Bantuan
Free Tele x

Memahami Ragam Fungsi Karbohidrat bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Ketahui 7 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh Manusia

Tahukah Anda, ternyata fungsi karbohidrat bagi tubuh sangatlah penting. Salah satu fungsi paling utama dari karbohidrat, yaitu sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Tentunya, energi bagi tubuh sangatlah penting untuk mendukung Anda dapat beraktivitas sehari-hari. Akan tetapi, fungsi karbohidrat tidak cukup itu saja, masih ada beberapa fungsi karbohidrat lainnya

Fungsi Karbohidrat bagi Kesehatan

Lalu apa saja fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh manusia tersebut? Apabila Anda ingin mengetahui jawaban dari berbagai fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh maka simak terus penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Apakah Pasien Diabetes Harus Menghindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat?

  1. Sumber energi bagi tubuh

Fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh manusia yang pertama, yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat yang Anda konsumsi setiap harinya akan dipecah menjadi gula. Setelah dipecah menjadi gula, kemudian diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke dalam aliran darah. Gula dalam darah ini akan diubah menjadi energi dengan bantuan hormon insulin. Lalu kelebihan gula akan disimpan di dalam hati dan otot sebagai glikogen. 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Fungsi karbohidrat yang selanjutnya, yaitu dalam membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena serat merupakan salah satu dalam kelompok karbohidrat. Serat itu sendiri dapat meningkatkan frekuensi buang air besar bagi penderita sembelit. Serat juga dapat mengurangi rasa sakit  yang berhubungan dengan gerakan usus. Tidak hanya itu, serat tidak larut juga dapat membantu pergerakan kotoran di dalam susu. Oleh karena itu, karbohidrat dalam hal ini juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. 

  1. Mengendalikan berat badan

Mungkin banyak dari Anda yang mendengar bahwa karbohidrat merupakan musuh utama diet. Akan tetapi, beberapa makanan sumber karbohidrat justru sangatlah penting dalam mengendalikan berat badan agar tetap sehat. Beberapa makanan tersebut yaitu makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan roti gandum. Berbagai jenis makanan tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. 

  1. Mencegah diabetes

Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar bahwa karbohidrat merupakan musuh bagi diabetes. Namun sebenarnya, karbohidrat kompleks justru baik untuk penderita diabetes karena dapat mengelola diabetes. Tidak hanya itu, serat sebagai salah satu kelompok dalam karbohidrat juga dapat mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes. 

  1. Menjaga kesehatan otot

Manfaat karbohidrat yang selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan otot. Pasalnya, karbohidrat yang telah diubah menjadi glukosa yang berlebihan akan disimpan dalam otot sebagai glikogen. Hal ini akan membuat otot-otot tetap dapat bekerja walaupun tubuh mengalami kekurangan glukosa. Apabila cadangan energi yang ada di otot telah habis maka protein akan diubah menjadi penggantinya. Perubahan protein menjadi energi ini tentunya akan mempengaruhi massa otot. Pasalnya, jika protein terus-terusan digunakan sebagai energi maka massa otot juga akan berkurang. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata karbohidrat dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena, serat sebagai salah satu kelompok dalam karbohidrat berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah dan juga kesehatan jantung. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi 7 gram serat setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 9%. Namun sebaiknya, Anda menghindari mengonsumsi karbohidrat olahan karena dapat menyebabkan kerusakan hati dan juga meningkatkan risiko diabetes. 

  1. Memaksimalkan fungsi otak

Fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh manusia yang terakhir, yaitu dapat memaksimalkan fungsi otak. Pasalnya karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh termasuk otak. Dalam hal ini, otak memerlukan 20% energi dari total energi yang diperlukan tubuh. Tidak  hanya itu, otak merupakan organ yang membutuhkan energi yang jauh lebih tinggi daripada organ lainnya. 

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh manusia. Mengingat seberapa pentingnya fungsi karbohidrat ini maka sebaiknya Anda memenuhi kebutuhan setiap harinya. Apabila Anda mengalami kekurangan karbohidrat maka dapat menyebabkan munculnya gejala berupa lemas, mual, dan juga pusing. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan diet karbohidrat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Jenis Karbohidrat, Manfaat, serta Berbagai Sumber Makanannya

 

Sumber:

Pearson, Keith. 2017. What Are the Key Functions of Carbohydrates?

 

EUFIC. 2020. The Functions of Carbohydrates in the Body.

Tag :
Bagikan artikel ini