Mari Ketahui Seluk Beluk Masa Subur Wanita

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Mari Ketahui Seluk Beluk Masa Subur Wanita

Mungkin banyak di antara Anda masih belum mengetahui mengenai masa subur wanita. Anda tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai masa subur wanita yang penting untuk Anda ketahui. Mengetahui masa subur wanita merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Masa Subur Wanita

Di dalam siklus haid, terdapat hari-hari tertentu di mana seorang wanita akan berada di posisi paling subur untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki kesempatan terbesar untuk hamil. Masa subur wanita tersebut adalah 2 hingga 5 hari sebelum ovulasi.

Oleh karena itu,  penting untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, karena pada saat ovulasi terjadi pelepasan sel telur dan harus segera dibuahi dalam 12 hingga 24 jam. Apabila terjadi pertemuan antara sel telur dan sperma di waktu yang tepat maka memiliki peluang yang besar untuk terjadinya kehamilan. 

Ovulasi yang dialami setiap wanita, tentunya berbeda-beda. Pada siklus haid yang yang rata-rata 28 hari, maka ovulasi biasanya terjadi pada hari 12 hingga 14 setelah hari pertama haid. Namun, yang menjadi tantangan adalah lama haid selalu berubah ubah. Hal inilah yang membuat ovulasi dapat terjadi sepekan lebih cepat ataupun lebih lambat dibanding periode sebelumnya. 

Cara Menghitung Masa Subur

Untuk menghitung masa subur wanita, dibutuhkan catatan dan analisis siklus haid setidaknya selama 8 bulan terakhir. Setelah itu Anda tinggal menghitung masa subur dengan mengetahui siklus terpendek Anda. contohnya, siklus haid terpendek Anda adalah 27, maka kurangi 27 dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Angka 9 ini adalah hari pertama saat Anda berada di masa subur.

Selain mengetahui siklus terpendek, Anda juga perlu mengetahui siklus terpanjang. Contohnya, siklus terpanjang yang Anda alami adalah 30 hari. Maka 30 dikurangi dengan 11 akan menghasilkan Angka 19. Angka 19 ini adalah hari terakhir Anda berada di masa subur. Jadi dapat disimpulkan, jika siklus haid Anda berada di rata-rata 27-30 hari, maka masa subur Anda adalah di hari k3 9 hingga ke 19. 

Baca Juga: Disebut dapat Tingkatkan Kesuburan, Berikut Ini Khasiat Ketumbar untuk Pria

Tanda-Tanda Masa Subur

Selain dengan cara menghitung masa subur, Anda juga bisa memprediksi masa subur Anda dengan mengetahui beberapa tanda. Apa saja tanda-tanda Anda sedang berada di masa subur? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Perubahan Lendir Pada Mulut Rahim

Tanda pertama Anda sedang berada di masa subur yaitu adanya perubahan lendir dari mulut rahim. Sebelum memasuki hingga selama terjadinya ovulasi, terdapat perubahan lendir yang meliputi warna, tekstur dan juga jumlah. Beberapa hari sebelum terjadinya ovulasi, lendir akan menjadi lengket, keruh dan juga keputihan.

Dan tepat sebelum ovulasi, lendir menjadi seputih telur dan licin. Biasanya hal ini terjadi selama 3-4 hari, dan pada saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual untuk meningkatkan kesempatan hamil.

  1. Nyeri Pada Perut

Selain terdapat perubahan lendir, tanda yang selanjutnya yaitu nyeri pada perut dan juga punggung. Pada masa ovulasi, pada beberapa wanita tidak jarang akan merasakan nyeri ringan bahkan  berat di bagian bawah perut atau punggung. Rasa nyeri pada perut atau punggung ini, dapat menjadi salah satu tanda Anda sedang berada di masa subur wanita. 

  1. Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Tanda Anda sedang berada di masa subur yaitu terjadi peningkatan suhu basal tubuh atau subuh tubuh pada saat Anda bangun di pagi hari. Pada umumnya, suhu tubuh normal manusia berada di 35,5 hingga 36,6 derajat celcius. Apabila Anda memiliki suhu tubuh yang sedikit lebih tinggi, bisa jadi merupakan tanda Anda sedang mengalami ovulasi. 

  1. Merasa Lebih Bergairah

Tidak jarang, tepat sebelum terjadinya ovulasi,  sebagian wanita akan merasa lebih bergairah dan lebih bersemangat. Tidak hanya itu, wanita yang sedang berada di masa subur juga terlihat lebih seksi daripada biasanya. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai seluk beluk masa subur wanita yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda dengan pasangan sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda memahami masa subur Anda agar meningkatkan kesempatan hamil. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memperkirakan masa subur Anda.  

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Adakah Peran Olahraga dalam Membangun Kesuburan Pria?

 

Sumber:

1. Gurevich, Rachel. 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time. (2020)

2. Mayo Staff Clinic. Getting pregnant (2019)

3. How To Calculate Your Fertile Window Using Your Menstrual Cycle.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi