Bantuan
Free Tele x

Berikut Ini Macam-Macam Makanan Untuk Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Macam-Macam Makanan Untuk Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi

Sudahkah Anda tahu apa saja makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi? Mengetahui makanan untuk asam lambung merupakan suatu hal penting dilakukan. Karena hal ini merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah naiknya asam lambung yang menyebabkan munculnya gejala yang sangat mengganggu. 

Makanan Untuk Asam Lambung

Lantas apa saja makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi tersebut? Untuk mengetahuinya Anda perlu menyimak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Pisang

Makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi pertama yaitu buah pisang. Hal ini karena pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah yaitu dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2 jadi aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pisang juga memiliki tekstur yang lumat sehingga membantu pembentukkan lapisan pelindung pada tenggorongan yang sedang iritasi.

Tidak hanya itu, buah pisang juga memiliki kandungan  serat  yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mencegah munculnya masalah pencernaan seperti perut kembung, sakit perut dan sembelit. 

  1. Daging Tanpa Lemak

Mungkin banyak dari Anda berpikir bahwa daging merupakan makanan pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini karena lemak pada daging dapat memicu naiknya asam lambung. Namun sebenarnya, penderita asam urat tetap bisa mengonsumsi daging asalkan tanpa lemak atau lemak yang rendah. Justru mengonsumsi daging tanpa lemak dapat menyehatkan karena membantu pemulihan berbagai keluhan yang ditimbulkan karena naiknya asam lambung. 

  1. Kacang-Kacangan

Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang cocok untuk dikonsumsi yaitu kacang almond. Hal ini karena kacang almond memiliki kandungan  alkali yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat berguna untuk menurunkan asam lambung. Di dalam kacang almond juga terdapat kandungan serat yang bermanfaat dalam meredakan berbagai gejala asam lambung yang muncul. 

  1. Biji-Bijian

Selain kacang-kacangan, penderita asam lambung juga bisa mengonsumsi biji-bijian. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi biji-bijian, sebaiknya pilih biji-bijian yang utuh yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Beberapa contoh biji-bijian utuh dengan serat yang tinggi yaitu berat merah,  oat, dan gandum utuh. Namun perlu Anda perhatikan, walaupun biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menurunkan Asam Lambung Saat Kambuh?

  1. Oatmeal

Makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu oatmeal. Hal ini karena, oatmeal memiliki kandungan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, meningkatkan kesehatan usus, dan juga mencegah sembelit. Selain itu, oatmeal juga mampu menyerap kelebihan asam di lambung serta melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi karena meningkatnya asam lambung. Tidak hanya itu, oatmeal juga dipercaya mampu mencegah munculnya refluks asam. 

  1. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Pasalnya, yogurt memiliki efek yang dapat menenangkan dinding lambung serta mengendalikan  rasa tidak nyaman yang terjadi di perut. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengonsumsi yogurt sebaiknya pilih yogurt tanpa tambahan gula atau perasa tambahan lainnya. Hal ini bertujuan  untuk menjaga kandungan probiotik yang ada di dalam yogurt. 

  1. Sayuran Hijau

Makanan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi terakhir yaitu sayuran hijau. Pasalnya di dalam sayuran hijau terdapat kandungan alkali yang sangat bermanfaat saluran pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan  lemak dan gula yang rendah dalam sayuran hijau dapat membantu menurunkan risiko munculnya gejala asam lambung. Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi yaitu buncis, selada, seledri, brokoli, timun, asparagus dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa makanan untuk asam lambung yang aman untuk dikonsumsi. Walaupun  aman untuk dikonsumsi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, karena bisa saja menimbulkan efek samping  yang tidak diharapkan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti makanan berlemak, makanan pedas, makanan asin dan alkohol.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik Yang Wajib Anda Ketahui

 

Sumber:

1. Madell, Robin. 2021. Foods to Help Your Acid Reflux.

2. Everyday Health. 7 Low-Acid Foods to Add to Your Reflux Diet.

Bagikan artikel ini