Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Proses Melahirkan Normal?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Proses Melahirkan Normal?

Menjalani proses melahirkan normal adalah metode persalinan tanpa obat-obatan atau anestesi dan pembedahan. Banyak wanita yang memilih metode ini karena dikatakan bahwa tubuh akan lebih cepat pulih dibandingkan dengan metode melahirkan secara caesar. Penelitian menunjukkan bahwa untuk wanita yang ingin menjalani proses melahirkan normal, jika mempersiapkan dengan baik maka dapat meningkatkan kemungkinan untuk terhindar dari hambatan yang tidak perlu. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk proses melahirkan normal :

  1. Persiapan fisik, dimana persiapan ini sama pentingnya dengan persiapan pikiran Anda. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dengan porsi kecil, namun juga banyak mengkonsumsi sayuran segar. Tak hanya itu, juga konsumsi banyak air putih dan batasi makanan yang mengandung gula, tepung putih, pemanis kimia, dan makanan dalam kemasan. Hal ini penting karena tubuh Anda akan mengalami perubahan yang cukup signifikan, baik saat plasenta dan bayi mulai tumbuh dan berkembang, cairan yang bertambah, dan persiapan untuk menyusui. Selain asupan gizi yang baik, Anda juga harus banyak melakukan olahraga sehat. Anda dapat mencoba yoga prenatal, jongkok, berenang, dan berjalan. Mengikuti kelas prenatal dan mempraktikkan posisi dan teknik pijat di rumah bisa menjadi persiapan tubuh Anda secara fisik untuk proses melahirkan normal.

  2. Persiapan tempat atau penyedia perawatan menjadi hal yang perlu Anda persiapkan untuk proses melahirkan normal. Menemukan penyedia perawatan yang nyaman menjadi detail terpenting. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan wanita dengan penyedia perawatan adalah faktor utama dalam menentukan tingkat kepuasan wanita saat pengalaman melahirkan terlepas dari apapun hasilnya. Saat Anda menemukan penyedia perawatan, maka itu juga akan menentukan lokasi. Anda dapat menemukan penyedia perawatan, yang dapat membantu merawat di tempat melahirkan pilihan Anda seperti rumah sakit, rumah, atau pusat bersalin.

  3. Hal yang perlu dipersiapkan untuk proses melahirkan normal berikutnya adalah pikiran Anda. Mempersiapkan pikiran dan jiwa Anda sama pentingnya dengan persiapan fisik untuk Anda yang menginginkan proses melahirkan normal. Tidur malam dan tidur siang yang cukup juga menjadi hal yang baik untuk menjaga pikiran Anda. Banyak cara untuk membantu Anda bersantai sekaligus belajar selama kehamilan seperti kelas melahirkan, program audio, meditasi, dan buku. Hal ini penting untuk bermeditasi dan relaksasi mendalam, Anda juga dapat mempersiapkan pikiran dengan mencari cerita persalinan yang positif. Setiap orang memiliki cerita untuk dibagikan pada Anda saat hamil, ada yang menginspirasi namun ada juga yang mungkin buruk. Meskipun begitu, Anda tetap dapat mendengarkan sedikit cerita yang mungkin sedikit menakutkan. Carilah teman yang telah memiliki pengalaman melahirkan normal, dan tanyalah beberapa detail yang Anda ingin ketahui. 

  4. Persiapkan tim Anda, tahukah Anda bahwa dukungan yang Anda dapatkan selama proses persalinan akan berdampak besar pada hasil dan perasaan Anda tentang kelahiran yang akan dijalani. Maka, dari itu pastikan Anda memiliki tim pendukung yang hebat, bisa dari keluarga atau teman dekat Anda. mengadakan pertemuan tim bersalin dengan tim Anda, lalu pastikan mereka memahami cara terbaik untuk mendukung proses melahirkan normal Anda. Berilah mereka pekerjaan tertentu seperti logistik, Anda juga dapat membicarakan kebutuhan apa yang kiranya akan Anda butuhkan saat proses persalinan nanti. 

  5. Persiapkan barang Anda, kemasi barang-barang Anda dengan terencana. Bila Anda merencanakan melahirkan di rumah maka persiapkan makanan dan minuman, juga persiapkan ruangan yang akan Anda gunakan. Bawa musik, makanan, minuman, atau apapun yang dapat membuat pengalaman persalinan Anda nyaman. Jika Anda senang mendengar musik, Anda juga dapat membuat playlist untuk bantu menenangkan suasana. 

Mungkin beberapa hal diatas terdengar sepele, namun nyatanya dapat membantu Anda menjalani proses melahirkan normal yang akan datang. Hari melahirkan menjadi hari yang berharga, baik melalui proses melahirkan normal atau pun melalui caesar. Sehingga sudah seharusnya Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan persiapan yang matang. Juga agar pengalaman kehamilan dan melahirkan Anda baik dan menyenangkan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Referensi :

How To Prepare For Natural Birth | SF Birth Center | Blog

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi