Bantuan
Free Tele x

Disebut dapat Tingkatkan Kesuburan, Berikut Ini Khasiat Ketumbar untuk Pria

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Disebut dapat Tingkatkan Kesuburan, Berikut Ini Khasiat Ketumbar untuk Pria

Benarkah bahwa khasiat ketumbar untuk pria adalah mampu meningkatkan kesuburan? Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan yang sudah sangat terkenal dan umum digunakan di Indonesia. Bumbu yang mudah ditemukan di setiap dapur ini digadang-gadang memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa saja khasiat ketumbar untuk pria? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan berikut ini.

Kandungan nutrisi dalam ketumbar

Sebuah ketumbar memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Hal inilah yang kemudian menjelaskan mengapa rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam ketumbar adalah sebagai berikut.

  • Karbohidrat

  • Lemak

  • Protein

  • Vitamin C

  • Provitamin A

  • Vitamin K

  • Potasium

  • Folat

  • Mangan

  • Beta karoten

  • Choline

  • Lutein

  • Beta-cryptoxanthin

  • Zeaxanthin

Kandungan nutrisi pada ketumbar ini bisa Anda rasakan manfaatnya apabila Anda mengonsumsi ketumbar itu sendiri dengan jumlah yang tepat dan tentunya tidak berlebihan. Selain itu, Anda perlu memperhatikan konsumsi ketumbar bagi yang memiliki alergi tertentu, gangguan pernapasan, hingga penyakit hati. 

Manfaat ketumbar bagi kesehatan

Sebelum memasuki pembahasan mengenai khasiat ketumbar untuk pria, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat ketumbar bagi kesehatan secara umum. Adapun beberapa manfaat ketumbar tersebut diantaranya adalah:

  1. Mendetoksifikasi tubuh

Tubuh pada dasarnya memiliki sistem detoksnya sendiri, yang berperan penting dalam mengeliminasi zat-zat berbahaya yang ada dalam tubuh. Meskipun begitu, sistem detoks ini membutuhkan bahan bakar agar bisa bekerja dengan maksimal. Dalam hal ini, ketumbar bisa menjadi bahan bakar tersebut, yang membantu tubuh dalam proses detoksifikasi. Dengan itu, ketumbar mampu mengangkat zat-zat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh, mengumpulkan zat-zat tersebut, hingga pada akhirnya mengeluarkannya dari tubuh.

  1. Melindungi otak 

Manfaat lainnya dari ketumbar bagi kesehatan tubuh adalah mampu menjaga otak dan juga sistem saraf. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, ketumbar memiliki peran penting dalam sistem detoksifikasi tubuh. Dengan begitu, secara tidak langsung ketumbar juga dapat melindungi otak dari adanya penumpukan zat berbahaya penyebab Alzheimer, sklerosis, hingga penyakit Parkinson. Bahkan, berdasarkan penelitian efek anti inflamasi dan perlindungan pada sistem saraf yang diberikan oleh ketumbar ini bersifat jangka panjang. 

  1. Mencegah risiko penyakit jantung

Penyakit jantung hingga kini masih menjadi momok yang menakutkan karena menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Mewaspadai penyakit ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun ketumbar dalam jumlah yang cukup. Daun ketumbar dalam hal ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara keseluruhan. Selain itu, daun ketumbar juga mampu menurunkan kadar trigliserida, yang juga merupakan faktor pendorong utama terjadinya penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya wortel saja, nyatanya ketumbar juga mampu menjaga kesehatan mata Anda. Bagian ketumbar yang mampu mendatangkan manfaat ini adalah bagian daunnya, yang kaya akan vitamin C. Jumlah kandungan vitamin C pada daun ketumbar ini adalah sebanyak 7,6 milligram.

Khasiat ketumbar untuk pria

Selain bermanfaat bagi kesehatan secara umum, ketumbar ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk pria, terutama jika dikaitkan dengan hubungan seksual. Lantas apa saja khasiat ketumbar untuk pria tersebut?

  1. Mampu mengatasi impotensi

Dalam kaitannya dengan khasiat ketumbar untuk pria dalam hubungan seksual, bumbu masak yang satu ini dipercaya mampu mengatasi impotensi. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter berkaitan dengan penggunaan ketumbar dalam rangka mengatasi impotensi tersebut. Biasanya, ketumbar bersifat sebagai obat alami yang dapat membantu percepatan proses penyembuhan.

  1. Meningkatkan libido

Berdasarkan penelitian, khasiat ketumbar untuk pria yang mengonsumsinya adalah mampu meningkatkan libido atau gairah seksual. Dorongan ini datang dari kandungan vitamin A dan vitamin C dalam ketumbar yang mampu mempertajam indera, hingga kandungan vitamin B yang mampu menimbulkan dorongan untuk melakukan hubungan seksual. 

Demikianlah penjelasan mengenai ketumbar, kandungan nutrisinya, serta beberapa manfaatnya bagi kesehatan secara umum hingga kesehatan hubungan seksual pria. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi ketumbar untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan hasil yang lebih efektif dan ampuh. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Panoff, Lauren. 2019. 8 Suprising Health Benefit of Coriander. 

Morrow, Tracy. 2009. Cure a Low Sex Drive with Coriander.

Bagikan artikel ini