Bantuan
Free Tele x

Manakah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Manakah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

Bagi Anda yang sedang hamil, apakah Anda tahu bagaimana posisi tidur yang baik? Pada ibu hamil, sering kali mengalami keluhan berupa kurang tidur karena mencoba segala posisi tidak membuatnya nyaman sehingga tidur tidak nyenyak. Kurangnya tidur pada awal kehamilan ini dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan risiko preeklampsia yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi ibu hamil memerhatikan posisi tidur yang baik merupakan suatu hal yang penting. 

Penyebab ibu hamil sulit tidur nyenyak 

Mengapa ibu hamil sering kali sulit untuk tidur nyenyak? Ibu hamil biasanya akan mengantuk pada siang hari dan pada malam hari akan sulit untuk tidur. Hal ini terjadi karena pada saat Anda hamil akan mengalami perubahan seperti perubahan hormon dan perubahan fisik. Perubahan fisik ini meliputi perubahan ukuran perut yang membesar dan disertai rasa sakit pinggang, nyeri punggung, sering buang air kecil hingga stress. 

Dengan kondisi fisik yang berubah ini dan beberapa keluhan lain, membuat ibu hamil terkadang bingung bagaimana posisi yang baik untuk membuatnya nyaman saat tidur. Namun Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

  1. Berbaring dengan posisi miring ke kiri

Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil yaitu dengan posisi berbaring dan miring ke samping kiri. Posisi ini bertujuan agar sirkulasi darah yang menuju janin, rahim, jantung dan ginjal tetap lancar. Tidak hanya itu, posisi tidur seperti ini juga dapat membuat lambung nyaman dan tidak menekan organ hati. 

Ketika Anda tidur dengan  posisi miring ke kiri, maka asupan nutrisi dan oksigen menuju janin melalui plasenta tetap lancar. Selain itu, posisi tidur ini juga dapat mengatasi ibu hamil yang mendengkur. 

  1. Tidur dengan bantal sebagai penyangga

Selain tidur dengan posisi ke samping kiri, Anda juga bisa tidur dengan menggunakan bantal sebagai penyangga. Tidur dengan penyangga bantal ini dapat berguna ketika Anda merasa sesak dan nyeri pada ulu hati. Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, maka gunakan bantal untuk menyangga bagian punggung dan kepala agar bagian atas tubuh menjadi lebih tinggi. 

Tidur dengan menggunakan bantal sebagai penyangga ini juga berguna untuk mencegah asam lambung naik. Cara yang bisa digunakan yaitu dengan posisi setengah duduk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantal untuk menyangga samping tubuh Anda pada saat tidur menyamping dan meletakkan bantal di antara kedua tungkai kaki dan lutut. 

Posisi tidur yang tidak disarankan

Selain mengetahui posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, sebaiknya Anda juga mengetahui posisi tidur yang sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Apa saja posisi tidur yang tidak disarankan tersebut? Berikut ini jawabannya. 

  1. Tidur telentang

Pada trimester awal kehamilan, posisi tidur telentang masih diperbolehkan untuk ibu hamil. Akan tetapi, pada trimester kedua posisi tidur seperti itu tidak disarankan lagi. Hal ini karena, pada saat kehamilan semakin membesar, maka posisi tidur telentang akan menyebabkan uterus yang bertumbuh dapat memberikan tekanan pada tulang belakang, otot punggung dan pembuluh darah utama. Apabila terjadi kondisi seperti ini, maka bisa menyebabkan perubahan aliran darah dalam tubuh dan juga bayi. 

  1. Tidur tengkurap

Posisi tidur yang tidak disarankan selanjutnya yaitu posisi tidur tengkurap. Hal ini karena, pada saat tidur tengkurap maka akan menekan rahim sehingga suplai darah dan nutrisi untuk bayi terpotong. Selain itu, ketika kehamilan semakin tua, maka perut dan payudara akan semakin membesar. Apabila Anda tidur dengan posisi tengkurap, maka dapat membuat Anda sesak napas. 

Itulah beberapa informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Semoga dengan informasi ini, dapat membantu Anda yang sedang hamil untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman. Selain melakukan posisi tidur yang sudah dijelaskan, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti, terapi pijat, mandi air hangat, dan yoga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga Bagi Ibu Hamil, Amankah?


Sumber:

Pregnancy week by week (2020) 

Robinson, Dana. What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant? (2020)

Tag :
Bagikan artikel ini