, LGBT hanya dimaknai pada kelompok transgender dan homoseksual. Akan tetapi, saat ini LGBT menjadi singkatan yang melingkupi orientasi seksual dan identitas gender.

LGBT melingkupi orientasi seksual dan juga identitas seksual diluar dari gender dan orientasi seksual yang umumnya ada di masyarakat. Untuk dapat memahaminya lebih jauh, berikut ini akan dijelaskan mengenai orientasi seksual LGBT. Simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Lesbian

Lesbian merupakan orientasi seksual seorang wanita yang memiliki ketertarikan terhadap wanita juga. Namun hal ini mencakup juga terhadap seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai wanita seperti transpuan. Transpuan merupakan seorang pria namun mendefinisikan dirinya sebagai wanita. 

  1. Gay

Gay merupakan orientasi seksual yang memiliki ketertarikan satu sama lain dengan jenis kelamin yang sama contohnya yaitu pria dan pria. Pada dasarnya lesbian juga merupakan gay karena memiliki ketertarikan sesama jenis. Namun pada umumnya, gay diartikan sebagai pria yang menyukai pria. 

  1. Biseksual

Banyak yang mengartikan biseksual sebagai ketertarikan terhadap pria dan wanita. Akan tetapi pengertian ini masih sedikit kurang tepat, karena biseksual pada dasarnya merupakan ketertarikan terhadap semua gender seperti, wanita, pria, gender biner, transgender, non biner dan lainnya.  

  1. Transgender

Transgender merupakan ekspresi gender yang berlawanan dengan gender yang dimiliki sejak lahir. Seseorang dapat didefinisikan sebagai transgender tidak hanya ketika telah melakukan operasi ganti kelamin atau terapi hormon. Orang yang belum melakukan ganti kelamin atau terapi hormon juga bisa didefinisikan sebagai transgender.

Baca Juga: Kesehatan Mental Dalam Masa Pandemi

Apa Penyebab LGBT

Lantas apa yang menyebabkan seseorang bisa menjadi LGBT? Hingga saat ini, tidak diketahui secara pasti alasan mengapa seseorang bisa menjadi seorang lesbian, gay, biseksual, transgender. Akan tetapi, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orientasi seksual dapat disebabkan oleh faktor biologis yang dimulai dari sebelum kelahiran.

Pada dasarnya, seseorang tidak memutuskan kepada siapa Anda akan tertarik. Begitu pula dengan orang lain, Anda tidak bisa membuat atau merubah orientasi seksual orang lain. Sebagai contoh, Anda memberikan permainan boneka pada anak pria, maka hal tersebut tidak akan membuatnya menjadi seorang gay. 

Walaupun begitu, ada beberapa hal yang dianggap sebagai faktor yang menyebabkan seseorang bisa menjadi LGBT. Apa saja faktor tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor yang dipercaya menyebabkan seseorang menjadi gay yaitu lingkungan. Beberapa orang yang menjadi seorang LGBT mengaku bahwa pergaulan mereka dapat mempengaruhi orientasi seksual mereka saat ini. Tidak hanya itu, faktor kedua orang tua yang selalu bertengkar ataupun bercerai dapat mempengaruhi orientasi seksual. 

  1. Faktor Genetik

Faktor yang dapat mempengaruhi seseorang menjadi selanjutnya LGBT yaitu faktor genetik. Hal ini disebabkan hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Pada dasarnya, naluri akan orientasi seksual akan berkembang sebelum pubertas atau sebelum seseorang memiliki pengalaman seksual. 

  1. Faktor Pengalaman Traumatis

Faktor yang dapat mempengaruhi seseorang yaitu pengalaman traumatis. Pengalaman buruk yang dialami seseorang akan terus melekat di dalam hati dan pikiran sehingga menimbulkan trauma. Salah satu contoh pengalaman traumatis yaitu pelecehan seksual.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu LGBT dan penyebabnya. Setelah di bahas di atas, maka dapat disimpulkan apa itu LGBT dan penyebabnya adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksual dan transgender yang penyebabnya masih belum diketahui. 

Terlepas dari keyakinan Anda terhadap LGBT, namun sangat disarankan untuk tidak melakukan perlakuan kasar terhadap orang lain. Sebagai sesama manusia tugasnya yaitu memperlakukan manusia lain dengan baik. Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa menjadi LGBT bukanlah pilihan, sehingga tidak dapat diubah. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Meditasi Mindfulness: Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. What Scientists Know—And Don’t Know—About Sexual Orientation (2015) 
  2. What causes sexual orientation?
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi